4 Kesalahan Fatal Dalam Manajemen Modal Usaha

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Ketika Anda mulai menjalankan bisnis sendiri, ada berbagai hal penting yang wajib untuk diperhatikan. Salah satunya adalah bagaimana mengelola uang yang akan gunakan sebagai modal usaha.

Ada beberapa hal terkait pengelolaan modal usaha yang sebenarnya kurang tepat. Sayangnya, berbagai hal tersebut sering dianggap sepele, padahal efeknya sangat fatal untuk kelangsungan bisnis Sobat.

Berikut empat kesalahan umum yang sebenarnya sangat fatal dalam manajemen modal usaha.

1. Terlalu Banyak Karyawan

Apakah bisnis yang Anda jalankan saat ini membutuhkan tambahan tenaga, sehingga harus mempekerjakan karyawan? Kalau iya, Anda harus memperhitungkan kebutuhan karyawan dengan cermat, agar modal awal Anda justru tidak habis untuk membayar gaji mereka. Apalagi kalau bisnis yang Anda jalankan masih berukuran kecil.

Oleh karena itu, perhitungkanlah jumlah karyawan yang dibutuhkan dengan cermat, dan optimalkan kinerja mereka sebelum Anda memutuskan untuk mengembangkan usaha dan menambah karyawan.

2. Menggunakan Modal Usaha Untuk Kebutuhan Pribadi

Memang benar Anda menjalankan bisnis sendiri sebagai sumber penghasilan. Namun, bukan berarti Anda bisa seenaknya mengambil uang yang sudah dikeluarkan untuk bisnis, dan menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Pada dasarnya, ketika Anda mengucurkan dana untuk modal usaha, uang tersebut sebenarnya sudah bukan lagi jadi milik Anda, tetapi jadi milik bisnis Anda.

Sementara itu, keuntungan yang Anda peroleh adalah bagian yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Misalnya, pembagian hasil atau untung dari bisnis untuk diberikan kepada investor atau untuk mengembalikan pinjaman dari bank.

Bagian dari untung itulah yang juga jadi bagi usaha untuk diberikan kepada Anda sebagai pemilik usaha. Kecuali Anda mau menanamnya kembali jadi modal, agar jumlah modal bertambah.

3. Tidak Punya Cukup Uang Kas

Ketika memulai bisnis, Anda harus mampu merencanakan aliran keluar dan masuk uang yang digunakan untuk modal. Dengan begitu, jangan sampai ada pengeluaran yang lupa diperhitungkan. Apalagi pengeluaran yang sifatnya penting.

Sayangnya, bisnis yang umurnya masih muda belum bisa sepenuhnya bergantung pada pemasukan dan untung yang diperoleh dari konsumen. Oleh karena itu, jangan lupa untuk alokasikan uang kas dari modal yang ditanam untuk bisnis Anda.

Dengan begitu, pengeluaran yang penting untuk usaha pun tidak akan terbengkalai, sampai akhirnya Anda bisa mengandalkan pemasukan dan untung dari bisnis Anda.

4. Tidak Melakukan Pembukuan

Meski bisnis Anda masih berskala kecil, bukan berarti Anda bisa mengabaikan proses pembukuan. Bahkan, untuk bisnis kecil-kecilan, pembukuan yang sederhana pun sudah cukup untuk mengetahui aliran masuk dan keluar uang dari aktivitas dan transaksi yang terlah terjadi.

Pada dasarnya, pembukuan dibutuhkan untuk mengetahui seperti apa kondisi keuangan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui frekuensi atau volume transaksi penjualan atau jasa yang terjadi, atau untuk mengetahui berapa banyak laba yang sudah terkumpul dalam satu periode tertentu. Misalnya, sebulan.

Pembukuan yang baik dan cermat sangat penting untuk perkembangan dan kelangsungan bisnis Anda, terlepas dari ukuran atau jumlah modal yang dimiliki. Meski terasa merepotkan di awal, tapi kalau sudah terbiasa, toh nanti Anda bisa merasakan sendiri manfaat luar biasa dari aktivitas ini.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah merintis bisnis, dan sedang mencari sewa Virtual Office, khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang, Anda bisa sewa kantor virtual di Gapura Office atau Virtual Officeku, dan dapatkan penawaran paket yang menarik.

Layanan sewa Virtual Office dari Virtual Officeku memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Virtual Officeku. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.