7 Kelebihan Virtual Office, Kantornya Pekerja Zaman Now

Gapura Virtual Office

GAPURA – Tak bisa dipungkiri, kebutuhan untuk bekerja di mana saja membuat tren virtual office kini tumbuh subur di pusat-pusat bisnis dan ruang publik. Sehingga mencari kantor virtual di kota-kota besar saat ini tidaklah sulit.

Bekerja di kantor virtual memang tengah diminati oleh para pekerja muda, karena dirasa lebih santai dan nyaman dibandingkan kantor yang kaku, namun tetap produktif.

Namun, kemunculan virtual office yang masif di beberapa kota besar di Indonesia bukanlah tanpa sebab. Pekerja terus mencari perusahaan virtual office karena mereka memiliki beberapa kelebihan.

Lantas, apa saja kelebihan virtual office? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang apa saja kelebihan perusahaan yang menggunakan virtual office dalam menjalankan bisnisnya. Jadi, simak terus penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan Virtual Office

1. Mengemat Operasional Kantor

Memiliki bangunan kantor sendiri tentunya akan membuat perusahaan harus mengeluarkan cukup banyak biaya operasional. Misalnya saja, biaya listrik dan air, yang pasti besar kalau jumlah pegawainya banyak.

Nah, dengan virtual office, biaya untuk dua hal ini tidak perlu dipikirkan lagi. Karena semuanya sudah masuk ke dalam biaya sewa yang dipilih oleh perusahaan atau individu.

Selain biaya operasional untuk listrik dan air, penyewa juga tidak perlu memikirkan masalah koneksi internet nirkabel. Pasalnya, perusahaan virtual office sudah menyediakan koneksi internet untuk menunjang pekerjaan para penyewanya.

Biaya lain yang tidak perlu dikeluarkan oleh perusahaan saat menyewa virtual office adalah inventaris seperti meja, kursi, AC, dan peralatan pendukung lainnya seperti mesin fotokopi dan pindai. Semuanya itu sudah disediakan dengan lengkap, sehingga perusahaan tinggal datang dan bekerja dengan maksimal.

2. Bisa Berganti-ganti Kantor

Beberapa pengelola virtual office memberikan paket sewa yang bervariasi, mulai dari bulanan hingga tahunan. Jika perusahaan sudah merasa kerasan berada di sana, bisa memperbarui kerjasama sewa di akhir periode.

Namun, jika Anda ingin suasana baru, maka bisa pindah ke tempat lain yang sekiranya lebih kondusif.

Hal ini tentunya berbeda dengan perusahaan yang memiliki kantor tetap, di mana mereka tidak akan bisa berpindah-pindah tempat sesuka hati. Saat pindah, mereka pun harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa atau mungkin membangun kantor.

Nah, dengan virtual office, pindah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat dengan masalah biaya.

Jika perusahaan ingin dekat dengan klien atau tempat-tempat yang strategis, bisa memilih lokasi virtual office yang berada di tengah kota. Sementara itu, pekerja kreatif yang ingin suasana aman dan nyaman dalam bekerja bisa ke kawasan pinggiran kota yang tidak terlalu ramai dan macet.

3. Meningkatkan Gengsi Perusahaan

Tidak bisa dipungkiri, memiliki kantor sendiri dapat meningkatkan gengsi dari sebuah perusahaan. Bahkan, meski perusahaannya hanya kecil, namanya bisa dikenal dengan baik oleh banyak kolega atau klien yang menggunakan jasanya.

Nah, salah satu paket layanan dari virtual office, seperti yang dilakukan juga oleh Gapura Virtual Office, adalah memberikan alamat perusahaan. Jadi, meski kantornya hanya virtual dan terdiri dari satu ruangan saja, namun perusahaan bisa menggunakan alamat itu untuk domisili resminya. Jika ada keperluan surat menyurat, pihak pengelola virtual office akan langsung melakukan sortir dan diberikan ke perusahaan yang tertera.

Jadi, meski hanya menyewa satu ruangan saja, perusahaan penyewa tetap memiliki kantor resmi yang diakui oleh hukum.

Gapura Virtual Office.

4. Bisa Dijadikan Kantor Pusat

Dewasa ini bekerja tidak harus bertatap muka setiap hari. Sebuah perusahaan bisa merekrut banyak pegawai meski tanpa memiliki kantor sama sekali.

Semua pegawai bekerja secara remote dan berkomunikasi secara realtime dengan fasilitas internet. Diskusi kerja bisa dilakukan dengan video call agar bisa bertatap muka secara virtual.

Dengan virtual office, ingin merekrut sebanyak apa pun pegawai tidak masalah. Toh tidak akan ada biaya operasional yang banyak. Beberapa penyedia virtual office hanya membanderol harga tahunan sekitar Rp 4,5 juta setahun untuk satu ruangan dengan 5 – 6 kursi. Virtual office bisa membuat perusahaan berjalan dengan lancar dan mudah.

5. Keuntungan Yang Didapat Semakin Besar

Masih menyambung poin sebelumnya, virtual office akan membuat perusahaan bebas merekrut banyak pekerja. Dengan banyak pekerja, berbagai proyek dari klien bisa dikerjakan dengan baik, sehingga keuntungan yang diperolah akan meningkat.

Nah, karena bekerjanya tidak memerlukan operasional yang besar, maka keuntungan yang didapatkan bisa semakin besar.

Daripada uangnya digunakan untuk operasional lain, akan lebih baik digunakan untuk kemajuan perusahaan atau menyejahterakan pekerjanya. Dengan cara ini, semua pihak akan mendapatkan keuntungan, sehingga kinerja perusahaan bisa terus meningkat tanpa perlu memiliki lokasi sendiri.

6. Lebih Diminati Klien

Klien yang ada di luar sana memiliki cara pikir dan pandang yang berbeda-beda. Ada yang lebih menekankan pada hasil ada juga yang menekankan pada impresi pertama. Untuk klien yang berorientasi pada hasil, perusahaan atau individu tidak perlu kebingungan dengan masalah tempat kerja agar lebih profesional dan memiliki nilai lebih.

Sementara itu klien yang ingin semuanya tampak sempurna pasti melihat perusahaan dari alamatnya. Dengan memiliki alamat, mereka akan percaya kalau perusahaan itu nyata dan pasti bisa bekerja dengan baik.

Sementara itu, perusahaan yang tidak memiliki alamat akan dianggap abal-abal, sehingga klien urung melakukan kerjasama.

7. Mendapatkan Banyak Pekerjaan

Bekerja di virtual office juga sangat menguntungkan untuk individu yang bekerja secara independen. Mereka yang bekerja di sini bisa mendapatkan pekerjaan dari berbagai klien yang ada di dunia maya. Misalnya, seorang desainer bisa mengerjakan pekerjaannya di sini dengan nyaman, lalu setelah selesai mengirimnya secara langsung ke klien yang berada di luar negeri.

Bekerja di virtual office juga akan membuat siapa saja bisa mendapatkan penghasilan yang banyak. Terlebih kalau dalam satu hari bisa mengerjakan pekerjaan dari beberapa klien yang berbeda. Hanya berbekal laptop dan koneksi internet, seseorang bisa memiliki kantor sendiri.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau start up dan tengah mencari virtual office atau coworking space, bisa langsung kunjungi website kami di virtualofficeku.co.id.

Selain itu, Anda juga bisa Hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda. Dan jangan lupa untuk mengunjungi Instagram dan Facebook kami juga.

Jadi, tunggu apalagi? Segera Hubungi kami untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.