Penjelasan Mengenai Pendirian PT dan CV

Pendirian PT Izin Usaha

Penjelasan Mengenai Akta Pendirian PT dan CV

GAPURA – Hai sobat Gapura! Akta Pendirian Perusahaan, tidak hanya agar perusahaan menyandang status profesional saja. Tetapi juga dengan adanya Akta, maka perusahaan yang Anda miliki berpotensi menjadi lebih besar.

Dengan adanya Akta, perusahaan Anda akan mudah mendapatkan hubungan kerjasama dan bantuan dari instansi pemerintah, jika suatu saat diperlukan.

Nah, di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai Akta Pendirian PT serta CV dan syarat pembuatannya.

1. Akta Pendirian Perusahaan

Akta Pendirian Perusahaan merupakan salah satu dokumen penting yang sangat diperlukan sebagai bukti adanya pendirian sebuah perusahaan, baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar.

Setiap perusahaan yang memiliki Akta ini, akan membuat para pemilik menjadi lebih mudah bekerja sama dengan banyak instansi sesuai yang dibutuhkan.

2. Dasar Hukum

Dasar hukum Akta Pendirian ini ada pada pada Undang-Undang nomor 40, Tahun 2007, Pasal 7 dan 8 ayat (1), tentang Perseroan terbatas.

3. Syarat Pembuatan Akta

Syarat yang diperlukan untuk pembuatan Akta Pendirian di antaranya adalah berupa dokumen Fotokopi KTP yang dimiliki oleh pendiri perusahaan minimal dua (2) orang.

Lalu Fotokopi KK (Kartu Keluarga) orang yang menjadi penanggung jawab, serta pas foto penanggung jawab, Fotokopi PBB di Tahun Terakhir.

Kemudian dibutuhkan pula Fotokopi Surat Kontrak Perusahaan, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, serta foto kantor perusahaan.

Persyaratan tersebut diberikan pada saat ada petugas yang sedang melihat kondisi kantor.

4. Syarat Pembuatan Akta Pendirian CV

Untuk mendirikan CV, perusahaan harus menyerahkan dokumen. Di antaranya adalah berkas Identitas Pendiri dari Sekutu Aktif dan Pasif, Nama CV, Nama sekutu yang berkuasa, Pendaftaran Akta ke PN, serta berkas pembentukan kas Pengeluaran dari beberapa sekutu atas nama Persekutuan.

Langkah yang kedua, mendaftarkan Akta Pendirian CV, disusul dengan langkah-langkah berikutnya, yaitu mengurus izin usaha, mengurus Tanda Daftar Perusahaan, mengumumkan peresmian CV.

5. Syarat Pembuatan Akta Pendirian PT

Foto Copy KTP pemilik saham dan pengurus dengan minimal 2 orang, Fotokopi KK Direktur atau PJ Perusahaan, serta foto yang memiliki warna untuk PJ, NPWP penanggung jawab, Fotokopi PBB, surat keterangan RT dan RW untuk yang berada di perkampungan, dan Foto Kantornya.

Berkas-berkas tersebut nantinya diberikan ketika ada petugas yang survei.

6. Fungsi

Fungsi adanya Akta Pendirian ini adalah sebagai legalitas perusahaan di mata hukum, serta memberikan kejelasan status dari sebuah perusahaan tentang kepemilikan perusahaan tersebut.

Fungsi yang ketiga adalah, sebagai dokumen untuk pembuatan TDP, dan SIUP.

7. Biaya Pembuatan

Untuk biaya pembuatan Akta, umumnya setiap daerah memiliki biaya yang berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan masing-masing daerah.

Biaya tersebut hanyalah untuk mengurus sebuah Akta pendirian usaha Anda. Tetapi untuk hal lain, seperti SIUP dan TDP, biasanya memiliki biaya administrasi sendiri.

Demikian beberapa penjelasan mengenai pentingnya Akta Pendirian Perusahaan, dan beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh pembuat Akta, serta informasi terkait pendirian PT dan CV.

Jadi, pastikan legalitas Akta perusahaan Anda. Caranya, Anda dapat menggunakan jasa Gapura Office untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

Anda bisa Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Jadi, jika Anda berniat ingin mendirikan perusahaan, namun pusing memikirin cara mengurus Akta pendirian usaha Anda, atau tidak tahu cara mengurus perizinan, Anda bisa langsung kunjungi website kami di virtualofficeku.co.id.

Segera Hubungi kami untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional. Dan jangan lupa, kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!