Bekerja di Kantor Open Space? Sebaiknya Perhatikan 3 Hal Ini

Kantor Open Space Bekerja Di Kantor

Bekerja di Kantor Open Space? Sebaiknya Perhatikan 3 Hal Ini

GAPURA – Hai sobat Gapura! Konsep kantor open space kini semakin banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan dengan karyawan yang didominasi oleh para pekerja muda millenial. Konsep kantor open space sendiri adalah penataan area ruang kerja yang dibuat terbuka dengan tempat duduk yang fleksibel. Biasanya, meja kerja tidak jauh dengan meja bar dan juga tempat bermain. Konsep ini diyakini mampu membuat karyawan betah, dan menurunkan tingkat stres mereka.

Selain itu, komunikasi antar atasan dengan bawahan dan antar divisi pun jadi semakin mudah karena tidak ada batasan ruang di kantor. 

Meski begitu, sebagaimana dilansir dari BBC.com, Sabtu (6/6/2020), Chris Nagele, bos dari perusahaan pengembang software Wildbit memutuskan untuk memindahkan kantornya. Dari yang awalnya berkonsep open space, menjadi kantor yang lebih tertutup, dengan pembatas antar karyawan.

Menurut Chris, konsep kantor open space membuat ia dan karyawannya kurang produktif. Mereka merasa sulit untuk berkonsentrasi, dan menjadi dua kali lebih sering jatuh sakit. Karena tidak produktif, maka mereka jarang bisa menyelesaikan pekerjaan di kantor dan harus melanjutkan pekerjaannya di rumah. 

Hal senada diungkapkan pula oleh seorang ahli saraf, Dr. Jack Lewis. Dilansir dari Genius Beauty, Dr. Lewis menemukan aktivitas otak yang seharusnya fokus pada pekerjaan menjadi teralihkan akibat banyaknya aktivitas pegawai dalam satu ruang. Para pegawai mudah mendapat banyak gangguan dibandingkan bila memiliki ruangan sendiri.

Lantas, konsep kantor seperti apa yang sebaiknya diterapkan?

Konsep Kantor Yang Sebaiknya Diterapkan

1. Semakin Fokus Semakin Baik

Fokus, merupakan alasan utama kenapa ruang dengan pembatas dan pintu yang tertutup menjadi lebih baik dibanding kantor open space. Gangguan kecil bisa menyebabkan seseorang kehilangan fokus selama 20 menit, sehingga karyawan tidak bisa melakukan banyak tugas.

Terlebih lagi, beberapa konsep open space seperti hot desk memiliki dampak negatif pada memori karyawan. Hot desk adalah konsep kantor open space dimana setiap orang bisa duduk di mana pun yang mereka inginkan.

Seseorang mampu menyimpan lebih banyak informasi ketika duduk di tempat yang sama dalam waktu lama. Sebaliknya, informasi akan mudah dilupakan ketika seseorang sering berpindah-pindah tempat ketika bekerja.

2. Ruangan Private Mampu Mencetuskan Ide-Ide Kreatif

Banyak orang menerapkan konsep open space dengan tujuan untuk membuat proses brainstorming atau diskusi antar karyawan semakin mudah. Namun nyatanya, menurut seorang psikolog lingkungan dan desain, Sally Augustin, obrolan antar karyawan justru lebih sering tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Proses brainstorming justru lebih sering dilakukan di ruangan-ruangan meeting yang bersifat lebih private. Ide-ide brilian sangat jarang tercetus jika brainstorming dilakukan di keramaian. Karena setiap orang membutuhkan total fokus untuk bisa menghasilkan pekerjaan terbaiknya.

3. Biarkan Karyawan Berkontribusi, Namun Tetap Punya Privasi

Sebagian besar karyawan tidak merasa nyaman untuk meninggalkan tim dan menyendiri ketika bekerja. Banyak yang merasa terbebani ketika mereka tidak hadir di antara yang lain.

Solusinya, perusahaan harus bisa menciptakan ruang tertutup untuk jumlah tim yang lebih kecil. Dengan begitu, karyawan bisa tetap berkolaborasi namun masih memiliki privasi, dan tidak terganggu dengan suara orang lain.

Nah, jika saat ini Anda sedang mencari ruangan kantor yang memiliki lingkungan sangat kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta dan Tangerang, Gapura Office merupakan tempat yang cocok dan tepat untuk perusahaan startup. Pasalnya, kehadiran Gapura Office sudah sesuai dengan karakteristik pekerja muda millenial, yang sebagian besar memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang.

Fasilitas yang ditawarkan Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office.

Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor impian Anda sekarang juga hanya di Gapura Office. Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa untuk kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!