Blog Post

6 Keuntungan Membuka Usaha di Rumah

Usaha di Rumah

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Membuka usaha di rumah banyak dijalankan oleh ibu rumah tangga atau mereka yang tetap bekerja sambil mengelola usaha rumahan. Hal ini merupakan kesempatan bagus untuk mengembangkan diri dan memperoleh pendapatan tambahan.

Dengan strategi yang tepat, memulai bisnis dengan usaha rumahan pun tidak menutup kemungkinan dapat terus berkembang dan mendapatkan omzet yang besar.

Sebagai pertimbangan sebelum memulai, sebaiknya Anda simak beberapa penjelasan mengenai keuntungan membuka usaha rumahan berikut ini.

1. Meminimalisasi Biaya

Menjalankan usaha berbasis rumah dapat menjadi cara yang bagus untuk meminimalisasi biaya. Anda bisa memanfaatkan teras, ruang tamu, dan bagian lain di rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat.

Membuka usaha di rumah juga mengurangi biaya transportasi seperti yang diperlukan pekerja kantoran. Anda tidak perlu membeli makan di luar dengan harga yang lebih mahal, karena dapat leluasa memasak makanan sendiri di rumah. Selain itu, usaha rumahan juga dapat mengurangi jumlah pajak penghasilan yang harus Anda bayar.

2. Kesempatan Untuk Lebih Profesional

Sekecil apapun bisnis yang dilakukan, Anda sudah menjadi pemimpin dalam usaha tersebut. Sebagai pemilik bisnis rumahan, Anda juga diharuskan untuk memegang beberapa tugas kerja sekaligus. Seperti sebagai direktur, bagian pemasaran, ahli strategi, pengembangan bisnis dan banyak lagi. Hal ini tentunya akan memberi Anda wawasan dan pengalaman pada semua aspek dalam menjalankan usaha.

Anda juga tidak perlu menunggu atasan untuk mendapatkan kenaikan pangkat. Seberapa keras Anda berusaha untuk mengembangkan usaha, sebesar itu pula hasil yang akan didapatkan. Dengan segala jenis pekerjaan dan keyakinan tersebut, Anda pun bisa belajar lebih profesional.

3. Prosedur Hukum Yang Sederhana

Selain modal yang lebih murah, usaha rumahan juga memiliki prosedur hukum yang lebih sederhana. Dalam peraturan Pasal 6 ayat (1) huruf b UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan tertulis bahwa perusahaan kecil perorangan yang dijalankan sendiri oleh pemiliknya, atau hanya mempekerjakan anggota keluarga yang terdekat, serta tidak memerlukan izin dan bukan merupakan suatu badan hukum ataupun persekutuan, tidak wajib mendaftarkan usahanya.

Hal ini didukung pula oleh Pasal 4 ayat (1) huruf c Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 46/M-DAG/PER/9/2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan, dimana perusahaan dengan skala mikro, tidak wajib untuk memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan.

Selain itu, apabila perputaran usaha Anda kurang dari Rp 600 juta/tahun, maka tidak wajib mengukuhkan usaha sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak).

4. Memiliki Waktu Yang Fleksibel

Di Indonesia, rata-rata para pekerja menghabiskan waktu setidaknya 2 jam. Ini menyita banyak waktu yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Jika menjalankan usaha di rumah, Anda tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk menunggu transportasi menuju ke kantor. Karena Anda bisa langsung memulai proses bisnis, bahkan langsung setelah bangun tidur.

Jam kerja Anda pun tidak dibatasi dan fleksibel. Anda bisa memilih sendiri ingin bekerja lebih cepat atau lama, sambil mengurus kegiatan di rumah atau fokus kepada usaha.

5. Menghemat Tenaga

Selain banyak memakan waktu, perjalanan ke kantor baik dengan transportasi publik ataupun kendaraan pribadi juga membutuhkan banyak tenaga. Dengan usaha rumahan yang dimiliki, Anda bisa menghemat tenaga karena tidak ada mobilitas yang terlalu tinggi. Tenaga yang tidak terlalu banyak terkuras untuk bisnis membuat Anda bisa mengerjakan pekerjaan lain di waktu-waktu senggang.

6. Banyak Waktu Untuk Keluarga

Berada di rumah untuk waktu yang lama membuat Anda bisa sekaligus mengawasi keluarga. Khususnya jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, Anda bisa menyiapkan sarapan untuk keluarga, mengantar anak sekolah, dan lainnya.

Namun, di balik beberapa keuntungan di atas, ada juga hal-hal yang harus Anda hadapi saat menjalani usaha di rumah. Artinya, membuka usaha di rumah juga memiliki beberapa kekurangan. Seperti keuntungan yang kecil, mengganggu ketenterama keluarga, manajemen yang kurang teratur, dan lain sebagainya.

Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang merintis bisnis dan ingin sewa ruang kantor untuk bisnis Anda, khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang, Anda bisa sewa Virtual Office di Gapura Office atau Virtual Officeku, dan dapatkan penawaran paket yang menarik dari kami.

Virtual Office yang ada di kami lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Dan yang patut untuk dicermati dengan baik adalah, dengan sewa kantor virtual di Gapura Office, pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.

Selain itu, layanan sewa Virtual Office di Gapura Office juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Gapura Office atau Virtual Officeku.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.