Blog Post

Agar Tak Keliru, Ini Perbedaan Pengurusan Izin CV Event Organizer (EO) dan CV Lainnya

CV Event Organizer

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Dinas Pariwisata (Dispar) telah mewajibkan kepada seluruh pelaku usaha di bidang Kepariwisataan wajib memiliki izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahwa pelaku usaha kini harus dibekali dengan surat TDUP, dimana sejumlah pelaku usaha telah memilikinya.

Sejumlah pelaku usaha juga kini sedang memproses pembuatan izin di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sehingga pada proses administrasi ada kebijakan-kebijakan untuk diringankan. Dan yang terpenting adalah tempat usaha tersebut secara hukum terdata.

Selain instrumen pengendali TDUP, juga tercantum surat keterangan layak sehat yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup serta mengecek lokasi terkait dengan limbah.

Selanjutnya, terdapat pula aturan baru Online Single Submission (OSS) yang terintegrasi antara pemerintah pusat dan daerah (Pemda). Sehingga ketika membuat izin akan lebih mudah dengan OSS. Untuk batas proses pembuatan izin sendiri sangat fleksibel.

Perbedaan Pengurusan Izin CV Event Organizer dan CV Lainnya

Satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah syarat tentang mendirikan CV Event Organizer (EO) sangat berbeda dengan jenis CV lainnya. Perbedaan ini sudah tertulis secara resmi di dalam Undang-Undang Hukum Dagang, pada Pasal 16 hingga 35, dimana dalam KUHD tersebut dijelaskan bahwa dalam pemrosesan izin pembuatan CV dibedakan atas CV itu sendiri.

Izin CV sendiri dibagi menjadi dua, yakni :

  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
  • TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata).

SIUP digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan Pariwisata. Contohnya seperti agen travel, biro perjalanan, dan lain sebagainya.

Sedangkan CV Event Organizer (EO) lebih bergerak dalam bidang jasa penyelenggaraan kegiatan. Sehingga, perizinannya pun menggunakan TDUP. Jenis TDUP yang diterapkan untuk Event Organizer adalah TDUP Penyelenggaraan Pertemuan.

Pembuatan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata)

Pada dasarnya, Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) merupakan jenis izin yang harus dimiliki oleh semua usaha yang bergerak di bidang acara atau kegiatan Kepariwisataan. Hal ini tertuang jelas dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009. Izin ini akan banyak berhubungan dengan Dinas Pariwisata setempat.

Pembuatan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) ini tidak sulit, namun tidak bisa pula disepelekan. Untuk mengajukannya, Anda perlu mengumpulkan beberapa berkas persyaratan.

Berikut berkas-berkas tersebut :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) pemilik.
  • NPWP pemilik.
  • NPWP perusahaan.
  • Akta Perusahaan yang telah disahkan oleh pengadilan.
  • Peta gambaran lokasi.
  • Pas foto berukuran 4×6 dua (2) lembar.
  • 4 lembar materai temple.
  • Stempel/Cap.
  • Dua (2) lembar kop surat CV event organizer.

Sebagai informasi, setiap domisili bisa pula berbeda jenis syarat yang diperlukan. Beberapa daerah ada yang mensyaratkan Surat Izin Gangguan (HO). Pembuatan Surat Izin Gangguan ini membutuhkan persetujuan dari penghuni lingkungan di sekeliling perusahaan.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana ingin membuat Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP), dan Anda membutuhkan bantuan untuk legalitasnya, serahkan saja kepada Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas yang terpercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda membuatkan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP).

Semua pelayanan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam satu paket Biaya Jasa Pengurusan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) murah.

Keunggulan dari layanan Gapura Office adalah, peizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, serta kosultasi hukum pada orang yang ahli.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena Gapura Office sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah Indonesia dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha.

Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan.

Tak hanya itu saja, kami juga memiliki sederet Notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat. Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Pembuatan Izin Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera legalitaskan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan bisnis usaha Anda dengan cepat dan profesional.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP).

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat