Blog Post

Akta Pendirian Perusahaan: Dasar Hukum, Syarat, dan Fungsi

Akta Pendirian Perusahaan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Akta Pendirian Perusahaan tidak hanya digunakan agar perusahaan dapat menyandang status profesional saja. Namun dengan adanya Akta Pendirian Perusahaan, maka perusahaan yang Anda miliki juga berpotensi untuk menjadi lebih besar.

Dengan adanya Akta Pendirian Perusahaan, maka perusahaan yang Anda miliki akan mudah menjalin hubungan kerjasama dan bantuan dari instansi pemerintah, jika suatu saat nanti diperlukan.

Ada beberapa penjelasan mengenai Akta Pendirian Perusahaan dan syarat pembuatan PT serta CV.

Akta Pendirian Perusahaan

Akta Pendirian Perusahaan merupakan salah satu dokumen penting yang sangat diperlukan sebagai bukti adanya pendirian sebuah perusahaan. Baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar.

Setiap perusahaan yang memiliki Akta Pendirian Perusahaan maka akan membuat para pemiliknya menjadi lebih mudah menjalin kerja sama dengan banyak instansi, sesuai dengan yang dibutuhkan.

Dasar Hukum

Dasar hukum Akta Pendirian Perusahaan adalah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, yaitu Pasal 7 dan 8 ayat (1), tentang Perseroan Terbatas (PT).

Syarat Membuat Akta Perusahaan

Syarat yang diperlukan untuk membuat Akta Pendirian Perusahaan diantaranya :

  • Dokumen fotocopy KTP yang dimiliki oleh Pendiri Perusahaan minimal dua (2) orang.
  • Fotocopy KK (Kartu Keluarga) orang yang menjadi Penanggung Jawab.
  • Pas foto Penanggung Jawab.
  • Fotocopy PBB di Tahun Terakhir.
  • Fotocopy Surat Kontrak Perusahaan.
  • Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan.
  • Foto Kantor Perusahaan.

Persyaratan di atas diberikan pada saat ada petugas yang sedang survei atau melihat kondisi kantor.

Syarat Pembuatan Akta Pendirian CV

Untuk mendirikan CV, maka perusahaan harus menyerahkan beberapa dokumen penting. Diantaranya adalah :

  • Identitas Pendiri dari Sekutu Aktif dan Pasif.
  • Nama CV.
  • Nama Sekutu yang berkuasa.
  • Pendaftaran Akta ke PN.
  • Berkas pembentukan Kas Pengeluaran dari beberapa Sekutu atas nama Persekutuan.

Kemudian langkah yang kedua adalah :

  • Mendaftarkan Akta Pendirian CV.

Lalu disusul dengan langkah-langkah berikutnya, yaitu :

  • Mengurus Izin Usaha.
  • Mengurus Tanda Daftar Perusahaan.
  • Mengumumkan peresmian CV.

Syarat Pembuatan Akta Pendirian PT

  • Fotocopy KTP Pemilik Saham dan Pengurus dengan minimal dua (2) orang.
  • Fotocopy KK Direktur atau Penanggungjawab Perusahaan.
  • Foto yang memiliki warna untuk Penanggung Jawab.
  • NPWP Penanggung Jawab.
  • Fotocopy PBB.
  • Surat Keterangan dari RT dan RW untuk yang berada di perkampungan.
  • Foto kantor.

Berkas-berkas di atas nantinya diberikan ketika ada petugas yang melakukan survei.

Fungsi Akta Pendirian Perusahaan

Fungsi dari adanya Akta Pendirian Perusahaan ini adalah sebagai legalitas perusahaan di mata hukum, serta memberikan kejelasan status dari sebuah perusahaan tentang kepemilikan perusahaan tersebut. Selain itu, Akta Pendirian Perusahaan juga berfungsi sebagai dokumen untuk pembuatan TDP dan SIUP.

Biaya Pembuatan

Untuk biaya pembuatan Akta Pendirian Perusahaan, umumnya setiap daerah memiliki biaya yang berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan masing-masing daerah.

Perlu diketahui, bahwa biaya tersebut hanyalah untuk mengurus sebuah Akta Pendirian Usaha Anda saja. Sedangkan untuk hal lain, seperti SIUP dan TDP, umumnya memiliki biaya administrasi sendiri.

Demikian beberapa penjelasan mengenai pentingnya Akta Pendirian Perusahaan serta beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh pembuat Akta Pendirian Perusahaan, serta informasi terkait pendirian PT dan CV.

Dengan mengetahui pentingnya fungsi dari Akta Pendirian Perusahaan, maka pastikan legalitas Akta Pendirian Perusahaan Anda sekarang juga!

Caranya? Anda dapat menggunakan Biro Jasa Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan seperti Gapura Office atau Virtual Officeku untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

Jadi, jika Anda berniat ingin mendirikan perusahaan, namun tidak tahu bagaimana cara mengurus Akta Pendirian Usaha Anda, atau Anda tidak tahu cara mengurus perizinan usaha, maka Anda bisa langsung menghubungi kami. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional bersama kami.

Mengapa harus menggunakan Biro Jasa kami? Karena kami merupakan perusahaan terpercaya dan profesional, yang sudah lama memberikan pelayanan perizinan usaha. Mulai pengurusan pembuatan PT, PMA, CV dan perizinan usaha lainnya.

Selain itu, kami juga memiliki banyak tenaga kerja yang profesional dan ahli di bidangnya masing-masing, yang bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda.

Lalu, bagaimana soal harga? Tentunya kami memberikan harga terjangkau untuk Anda. Biaya yang dibutuhkan juga sudah termasuk untuk pengurusan Akta Pendirian Perusahaan. Kami memberikan paket pengurusan dengan harga yang murah.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Kami memberikan jaminan, bahwa semua dokumen yang dibutuhkan lengkap sesuai keinginan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI.

Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan.

Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan. Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami akan sangat senang dapat membantu Anda memiliki Izin Usaha yang dibutuhkan.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat