Blog Post

Anda Pengusaha? Ini Cara Mengelola Keuangan Perusahaan

Mengelola Keuangan Karyawan Muda

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur yang sukses memang tidak mudah. Diperlukan berbagai macam keterampilan dan kreativitas yang berguna untuk menunjang jalannya bisnis dan keuangan agar tetap sehat. Tidak hanya butuh ide cemerlang saja, namun cara mengelola keuangan dalam badan usaha pun perlu diperhatikan.

Nah, agar keuangan bisnis dan pribadi tetap stabil, seorang entrepreneur memerlukan skill manajemen finansial yang bagus. Idealnya, pebisnis harus pandai dalam mengatur keuangan pribadi maupun usahanya. Anda harus pintar-pintar mengatur cash flow, agar bisa mencapai kondisi finansial yang diinginkan.

Intinya, bisnis yang sukses itu tidak hanya terletak pada besarnya omzet yang dihasilkannya. Sebab, sebesar apapun omzet bisnis yang Anda hasilkan, besar kemungkinan tetap akan terkendala jika dikelola dengan buruk. Bisa jadi ke depannya, Anda perlu mengambil dana pribadi sebagai tambahan modal usaha.

Lantas, apa saja yang perlu dipahami agar seorang wirausaha mampu membangun dan menjalankan bisnisnya dengan baik?

1. Pahami Skill Manajemen Keuangan

Untuk mengatur keuangan yang baik, diperlukan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni seputar manajamen keuangan. Hal ini merupakan salah keterampilan (skill) yang diperlukan agar Anda dapat sukses dan lancar mengelola bisnis.

Tidak semua orang dikaruniai dengan talenta untuk berwirausaha. Namun, modal bakat saja tidak cukup. Potensi masih perlu diasah dan dikembangkan seriring berjalannya waktu.

Salah satu yang paling utama namun sering luput untuk diperhatikan adalah kemampuan dan pengetahuan manajemen finansial. Hal ini tentu meliputi perencanaan finansial serta pembuatan laporan keuangan yang baik. Pasalnya, banyak pebisnis yang terkecoh dengan hanya menaruh perhatian terhadap besarnya pendaptan mereka setiap bulan. Namun, arus kas (cash flow) yang ada dalam keseharian malah luput dari fokusnya. Padahal, maintenance keuangan sehari-hari dalam bisnis Anda juga merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan.

2. Pahami Bahaya Mencampur Uang Pribadi dan Uang Bisnis

Sebisa mungkin, jangan gabungkan uang pribadi dan bisnis Anda. Lantas, apa solusinya? Anda dapat membuat perencanaan keuangan yang lebih matang dan terarah dengan memisahkan keduanya.

Pisahkan target bisnis dan target keuangan pribadi dengan jelas. Serta pastikan Anda tetap memiliki dana pribadi untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang.

Pengelolaan keuangan yang terpisah ini nantinya akan secara langsung bisa memperpanjang umur bisnis dan membantu menyelamatkan keuangan pribadi Anda di masa depan.

3. Pelajari Cara Membuat Financial Planning Dari Ahli

Anda juga perlu mempelajari cara membuat perencanaan keuangan yang tepat dari yang sudah berpengalaman atau ahli. Buatlah financial planning berdasarkan ilmu pengetahuan yang didapatkan dari orang-orang yang sudah sukses terlebih dulu.

Tanyakan atau pelajari bagaimana cara mereka membuat perencanaan keuangan yang tepat, dan coba terapkan untuk bisnis Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan jasa Financial Planner (perencana keuangan yang sudah ahli) untuk berkonsultasi dan membuatkan rencana keuangan yang tepat.

4. Pahami Karakter Pengeluaran

Selalu lakukan analisa karakter dan perilaku Anda dalam menggunakan uang. Lewat analisa ini, Anda perlu menemukan berbagai kebiasaan yang biasa dilakukan setiap kali belanja atau mengeluarkan uang. Kurangi atau hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa memperburuk kondisi keuangan Anda, dan mulailah terapkan gaya hidup hemat.

5. Ciptakan Siklus Pengelolaan Keuangan Pribadi Yang Baik

Pengelolaan keuangan bisnis yang baik bukanlah satu-satunya jaminan yang akan membawa bisnis Anda ke puncak kesuksesan. Selain mengelola keuangan bisnis Anda, pastikan keuangan pribadi tetap terjaga dan aman. Sistem pengelolaan finansial pribadi yang baik akan menunjang langgengnya kesuksesan bisnis Anda.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha, pastinya Anda harus memutar otak memikirkan bagaimana caranya agar bisa memangkas pengeluaran namun tetap bisa menjalankan perusahaan dengan baik. Jangan khawatir, karena kami punya solusinya!

Solusi terbaik untuk Anda adalah dengan sewa Virtual Office di Gapura Office atau Virtual Officeku. Dengan menggunakan kantor virtual kami, pastinya Anda akan lebih hemat biaya.

Kok bisa? Tentu saja bisa. Biaya sewa kantor atau gedung, sudah pasti terpotong. Lalu biaya air, listrik, telepon dan internet? Sudah pasti juga turut terpangkas. Dan masih banyak biaya lainnya yang juga bisa terpangkas dengan penggunaan jasa sewa kantor secara virtual.

Lalu, apa masih ada keuntungan lainnya bila menggunakan jasa sewa di Gapura Office? Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, Anda juga bisa dapatkan beberapa keuntungan seperti bekerja lebih efektif.

Gapura Office juga memberikan fitur room meeting secara fisik. Dimana ruangan ini terdapat di lokasi-lokasi yang sangat strategis dan pastinya akan sangat mudah dijangkau oleh para karyawan dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dan kapasitasnya pun cukup memadai.

Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, kami juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Virtual Officeku. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.