Blog Post

Apa Saja Persyaratan Yang Dibutuhkan Dalam Pembuatan SIUJK?

SIUJK

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi, atau yang biasa dikenal dengan sebutan SIUJK, merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Surat izin ini diperuntukkan bagi para pengusaha yang ingin menjalankan jasa usaha Kontruksi, pelaksana Kontruksi, dan pengawas dari perencana Kontruksi itu sendiri.

Surat Izin Kontruksi tersebut memiliki landasan hukum yang kuat dan dilengkapi dengan beberapa peraturan dari Kepala BPKM Nomor 5 Tahun 2013 dan Menteri Pekerjaan Umum nomor 24/PRT/M/2009. Di dalam peraturan tersebut disebutkan atas cara perizinan, penanaman modal, dan Surat Izin Usaha Kontruksi.

Meskipun seringkali para kontraktor dan konsultan yang ingin membuat Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK) akan dihadapkan dengan hambatan yang beragam, namun untuk memudahkan jalan membuat SIUJK tersebut, Biro Jasa Kepengurusan SIUJK menjadi perantara yang dapat dipilih.

Jadi, pastikan jika Biro Jasa Kepengurusan SIUJK tersebut memiliki pengalaman dan keahlian dalam pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK).

Persyaratan Yang Diajukan Oleh Biro Jasa Pengurusan SIUJK

Umumnya, di dalam kinerjanya, Biro Jasa Pengurusan SIUJK akan meminta beberapa dokumen penting yang akan dijadikan landasan dalam pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK). Persyaratan yang diajukan oleh Biro Jasa Pengurusan SIUJK tersebut berupa surat-surat penting dan identitas pelaku usaha.

Berikut ini merupakan beberapa persyaratan yang diajukan Biro Jasa saat mengurus Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK).

  • Fotocopy Akta yang menerangkan pendirian perusahaan yang sebelumnya telah didaftar pada Departemen Kehakiman atau Pengadilan.
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik Direktur Utama.
  • Fotocopy SBU yang telah diterbitkan oleh LPJK.
  • Fotocopy NPWP milik Perusahaan.
  • Daftar nama tenaga inti di perusahaan.
  • Fotocopy ijazah pada tenaga teknik yang dilengkapi dengan sertifikat keahlian para tenaga teknik.
  • Daftar kepemilikan atas peralatan.
  • Dua lembar foto berwarna dengan ukuran 3×4.
  • Materai 6.000.
  • Surat keterangan perusahaan berdiri.
  • Fotocopy SKT atau SKA.

Langkah Biro Jasa Pengurusan SIUJK Dalam Mendapatkan Surat Izin

Setelah mengetahui beberapa persyaratan yang diajukan oleh Biro Jasa Pengurusan SIUJK, maka pengguna jasa pastinya akan diberikan kemudahan dalam mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK) tersebut.

Pengguna jasa harus memastikan kinerja dari Biro Jasa Pengurusan SIUJK tersebut. Dengan begitu, maka pengguna jasa akan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK) tanpa menemui hambatan yang berarti.

Dalam menjalankan kinerjanya, Biro Jasa Pengurusan SIUJK akan melakukan tiga langkah penting yang wajib dilakukan. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang biasa dilakukan oleh jasa pengurusan Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK).

  • SKA atau Sertifikasi Tenaga Ahli.
  • SBU atau Sertifikasi Badan Usaha.
  • Pengurusan Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi.

Bagi pengusaha jasa Kontruksi yang masih baru, mereka dapat memilih K1 atau proyek kecil dan M1 atau proyek menengah. Berikut penjelasan lebih detail untuk masing-masing kualifikasi yang dimaksud.

1. Kualifikasi Kecil (K)

Usaha jasa konstruksi berukuran kecil dibagi kembali menjadi 3 pengelompokan menurut kemampuannya.

K1 :

  • Memiliki nilai proyek Rp 0 sampai Rp 1 miliyar.
  • Maksimal memiliki 4 sub bidang dengan 2 kategori yang berbeda.
  • Minimal ada 1 tenaga kerja dengan SKT tingkat 3.
  • Badan usaha berbentuk Koperasi, Firma, CV, atau PT.

K2 :

  • Memiliki nilai proyek Rp 0 sampai Rp 1,75 miliyar.
  • Maksimal memiliki 6 sub bidang dengan 2 kategori yang berbeda.
  • Minimal ada 1 tenaga kerja dengan SKT tingkat 3.
  • Badan usaha berbentuk Koperasi, Firma, CV, atau PT.

K3 :

  • Memiliki nilai proyek Rp 0 sampai Rp 2,5 miliyar.
  • Maksimal memiliki 8 sub bidang dengan 3 kategori yang berbeda.
  • Minimal ada 1 tenaga kerja dengan SKT tingkat 1.
  • Badan usaha berbentuk Koperasi, Firma, CV, atau PT.

Kualifikasi Menengah (M)

Usaha Jasa Konstruksi dengan kualifikasi menengah, terdapat dua pengelompokan menurut kemampuannya.

M1 :

  • Memiliki nilai proyek Rp 0 sampai Rp 10 miliyar.
  • Maksimal memiliki 10 sub bidang dengan 4 kategori yang berbeda.
  • Minimal ada 2 tenaga kerja dengan SKA Ahli Muda.
  • Badan Usaha bisa berbentuk Koperasi atau PT.

M2 :

  • Memiliki nilai proyek Rp 0 sampai Rp 50 miliyar.
  • Maksimal memiliki 12 subbidang dengan 4 kategori yang berbeda.
  • Minimal ada 2 tenaga kerja dengan SKA Ahli Madya.
  • Badan usaha bisa berbentuk koperasi atau PT.

 Kualifikasi Besar (B)

Untuk usaha jasa konstruksi berukuran besar, juga terdapat dua pengelompokan menurut kemampuannya.

B1 :

  • Memiliki nilai proyek Rp 0 sampai Rp 250 miliyar.
  • Maksimal memiliki 14 sub bidang dengan 4 kategori yang berbeda.
  • Minimal ada 2 tenaga kerja dengan SKA Ahli Madya.
  • Badan usaha berbentuk PT.

B2 :

  • Besar nilai proyek tidak terbatas.
  • Subbidang usaha juga tidak terbatas.
  • Minimal ada 2 tenaga kerja dengan SKA Ahli Madya.
  • Badan usaha berbentuk PT Penanaman Modal Asing (PMA).

Kualifikasi jasa Kontruksi dapat berubah seiring dengan pengalaman dan perkembangan dari usaha Kontruksi yang dilakukan. Mereka yang memiliki pengalaman lebih dalam usaha Kontruksi dapat menaikkan kualifikasi jasa Kontruksi mereka ke tingkat K2, K3, hingga seterusnya.

Biro Jasa Pengurusan SIUJK akan memberikan beberapa gambaran mengenai langkah-langkah yang harus diterapkan oleh pemilik usaha jasa Kontruksi untuk mendapatkan surat Izin Usaha tersebut. Beberapa persyaratan dalam pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK) yang telah diterangkan sebelumnya merupakan salah satu layanan informasi yang diberikan oleh para pengguna Biro Jasa Pengurusan SIUJK tersebut.

Biro Jasa dalam pengurusan SIUJK tidak hanya akan memberikan kemudahan pemilik usaha Kontruksi untuk mendapatkan surat izin atas usaha yang dibangun saja. Namun juga, Biro Jasa yang memiliki kecakapan dalam kepengurusan Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK) juga akan memberikan layanan sepenuhnya hingga usaha yang dijalankan oleh pemilik usaha dapat berjalan dengan baik.

Serahkan pengurusan izin kepada Gapura Office atau Virtual Officeku yang telah melayani banyak klien. Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan jasa pengurusan SIUJK dari Gapura Office. Salah satunya adalah tidak akan dipusingkan dalam mengikuti semua prosedur yang ada.

Dengan adanya Biro Jasa Perizinan seperti Gapura Office ini, Anda tidak perlu lagi cemas akan biaya pembuatan SIUJK. Setelah mengantongi izin usaha, tidak perlu lagi khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada jasa Konstruksi Anda. Hal ini dikarenakan SIUJK menjadi bukti bahwa usaha Anda berada dalam perlindungan dan pengawasan hukum, sehingga layak mendapatkan hak beroperasi.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.