Blog Post

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Pendaftaran Merek Ditolak?

Pendaftaran Merek

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Terdapat beberapa upaya yang bisa Anda lakukan jika merek Anda ditolak. Sebelum Anda buru-buru mendaftarkan merek baru, Anda bisa melakukan banding ke Komisi Banding Merek. Dan jika masih tetap ditolak, Anda dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga.

Cara terakhir, jika merek Anda masih tetap ditolak adalah mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Menurut Pasal 28 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis (UU Merek), permohonan banding dapat diajukan terhadap penolakan merek kepada Komisi Banding Merek. Permohonan banding tersebut diajukan dengan menguraikan keberatan atas penolakan merek.

Keputusan Komisi Banding maksimal 3 bulan setelah berkas diterima. Jika Keputusan Komisi Banding tetap menolak merek, maka pendaftar merek dapat mengajukan gugatan kepada Pengadilan Niaga ,paling lama tiga bulan setelah menerima berkas banding.

Jika pendaftar merek tetap tidak puas dengan Putusan Pengadilan Niaga, ia dapat mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Upaya tersebut pernah dicoba oleh Tan Hendra, dan berhasil.

Pada 4 November 2008, Tan Hendra mengajukan pendaftaran merek Thai untuk jenis barang spare part sepeda motor. Namun, pendaftaran merek-nya ditolak karena merek dianggap memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek Thai Parts untuk kelas sejenis.

Setelah ia mengajukan banding dan ditolak, Tan Hendra kemudian mengajukan gugatan ke Pengadian Niaga Jakarta Pusat. Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan gugatan Tan Hendra pada tanggal 16 Desember 2010.

Cara tersebut tentu akan ditempuh untuk mempertahankan merek yang sudah punya nilai ekonomi tinggi. Namun, proses beracara di pengadilan tentunya memakan waktu yang lama.

Oleh karena itu, penentuan merek juga harus diperhatikan. Hindari hal-hal yang bisa membuat pendaftaran merek Anda ditolak. Gunakan merek yang sangat unik, dan sebisa mungkin memilih merek yang tidak terasosiasi dengan produk atau jasa bisnis Anda.

Jika Anda bingung mengurus pendaftaran merek, kesulitan mengurus legalitas usaha atau masalah hukum lainnya, segera konsultasikan dengan kami Gapura Office atau Virtual Officeku, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya. Kami sudah terbukti memberikan layanan terpercaya dan berkualitas.

Kami adalah perusahaan berpengalaman yang sudah melayani ribuan member. Kami menawarkan biaya pengurusan Hak Paten Merek hanya dengan harga cukup terjangkau. Karena semua pelayanan yang akan Anda dapatkan hanya dalam satu paket biaya jasa pengurusan Hak Paten Merek (HPM).

Jadi, tunggu apa lagi? Legalitaskan brand atau merek Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.