Blog Post

Bagaimana Mengurus Izin Usaha Parkir?

Izin Usaha Parkir

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Parkir kendaraan saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi masyarakat modern. Jumlah kendaraan yang semakin banyak, disertai dengan banyaknya pusat perbelanjaan (mall) dan lokasi-lokasi wisata, tak heran bila banyak mengundang pengunjung untuk datang. Dan tentunya juga membuat perusahaan perlu menyediakan area parkir untuk pengunjung.

Namun, apabila kendaraan diparkir di dalam gedung, maka setidaknya gedung yang akan digunakan untuk parkir kendaraan ini wajib memenuhi beberapa persayaratan secara teknis maupun secara hukum. Sebab, jika tidak memenuhi kriteria teknis yang sudah ditetapkan, maka yang terjadi adalah kendaraan yang diparkir dan ditinggalkan oleh pengemudinya selama beberapa saat ini tidak dalam kondisi yang aman.

Berikut ini adalah beberapa hal menarik dan penting bagi penyelenggara parkir yang perlu diketahui.

1. Gedung atau Lahan

Gedung atau lahan yang akan digunakan untuk parkir ini setidaknya wajib memenuhi kriteria untuk lokasi persinggahan kendaraan bermotor selama ditinggalkan beberapa saat oleh pengemudinya. Gedung maupun lahan parkir ini setidaknya memiliki areal yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung yang sementara waktu ditinggalkan pemiliknya.

Selain itu, dari segi keamanan gedung juga setidaknya pengusaha penyelenggara parkir wajib mempertimbangkan. Baik itu dari segi konstruksi bangunannya maupun sistem pencahayaan dari gedung tersebut.

Pencahayaan yang cukup baik pada sebuah gedung parkir ini tentu saja wajib dimiliki, guna menjamin pengendara ketika masuk ke dalam gedung parkir tersebut. Jangan sampai pengendara tidak dapat melihat jalan menuju ke lokasi parkir yang disediakan.

2. Izin Usaha

Pemilik usaha parkir wajib memiliki Izin Penyelenggaraan Jasa Parkir. Izin ini harus ditujukan kepada Bupati atau Walikota setempat melalui Dinas Perhubungan.

Pada saat proses pengajuan ini, maka para pengusaha pemilik usaha parkir wajib melampirkan beberapa dokumen penting seperti Peta Lokasi parkir, Izin Tanah atau Bangunan yang akan digunakan untuk parkir, dan IMB. Hal ini sangat penting untuk menjamin bahwa gedung maupun tanah yang akan digunakan untuk parkir sudah sesuai untuk peruntukannya.

Tak hanya itu saja, perusahaan juga wajib menyertakan beberapa dokumen penting, seperti SIUP, TDP, dan beberapa dokumen legalitas perusahaan penyedia parkir yang akan didirikan.

Ketika persyaratan dokumen sudah lengkap dan surat Izin Mendirikan Perusahaan Jasa Parkir ini sudah dimiliki, maka Anda bisa segera melakukan kegiatan jasa parkir.

Lalu, bagaimana jika mendirikan usaha parkir dengan memanfaatkan jalan umum?

Nah, dalam hal ini areal parkir yang Anda akan gunakan tidak boleh mengganggu pengguna jalan lainnya. Sehingga dengan areal parkir yang tidak menganggu kegiatan lalu lintas, maka perusahaan Anda tidak akan menimbulkan kemacetan lalu lintas yang akan mengganggu pengguna jalan lainnya dan juga mengganggu jalannya usaha Anda.

Keamanan dan ketertiban lalu lintas dan pengguna jalan lainnya tentu saja wajib Anda prioritaskan ketika Anda menyelenggarakan parkir di areal jalan umum.

Adapun proses perizinan dari areal parkir di jalan umum ini harus melalui izin resmi dari pihak Kepolisian yang bertanggung jawab terhadap ketertiban lalu lintas secara keseluruhan.

Bagi parkir yang Anda sediakan di sebuah tanah atau gedung khusus, maka Anda perlu memperhatikan struktur bangunan yang Anda jadikan lokasi parkir. Struktur gedung ini tentunya akan menjamin keamanan dan keselamatan dari kendaraan yang diparkir di bawahnya.

Selain itu, rute untuk memasuki areal parkir dalam gedung juga setidaknya diperhatikan agar tidak terjadi saling berbenturan antara kendaraan yang masuk dan kendaraan yang akan keluar.

GAPURA OFFICE Siap Membantu Legalitas Usaha Anda

Gapura Office atau Virtual Officeku mendukung iklim kolaborasi, produktivitas, serta kreativitas para pekerja yang ada di seluruh Jakarta. Layanan yang kami hadirkan juga cukup lengkap. Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha.

Kami merupakan salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Selain itu, kami juga menyediakan paket Private Office yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Lokasi yang strategis dan terjangkau akan sangat memudahkan perusahaan Anda, karena terletak di tengah kawasan bisnis Jakarta.

Fasilitas yang ditawarkan Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya high speed internet saja, tetapi banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member, seperti ruang istirahat untuk Anda yang sudah lelah dan penat dengan pekerjaan. Jadi, jika ingin menyegarkan pikiran dengan secangkir teh atau kopi, Anda dapat menikmatinya dengan santai.

Selain kedua layanan tersebut, Gapura Office juga menawarkan Coworking Space dan Shared Office, Meeting Room, Event Space, hingga Musholla dengan interior minimalis yang dirancang untuk memajukan produktivitas dan kolaborasi antar komunitas atau pekerja.

Tak ketinggalan, kami juga menyediakan ruang pertemuan yang dilengkapi peralatan penunjangnya. Ditambah lagi, event space untuk menopang berbagai jenis acara seperti diskusi dan workshop.

Bahkan, kami juga bisa menjadi tempat pertemuan untuk berbagai komunitas. Pasalnya, kehadiran Gapura Office sudah sesuai dengan karakteristik para pekerja muda millenial yang sebagian besar dari mereka memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang. Selain itu, Anda juga bisa memiliki akses untuk mengikuti diskusi, lokakarya dan kegiatan dari berbagai komunitas.

Jika Anda tertarik untuk menyewa kantor di Gapura Office, bisa langsung Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.