Blog Post

SURVEI: Cara Berpakaian Karyawan Dipengaruhi Desain Kantor

Usia 20 Tahunan Coworking Space Karyawan Gaya Berpakaian

GAPURA – Hai sobat Gapura! Seorang karyawan atau pegawai secara tidak sadar sering berperilaku dan berpakaian berbeda dalam lingkungan kantor yang terbuka dan modern. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gender, Work and Organization.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Anglia Ruskin University dan University of Bedfordshire selama tiga tahun menganalisis perilaku sekitar 1.000 karyawan di otoritas lokal Inggris. Karyawan tersebut berpindah dari enam gedung departemen terpisah menjadi satu gedung kantor baru yang modern.

Desain bangunannya sendiri menggunakan kaca luas yang tergabung luas besar dan terbuka serta kolektif. Yang bertujuan untuk mengikis batas-batas hierarkis dan departemen.

Wawancara dengan para karyawan ini akhirnya menemukan banyak contoh dari mereka, terutama perempuan. Mereka cenderung mengubah perilaku dan pakaian mereka karena bekerja di lingkungan yang selalu terlihat. Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa mereka merasa terekspos dalam situasi tertentu. Misalnya, ketika mereka memiliki berita buruk dan merasa emosional.

Ada juga persepsi yang dibuat oleh sesama karyawan soal gaya berpakaian mereka. Analisis menunjukkan bahwa anggota staff yang lebih senior diidentifikasi dengan pakaian cerdas dan gaya berjalan yang tegas.

Asumsi ini juga dibuat berdasarkan terlihatnya staff senior yang cenderung beredar ke area yang lebih luas. Sedangkan bagi staff junior, mereka cenderung tinggal di area kerja mereka sendiri.

Penulis utama studi ini, Alison Hirst dari Anglia Ruskin University mengatakan, “Ketika pindah dari ruang kantor yang tertutup dan tersekat-sekat, menjadi ruang kerja terbuka, transparan, dan bergerak bebas, pekerja kantor lebih sadar akan visibilitas mereka menjadi merasa tidak nyaman daripada bebas.”

“Perempuan lebih merasa cemas karena merasa terus diawasi dan harus berpakaian dengan cara tertentu. Namun, ada bukti lain bahwa para pegawai merasa lebih setara. Karena semua orang lebih mudah dijangkau di ruang terbuka. Hal itu juga dianggap sebagai kesempatan untuk berpakaian lebih cerdas dan memenuhi identitas baru.”, tambah Hirst.

Para peneliti menyarankan agar kantor modern dapat mendorong citra pegawai ideal yang menyatukan cara bertindak dan berinteraksi.

Hal itu tidak hanya digambarkan seperti gerakan aktif dan pertemuan spontan yang memadukan maskulin dan feminin. Tetapi juga interaksi tatap muka yang intens dan hubungan yang mendalam serta membangun.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari ruangan kantor yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya sebuah kantor profesional, Gapura Office adalah pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta dan Tangerang, Gapura Office merupakan tempat yang cocok dan tepat untuk pertemuan berbagai komunitas. Pasalnya, kehadiran Gapura Office sudah sesuai dengan karakteristik pekerja muda millenial, yang sebagian besar memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang.

Jadi, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis startup dan ingin menggunakan ruangan kantor dengan harga yang murah, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Karena fasilitas yang ditawarkan Gapura Office sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang.

Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office. Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, Gapura Office juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Gapura Office sendiri memberikan pilihan harga sewa yang murah, mulai dari harga Rp 2 Jutaan per tahun. Sangat terjangkau, bukan?

Gapura Office

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan kantor Virtual Office Anda sekarang juga di Gapura Office. Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa, kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!