Blog Post

Biaya Pendirian Yayasan Murah Jakarta Tangerang Bekasi

Biaya Pendirian Yayasan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Yayasan atau Foundation merupakan organisasi berbadan hukum yang bergerak di bidang agama, sosial, serta kemanusiaan. Yayasan umumnya dikelola oleh swasta dan bersifat non profit.

Di Indonesia, sebuah Yayasan berperan aktif dalam membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai lini kehidupan.

Nah, apabila Anda membutuhkan bantuan, serahkan saja kepada tim kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah Biro Jasa penyedia jasa perizinan dan legalitas terpercaya di Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda yang berencana ingin mendirikan Yayasan berbadan hukum dengan tujuan sosial, agama, maupun kemanusiaan.

Namun, untuk mendirikan sebuah Yayasan, Anda perlu mempersiapkan berbagai persyaratan yang bisa dibilang tidak sedikit. Selain menyiapkan syarat-syarat tersebut, tentu dibutuhkan pula biaya untuk administrasi.

Jika Anda ingin memesan jasa Konsultan dari kami, maka Anda hanya perlu menyiapkan biaya Pendirian Yayasan sekitar 7 Juta.

Tahapan Dalam Mendirikan Yayasan

Adapun tentang pendirian dan legalitas Yayasan, maka secara umum ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh calon pendiri Yayasan, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Perumusan Nama Yayasan

Calon pendiri Yayasan perlu menyediakan setidaknya tiga nama untuk Yayasan yang akan dibentuknya. Nama ini kemudian akan dikaji oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Notaris. Proses perumusan nama Yayasan ini bisa memakan waktu kurang lebih satu (1) bulan. Jika nama Yayasan telah disetujui, maka Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

2. Menentukan Fokus Yayasan

Sebuah Yayasan wajib memiliki fokus sejak awal didirikannya. Apakah akan bergerak di bidang kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, atau yang lainnya, lengkap dengan visi misinya. Bidang fokus dan visi misi ini nantinya akan menjadi acuan penting dalam pelaksanaan kegiatan Yayasan ke depannya.

3. Membentuk Struktur Kepengurusan

Keanggotaan Yayasan disebut dengan “Organ Yayasan” yang meliputi, yaitu :

  • Pembina (Ketua).
  • Pengurus.
  • Pengawas.

Dalam pelaksanaannya, Yayasan dikelola sepenuhnya oleh pengurus. Pengurus juga wajib menyerahkan laporan keuangan dan perkembangan Yayasan kepada pembina.

Adapun pengawas bertugas memberi masukan atau nasihat hukum kepada pengurus tentang kegiatan Yayasan. Sedangkan lama jabatan pengurus Yayasan adalah lima (5) tahun, dan dapat diangkat kembali berdasarkan kesepakatan pembina.

4. Membentuk Badan Pengawas Yayasan

Pengawas Yayasan memiliki tugas untuk memberikan masukan atau nasihat kepada pengurus terkait segala pelaksanaan kegiatan Yayasan. Pengawas ditunjuk dan diangkat oleh pembina dengan masa kerja lima (5) tahun. Pembina berhak memberhentikan pengawas dengan alasan tertentu kapan saja.

5. Menyusun Anggaran Dasar

Anggaran Dasar (AD) merupakan syarat selanjutnya dari proses pendirian Yayasan dan legalitasnya. AD ini memuat hal-hal seperti :

  • Nama Yayasan.
  • Lokasi.
  • Visi misi.
  • Program kerja Yayasan.
  • Nilai aset Yayasan (harus dipisah dari aset milik pendiri).
  • Struktur organisasi.
  • Hak dan kewajiban pengurus.
  • Tata cara pengangkatan anggota.
  • Tata cara pembubaran Yayasan.

6. Penandatanganan Akta Notaris

Apabila nama Yayasan sudah disetujui (seperti pada poin pertama), maka Notaris akan mengeluarkan Akta yang harus ditandatangani oleh pendiri Yayasan serta mendapatkan pengesahan yang dikeluarkan oleh Kemenkum HAM.

Pendirian Yayasan dan legalitasnya ini bukanlah proses yang mudah. Anda perlu meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengumpulkan berkas hingga pengajuan nama Yayasan.

Demikianlah beberapa tahap yang harus dilewati oleh calon pendiri Yayasan. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk diskusikan lebih lanjut, apa saja yang dibutuhkan agar Anda bisa segera dapat memulai usaha Anda.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Untuk selanjutnya, Anda bisa menjalankan program kerja secara profesional, yakni dengan adanya managemen kerja yang telah terencana dengan baik. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat