Blog Post

Biaya Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha

Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Pembuatan Perusahaan (PT)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Apakah saat ini Anda sedang berencana untuk melakukan pengurusan pembuatan surat Izin Tempat Usaha? Apakah Anda sudah mengetahui cara, syarat, dan prosedur dalam pengurusannya? Jika belum, apakah Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana prosedur pembuatan surat Izin Tempat Usaha yang akan Anda urus?

Nah, pada artikel kali ini kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku akan sedikit menjelaskan tentang biaya pengurusan surat Izin Tempat Usaha. Selain itu, di sini kami juga akan berbagi informasi mengenai syarat-syarat apa saja yang diperlukan untuk pengurusan surat Izin Tempat Usaha.

Namun, sebelum Anda mengetahui tentang bagaimana prosedur pengurusan surat Izin Tempat Usaha, ada baiknya bila Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa surat Izin Tempat Usaha merupakan surat Izin yang sangat diperlukan. Terutama bagi Anda yang ingin mendirikan tempat usaha yang akan dijalankan secara teratur dalam suatu bidang tertentu dengan maksud mencari keuntungan.

Dengan adanya surat Izin Tempat Usaha ini, tentu saja sangat penting. Karena bisa digunakan untuk mengurus dokumen-dokumen perusahaan lainnya dalam rangka pendirian perusahaan.

Di samping itu pula, surat Izin Tempat Usaha juga berfungsi sebagai dokumen legalisasi yang menunjukan bahwa tempat atau lokasi yang Anda gunakan sebagai tempat usaha benar-benar telah mendapatkan Izin untuk berdiri sebagai tempat usaha.

Lalu, apa saja syarat-syarat dalam membuat surat Izin Tempat Usaha?

Syarat Membuat Surat Izin Tempat Usaha

Berdasarkan informasi yang berlaku saat ini, bagi Anda yang akan mengurus surat Izin Tempat Usaha, maka Anda perlu mengumpulkan berbagai dokumen seperti berikut ini, yaitu :

  • Surat Permohonan yang bersangkutan.
  • Surat Keterangan Rekomendasi Kepala Desa/ Lurah.
  • Rekomendasi Camat.
  • Surat Izin Gangguan (HO).
  • Denah Situasi/ Sketsa Lokasi.
  • Berita Acara Pemeriksaan Lokasi.
  • Fotocopy Setoran Retribusi Izin Gangguan (HO).
  • Fotocopy Pajak Reklame.
  • Fotocopy Lunas PBB.
  • Surat Keterangan Fiskal Daerah (Dispenda).
  • Akta Sertifikat Tanah, Surat Bukti Pemilik.
  • Surat Kuasa/ Sewa Bangunan/ Kontrak.
  • Akta Pendirian Perusahaan.
  • Rekomendasi dari instansi teknis yang berhubungan dengan bidang usaha.
  • Fotocopy IMB.
  • Fotocopy KTP yang dilegalisir dari Camat.
  • Pas foto 4 lembar ukuran 2 x 3 cm (warna).

Perlu diketahui bahwa di masing-masing Daerah memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang berbeda-beda, sehingga tiap Daerah memiliki persyaratan tersendiri.

Meski demikian, yang perlu Anda ingat adalah di beberapa Daerah terdapat Perda yang mengatur penerbitan surat Izin Tempat Usaha. Sehingga bisa lebih ataupun kurang dari daftar persyaratan yang disebutkan di atas.

Untuk itulah, dalam hal ini sangat diperlukan ketelitian dalam memeriksa Peraturan Daerah (Perda) di tempat perusahaan Anda berada saat ini.

Prosedur Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha

Nah, setelah Anda sudah mengumpulkan seluruh dokumen-dokumen untuk pengurusan surat Izin Tempat Usaha di atas, maka selanjutnya adalah Anda sudah bisa mengurusnya.

Berikut ini adalah prosedur penerbitan surat Izin Tempat Usaha :

1. Mengajukan permohonan kepada Bupati melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten dengan melampirkan seluruh dokumen di atas.

2. Selanjutnya, Permohonan Izin yang diterima dilakukan pencatatan secara administratif dan apabila dipandang perlu dilakukan peninjauan lokasi tempat usaha oleh suatu tim.

3. Hasil peninjauan dituangkan dalam Berita Acara yang disampaikan bersama dengan berkas persyarataan izin yang diajukan kepada Bupati atau Pejabat yang ditunjuk.

4. Untuk usaha tertentu sebelum surat Izin Tempat Usaha diterbitkan wajib mendapatkan rekomendasi dari instansi teknis yang berhubungan dengan bidang usaha pemohon;

5. Bupati atau Pejabat yang ditunjuk setelah dilakukan pemeriksaan kelengkapaan persyarataan permohonan izin, peninjauan lokasi tempat usaha, dan menganggap tidak ada permasalaan segera menerbitkan izin yang diajukan oleh pemohon;

6. Permohonan izin dikabulkan dengan penerbitan surat Izin Tempat Usaha apabila semua Persyarataan telah dipenuhi.

Lama Proses Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha

Dalam pembuatan surat Izin Tempat Usaha ini, tidak ada standar jangka waktu tertentu untuk prosesnya. Namun, dalam prakteknya, surat Izin ini akan diterbitkan dalam jangka waktu 4 hingga 6 hari setelah permohonan lengkap diterima.

Biaya Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha

Ketika Anda akan mengurus surat Izin Tempat Usaha, maka Anda perlu ketahui bahwa masing-masing Daerah memberikan biaya yang berbeda-beda. Namun, umumnya rata-rata menarik biaya per meter sebesar Rp 5000.

Nah, jika Anda sudah mengetahui tentang surat Izin Tempat Usaha, dokumen yang diperlukan dan jumlah biaya yang diperlukan, namun Anda masih menemui kendala, maka Anda bisa mengkonsultasikannya kepada kami Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah ahlinya!

Banyak keuntungan yang didapatkan perusahaan ketika menggunakan Biro Jasa kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan lagi dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Anda hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus surat Izin Tempat Usaha tersebut.

Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha di Jakarta dan sekitarnya. Kami juga salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Tentunya dengan menggunakan Biro Jasa kami, akan membantu Anda untuk mendapatkan legalitas perizinan usaha yang Anda perlukan. Selain itu, Biro Jasa kami juga merupakan Biro Jasa yang akan membuat Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan saat Anda ingin mengurus perizinan.

Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Ada berbagai layanan yang dihadirkan oleh Gapura Office. Informasi lengkap terkait dengan layanan yang diberikan bisa Anda simak langsung di website resmi kami. Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami.

Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan staff kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda agar Anda bisa mengutarakan keinginan bentuk legalitas bisnis Anda, bidang usaha yang dijalani, dan kemungkinan adanya kendalanya.

Dengan demikian, staff kami bisa memberikan penjelasan secara akurat dan memberikan jalan keluar kalau terjadi kendala tertentu.

Oleh sebab itu, segera urus legalitas bisnis Anda. Jangan sampai ada pihak lain yang mendahuluinya. Tentunya yang bisa juga menjadi kompetitor berat bagi keberlangsungan usaha Anda.

Ingat, persiapkan segala persyaratan dalam membuat Izin Usaha agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Daftarkan usaha Anda dan jadilah pengusaha yang sukses suatu saat nanti. So, start your business right bersama Gapura Office!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>