Blog Post

Cara Membuat SIUP Perorangan dan Usaha Mikro

SIUP Perorangan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Pada dasarnya, pelaku usaha yang melakukan bisnis dan kegiatan pada bidang tertentu terbagi dalam dua jenis, yakni Perorangan dan Non Perorangan. Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, bahwa pemohon perizinan berusaha terdiri atas pelaku usaha Perorangan dan pelaku usaha Non Perorangan.

Non Perorangan yang dimaksud di sini adalah seperti PT, CV, Koperasi, dan masih banyak lagi. Lalu, apa yang dimaksud dengan pelaku Usaha Perorangan? Nah, untuk lebih mengenal apa itu Usaha Perorangan, simak ulasan yang kami rangkum di bawah ini.

Pelaku Usaha Perorangan yang dimaksud merupakan orang per orang dari penduduk Indonesia yang bertindak dan melakukan perbuatan hukum. Bentuknya bisa berupa usaha Mikro yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Misalnya, pedagang-pedagang kecil yang membuka toko di pasar, pedagang dengan lapak kaki lima, ataupun pelaku usaha berskala home industri.

Saat ini, pemerintah tidak menutup kesempatan bagi pelaku Usaha Perorangan ini untuk memiliki legalitas yang sama di mata hukum. Seperti terbukanya akses Online Single Submission (OSS) dalam membuat legalitas berupa NIB dan Izin Usaha Perseorangan.

Sebelum sistem OSS ini terbentuk, para pelaku Usaha Perorangan yang ingin mendapatkan legalitas maka wajib melakukan permohonan ke PTSP setempat untuk kemudian memperoleh SIUP dan TDP Perorangan. Namun kini, pelaku Usaha Perorangan hanya tinggal memasukkan NIK dari masing-masing KTP, lalu mengisi formulir elektronik pada OSS untuk bisa mendapatkan NIB dan Izin Usaha Perorangan.

Apabila pelaku Usaha Perorangan telah membuat akun dalam laman oss.go.id, maka langkah selanjutnya mereka akan diarahkan untuk melakukan registrasi dengan mengisi data, yang kurang lebihnya sebagai berikut :

  • Nama.
  • NIK.
  • Alamat tempat tinggal.
  • Bidang usaha.
  • Lokasi penanaman modal.
  • Besaran rencana penanaman modal.
  • Rencana penggunaan tenaga kerja.
  • Nomor kontak usaha dan/ atau kegiatan.
  • Rencana permintaan fasilitas fiskal, kepabeanan, dan/ atau fasilitas lainnya.
  • NPWP pelaku usaha Perorangan.

Setelah pelaku Usaha Perorangan telah selesai melakukan registrasi secara lengkap, maka akan diminta untuk  mencantumkan bidang usaha yang sesuai dengan kegiatan bisnis yang dijalankan.

Setelah itu, laman OSS akan memberikan tampilan kepada pengguna untuk men-ceklis bukti persetujuan pernyataan tentang kebenaran dan keabsahan data yang sudah dimasukan. Dan kemudian laman OSS akan memberikan notifikasi penerbitan NIB dan Izin Usaha Perorangan tersebut dengan spesifikasi yang sama seperti legalitas untuk usaha Non Perorangan. Di antaranya seperti :

  • NIB berupa 13 (tiga belas) digit angka acak yang diberi pengaman dan disertai dengan Tanda Tangan Elektronik.
  • Izin Usaha yang berupa jenis kegiatan dan Kode Klasifikasi yang sudah dipilih.

Nantinya, kedua legalitas tersebut berlaku selama pelaku usaha menjalankan usaha atau kegiatannya.

Namun sayangnya, banyak dari para pelaku Usaha Perorangan yang mengesampingkan pembuatan legalitas tersebut. Padahal, di tengah pesatnya persaingan industri global saat ini, pelaku usaha dapat terbantu untuk melakukan pengembangan usahanya melalui legalitas yang dimiliki. Maka dari itu, sudahkah Anda berfikir tentang inovasi ke depannya?

Nah, jika Anda ingin lebih mudah dalam mengurus Izin Usaha Perorangan ini, pilih saja Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami siap membantu Anda untuk mengurus semuanya. Bahkan untuk biaya pengurusan SIUP-nya juga sangat terjangkau untuk Anda, dan selesai dalam waktu cepat.

Selain itu, Anda juga bisa langsung mendapatkan semuanya apabila Anda langsung mengurus proses pembangunan perusahaan di Gapura Office dan jasa Notaris-nya akan memberikan kepada Anda berkas-berkas atau dokumen yang sangat lengkap.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dan dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam pembuatan Izin SIUP Perorangan.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena kami adalah perusahaan terpercaya. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan. Jadi, ayo langsung hubungi kami untuk konsultasi! So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat