Blog Post

Cara Mengurus SIUJK Pada Sistem OSS (Online Single Submission)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Membangun usaha di bidang jasa Konstruksi tidaklah semudah yang dibayangkan, terlebih lagi jika sudah menyangkut Izin Usaha. Di sisi lain, bagi perusahaan jasa Konstruksi, perizinan merupakan persyaratan mutlak agar usahanya dapat berjalan lancar sekaligus memenangkan tender proyek.

Namun jangan khawatir, karena pemerintah saat ini sudah berupaya membenahi sistem birokrasi, dimana dalam mengurus Izin Usaha, dan termasuk SIUJK, telah dipermudah dengan adanya PTSP dan sistem OSS (Online Single Submission).

SIUJK adalah Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi yang wajib dimiliki perusahaan yang bergerak di bidang jasa Konstruksi. Dengan SIUJK, maka sebuah perusahaan layak untuk menjalankan semua bisnis yang berkaitan dengan proyek konstruksi.

SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) bisa Anda gunakan saat ingin mengikuti tender pada beberapa bidang pekerjaan Konstruksi seperti pekerjaan arsitektur, tata lingkungan, mekanikal, konsultan, telekomunikasi, dan sipil.

Cara Mengurus SIUJK Pada Sistem OSS

Dengan mulai diberlakukannya sistem OSS (Online Single Submission), maka perusahaan mulai berbondong-bondong mengurus Izin Usaha secara online, termasuk Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Namun sayangnya, masih terdapat satu kendala yang sangat mendasar pada saat pengurusan SIUJK versi OSS ini, yakni adanya perbedaan subklasifikasi lapangan usaha yang digunakan.

Pada sistem OSS (Online Single Submission) ini menggunakan standar KBLI 2017 terbitan Kepala BPS melalui Perka Nomor 19 Tahun 2017 tentang KODE KBLI. Sementara SIUJK yang selama ini digunakan, menggunakan subklasifikasi berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 19/PRT/M/2014.

Untuk melihat detail perbedaan subklasifikasi lapangan usaha yang digunakan pada sistem OSS (Online Single Submission) dan PTSP, bisa dilihat di link berikut :

1. KBLI 2017 (Konstruksi masuk ke kategori F mulai 1102) digunakan pada sistem OSS (Online Single Submission).

2. Daftar Subklasifikasi Pelaksana Konstruksi dan Daftar Subklasifikasi Perencana dan Pengawas Konstruksi yang digunakan pada PTSP.

Dari informasi terakhir yang bisa kami kumpulkan adalah hanya NIB, TDP dan SIUP yang mulai terintegrasi dengan OSS (Online Single Submission). Artinya, hanya pengurusan NIB, TDP, dan SIUP terbitan OSS sajalah yang akan digunakan, karena sudah terintegrasi dengan PTSP yang selama ini menerbitkan dua dokumen tersebut.

Sementara itu, untuk SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) masih belum secara efektif terintegrasi, meskipun sudah bisa mengurus di OSS (Online Single Submission).

Demikianlah pembahasan tentang pengurusan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) di OSS (Online Single Submission).

Anda punya usaha jasa Konstruksi? Segera urus SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) agar usaha yang Anda bangun berjalan lebih lancar dan tertib. Namun, ada baiknya jika Anda memilih Biro Jasa yang telah menyediakan pelayanan untuk pengurusan semua dokumen perusahaan seperti Gapura Office atau Virtual Officeku.

Gapura Office, selain dikenal sebagai Biro Jasa Pengurusan SIUJK, juga memberikan pelayanan untuk pengurusan semua dokumen perusahaan, baik itu SBU, TDP, SKA, NIK, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan semua dokumen perusahaan hanya dengan satu Biro Jasa. Sehingga bisa lebih menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya.

Gapura Office sudah melayani banyak klien. Jadi, bisa Anda bayangkan betapa profesional dan berpengalamannya Biro Jasa kami ini.

Tak hanya itu, biaya yang kami tawarkan untuk pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) juga sangat terjangkau, dan Anda sudah bisa mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jika Biro Jasa Pengurusan SIUJK kami ini banyak dipilih oleh para pengusaha.

Jadi, segera buat Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) perusahaan Anda hanya di Gapura Office. Untuk informasi lebih lanjut silakan Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat