Blog Post

Cara Pendaftaran Persekutuan Perdata, CV, dan Firma

Persekutuan Perdata

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Bagi Anda pelaku usaha yang pernah mendirikan Persekutuan Perdata (PP), CV, ataupun Firma, tentunya sudah memahami benar bahwa ketika ingin mendirikan badan usaha maka langkah selanjutnya adalah mendaftar di Pengadilan Negeri setempat.

Sejak 2018 lalu, cara pendaftaran PP, CV, dan Firma tersebut sudah berubah dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 17 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Perdata (PermenkumHAM 17/2018).

Adapun upaya penyederhanaan ini merupakan bagian dari percepatan investasi yang sebelumnya dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017.

Cara Pendaftaran Persekutuan Perdata, CV, dan Firma

Terdapat beberapa poin penting yang diatur PermenkumHAM 17/2018, diantaranya adalah :

Pertama, ada tiga (3) hal yang harus didaftarkan terkait pendaftaran PP, CV, dan Firma, yaitu :

  • Akta notaris pendirian.
  • Perubahan anggaran dasar.
  • Pembubaran.

Saat ini, pendaftaran ketiga hal tersebut diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM secara online melalui Sistem Administrasi Badan Usaha. Adapun untuk Permohonan Pendaftaran dijalankan oleh notaris berdasarkan kuasa dari pihak pemohon.

Kedua, diatur langkah-langkah Pendaftaran Pendirian PP, CV, dan Firma yang dimulai dengan proses pengajuan nama CV, Firma, atau PP. Apabila disetujui, maka persetujuan tersebut akan berlaku untuk enam puluh (60) hari.

Setelah mendapat persetujuan, maka pemohon dapat melanjutkan proses pendaftaran pendirian PP, CV, atau Firma yang harus diajukan paling lama 60 hari terhitung sejak tanggal akta notaris pendirian PP, CV, atau Firma ditandatangani.

Menteri menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) CV, Firma atau PP, pada saat permohonan diterima, yang dapat dicetak langsung oleh notaris yang menangani pendaftaran pemohon.

Ketiga, diatur juga bahwa perubahan anggaran dasar PP, CV, atau Firma yang meliputi :

  • Identitas pendiri yang terdiri atas nama pendiri, domisili, dan pekerjaan.
  • Kegiatan usaha.
  • Hak dan kewajiban para pendiri; dan/atau
  • Jangka waktu CV, Firma, dan Persekutuan Perdata harus didaftarkan, dan Menteri akan menerbitkan SKT juga atas pendaftaran ini.

Yang terakhir adalah mengenai pendaftaran pembubaran PP, CV, ataupun Firma. Adapun permohonan pendaftaran pembubaran harus dilengkapi dengan :

  • Akta pembubaran.
  • Putusan pengadilan yang menyatakan pembubaran; atau
  • Dokumen lain yang menyatakan pembubaran.

Lalu, bagaimana nasib Persekutuan Perdata (PP), CV, dan Firma yang sudah terdaftar di Pengadilan Negeri sebelumnya?

Adapun CV, Firma, dan PP yang telah terdaftar di Pengadilan Negeri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam jangka waktu 1 (satu) tahun setelah berlakunya Permenkumham 17/2018 maka wajib melakukan pencatatan pendaftaran tersebut sesuai dengan ketentuan Permenkumham 17/2018.

Pencatatan pendaftaran sebagaimana dimaksud di atas diperbolehkan menggunakan nama yang sudah dipakai secara sah oleh CV, Firma dan PP yang sudah terdaftar dalam sistem administrasi hukum umum badan usaha. Caranya praktis dan mudah, bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Segera dirikan dan daftarkan perusahaan Anda. Dan kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku hadir sebagai salah satu Jasa Pengurusan berbagai dokumen perizinan, legalitas perusahaan, dan juga Jasa Pembuatan CV.

Sudah sejak lama, kami sudah dipercaya banyak klien untuk membantu berjalannya setiap proses bisnis. Hingga saat ini, kami sudah menjadi jasa hukum dan legal yang berpengalaman di bidangnya.

Nah, sekarang apa yang Anda butuhkan? Pendirian Perusahaan, PT, CV, atau jenis izin usaha lainnya, kami siap membantu Anda! Kami siap memberikan pelayanan-pelayanan terbaik kami. Dengan senang hati kami akan melayani Anda.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan Jasa Pembuatan PP, CV, Firma, atau jenis izin usaha lainnya, jangan ragu untuk menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS. Kami memberikan konsultasi bagi Anda yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Kami akan sangat senang bisa membantu Anda!

Segera legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office! Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami. Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena kami adalah perusahaan terpercaya. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Ayo langsung hubungi kami untuk konsultasi! So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>