Blog Post

Daftar Perubahan Akta Perusahaan Yang Disahkan KemenkumHAM

Akta Perusahaan

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Perubahan struktur pada perusahaan memang sangat umum terjadi karena berbagai faktor yang mendasari. Namun yang harus diperhatikan adalah, perubahan struktur yang berpengaruh pada anggaran dasar pada Akta Perusahaan juga membuat Anda harus melakukan perubahan Akta PT (Perseroan Terbatas).

Perubahan yang terjadi dapat terkait dengan penambahan bidang bisnis baru, perubahan pemilik perusahaan, dan lain sebagainya.

Sebagai perusahaan PT, maka setiap perubahan apa pun harus mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Daftar Perubahan Yang Perlu Disahkan Kemenkumham

Berikut ini adalah berbagai perubahan pada anggaran dasar yang memerlukan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM, yaitu :

1. Perubahan Nama PT.

Apabila terjadi perubahan pada identitas perusahaan, tentunya harus melakukan perubahan pada Akta.

2. Berpindah Tempat Domisili PT.

Perlu dilakukan penegasan ulang karena terkait dengan penagihan pajak perusahaan.

3. Berganti Orientasi Bisnis.

Ketika Anda melihat ada peluang bisnis baru, maka Anda juga harus memikirkan terkait legalitas hukum. Apabila bisnis baru yang Anda jalankan tidak ada pada Akta Perusahaan, maka hal ini akan menjadi masalah.

4. Perubahan Susunan Direksi dan/atau Komisaris.

Hal ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan kepemilikan saham.

5. Perubahan Jumlah Modal Dasar.

Jika Anda mengikuti tender yang mensyaratkan jumlah modal dasar dalam nominal tertentu, maka Anda juga perlu melakukan perubahan anggaran dasar pada Akta PT.

Prosedur Perubahan Akta PT

Setiap perubahan, baik itu perubahan kecil maupun perubahan besar, tetap memiliki pengaruh bagi perusahaan. Jika perubahan tidak dilakukan sesuai dengan persyaratan dan ketentuan, maka konsekuensi hukum yang harus diterima perusahaan cukup berat.

Lalu, bagaimana prosedur perubahan Akta PT dan syarat yang harus Anda lengkapi?

Prosedur yang harus Anda lalui tentunya berbeda-beda, sesuai dengan apa yang mengalami perubahan. Misalnya, perubahan nama PT, maka Anda harus mengambil keputusan tersebut bersama dengan RUPS.

Perubahan AD/ART dan perubahan pada aspek data Perseroan juga harus meminta Izin kepada Menkumham. Perusahaan harus melaporkan kepada Menkumham terkait perubahan yang terjadi melalui notaris. Kemudian, notaris akan mengeluarkan Akta Perubahan dan melakukan pelaporan ke KemenkumHAM.

Anda harus melampirkan berbagai informasi detail mengenai perubahan apa yang terjadi dan jenis perubahan anggaran dasar apa yang ingin Anda lakukan.

Kemudian, Anda juga harus melengkapi persyaratan dari perubahan anggaran dasar seperti  KTP para pemegang saham, komisaris, direksi dari perusahaan Anda beserta dengan NPWP pribadi masing-masing.

Biaya Perubahan Akta PT

Biaya perubahan Akta Perusahaan memang berbeda-beda, tergantung jasa notaris dan Biro Jasa Perizinan yang Anda gunakan. Namun, kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan tidak berbeda jauh.

Biaya untuk melakukan perubahan terkait AD/ART ialah sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta. Apabila Anda melakukan perubahan terkait Data Perseroan, maka biaya yang perlu Anda keluarkan berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

Biaya yang Anda keluarkan bisa jadi lebih besar terkait dengan adanya kemungkinan biaya lainnya.

Lamanya Proses Perubahan Akta Perusahaan

Sama seperti biaya, lamanya proses perubahan Akta Perusahaan juga bervariasi, tergantung pada perubahan apa yang Anda lakukan. Umumnya, notaris akan meminta waktu selama 1 minggu untuk melakukan pengurusan perubahan Akta Perusahaan.

Menggunakan jasa profesional untuk mengurus legalitas perusahaan bisa menjadi solusi yang tepat dan cepat. Anda tidak perlu mengurus semuanya sendiri, sehingga Anda bisa fokus untuk menjalankan bisnis.

Anda bisa menggunakan jasa dari Gapura Office atau Virtual Officeku yang siap untuk memenuhi berbagai keperluan pengurusan legalitas perusahaan Anda.

Dengan menggunakan jasa dari Gapura Office, maka proses perubahan akta perusahaan akan lebih mudah dan Anda tidak perlu repot-repot mengurusnya sendiri.

Mengapa penyedia jasa seperti Gapura Office sangat direkomendasikan bagi Anda?

Pertama, perusahaan kami sudah sangat berpengalaman dalam menyediakan jasanya bagi banyak pengusaha, khususnya di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Dengan menggunakan jasa perusahaan kami, cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet dan membuang-buang waktu mengurus semuanya sendiri. Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan bisnis Anda, dijamin akan dapat selesai dalam waktu singkat dan pastinya komplet serta legal.

Dan sebelum menggunakan jasa dari Gapura Office, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada tenaga kompeten dan profesional untuk mendapatkan saran terbaik.

Dokumen Perubahan Akta Perusahaan milik Anda nantinya akan ditangani oleh para ahli di bidangnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir!

Kami sudah beroperasi sejak lama, dan hingga saat ini Gapura Office masih mengenakan tarif yang terjangkau. Sehingga para pemula dalam dunia bisnis akan sangat terbantu.

Dalam menjalankan kegiatannya yang berkaitan dengan pengurusan dokumen Anda, kami berkomitmen untuk selalu transparan kepada konsumen, termasuk juga yang berkaitan dengan biaya.

Untuk biaya Perubahan Akta Perusahaan ini memang tergantung pada urgensi serta kategori dokumen Perubahan Akta Perusahaan.

Semoga informasi tentang prosedur Perubahan Akta Perusahaan ini bermanfaat bagi Anda. Pastikan legalitas Akta Perusahaan Anda sekarang juga. Caranya, Anda dapat menggunakan penyedia jasa seperti Gapura Office untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Silahkan menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan perizinan usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Gapura Office jasa Pendirian PT dengan syarat pembuatan yang mudah “One Stop Bussiness Solution”. So, start your business right bersama Gapura Office!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>