Blog Post

GAPURA, Biro Jasa Pengurusan NPWP Jakarta Tangerang Bekasi

Memiliki NPWP CV Perusahaan Pendirian CV Perizinan Usaha

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Apakah Anda sudah tahu apa itu NPWP? Dan mengapa pula kita harus memiliki NPWP? Lalu, apa saja sih keuntungannya bila dibanding jika tidak memilikinya?

Sebagaimana dilansir dari Direktorat Jenderal Pajak, pengertian dari NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

Menurut ketentuan, setiap Wajib Pajak hanya diberikan satu NPWP. Dimana NPWP tersebut terdiri atas 15 digit, 9 digit pertama merupakan kode wajib pajak, dan 6 digit berikutnya sebagai kode Administrasi.

Karyawan, termasuk Wajib Pajak dan selayaknya memiliki NPWP pribadi. Tidak hanya mereka yang berpenghasilan tahunan di atas PTKP, tetapi juga karyawan yang berpenghasilan Upah Minimum Regional (UMR).

Nah, sebagai warga negara yang baik, membayar pajak sesuai ketentuan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Dan termasuk bentuk ketaatan dalam membayar pajak adalah dengan memiliki NPWP.

Namun sayangnya, pemahaman mengenai NPWP belum sepenuhnya merata di seluruh elemen masyarakat. Bahkan, tidak sedikit pula di antara mereka ada yang masih merasa kebingungan, apa sih manfaat dan fungsinya, serta bagaimana proses pendaftaran dari NPWP itu sendiri.

Sebenarnya, banyak sekali manfaat yang akan Anda peroleh jika memiliki NPWP. Salah satunya adalah potongan PPh 21 yang lebih rendah dari gaji maupun honor bulanan.

Dasar Hukum NPWP

Berikut ini beberapa dasar hukum NPWP di Indonesia, yaitu :

1. Keputusan Direktur Jenderal pajak Nomor KEP-27/ PJ/ 1995 yang berlaku pada Maret 1995 tentang Jangka Waktu Pendaftaran dan Pelaporan Kegiatan Usaha Serta Tata Cara Pendaftaran Wajib Pajak dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

2. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-150/ PJ/ 1999 tentang Perubahan KEP-27/ PJ1995 tentang Jangka Waktu Pendaftaran dan Pelaporan Kegiatan Usaha Serta Tata Cara Pendaftaran Wajib Pajak dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

3. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-515/ PJ/ 2000 tentang Tempat Pendaftaran bagi Wajib Pajak Tertentu dan Tempat Pelaporan Usaha Bagi Pengusaha Kena Pajak Tertentu.

4. KEP-516/ PJ/ 2000 tentang Jangka Waktu Pendaftaran dan Pelaporan Kegiatan Usaha, Tata Cara Pendaftaran dan Penghapusan NPWP, serta Pengukuhan dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

5. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

6. Keputusan Ditjen Pajak Nomor KEP-535/ PJ/ 2000 tentang Tempat Lain Sebagai Tempat Terutangnya Pajak Bagi Pengusaha Kena Pajak.

7. Keputusan Ditjen Pajak Nomor KEP-161/ PJ/ 2001 tentang Jangka Waktu Pendaftaran dan Pelaporan Kegiatan Usaha, Tata Cara Pendaftaran dan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak, serta Pengukuhan dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

8. Keputusan Ditjen Pajak Nomor KEP-167/ PJ/ 2003 tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan Direktur Jenderal Pajal Nomor KEP-515/ PJ/ 2000 tentang Tempat Pendaftaran Bagi Wajib pajak Tertentu dan Tempat Pelaporan Usaha Bagi Pengusaha Kena Pajak Tertentu.

Sedangkan untuk sekarang dasar hukum Nomor Pokok Wajib Pajak Yang berlaku di Indonesia adalah Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-02/ PJ/ 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-20/ PJ/ 2013 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak, Pelaporan Usaha dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, serta Perubahan Data dan Pemindahan Wajib Pajak.

Nah, apakah saat ini perusahaan Anda sudah memiliki NPWP atau belum? Kalau belum, kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku siap membantu Anda untuk memiliki NPWP dengan mudah. Selain syaratnya yang mudah, prosesnya pun sangat cepat. Karena kami telah didukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional.

Selain itu, biaya mengurus NPWP di Gapura Office juga cukup murah, yakni hanya Rp 500 ribu saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah daftarkan perusahaan Anda di Gapura Office untuk mendapatkan NPWP, karena setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia kini wajib memiliki NPWP.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk diskusikan lebih lanjut, apa saja yang dibutuhkan agar Anda bisa segera dapat memulai bisnis Anda. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Untuk selanjutnya, Anda bisa menjalankan program kerja secara profesional, yakni dengan adanya managemen kerja yang telah terencana dengan baik. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat