Blog Post

GAPURA, Biro Jasa Perizinan Usaha di Bidang Pariwisata Jakarta

Izin Sementara Usaha Pariwisata (ISUP) Usaha Travel Agent Bisnis Wisata

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Menurut Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Kepariwisataan, setiap orang berhak memperoleh kesempatan untuk memenuhi kebutuhan wisata, melakukan usaha pariwisata, menjadi pekerja pariwisata, dan/ atau berperan dalam proses pembangunan kepariwisataan. Kewajiban, jenis usaha pariwisata, dan waktu penyelenggara juga telah dijelaskan dalam Perda tersebut.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mendirikan usaha di bidang pariwisata, perlu Anda ketahui terlebih dulu tentang bagaimana aturan main TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) berikut ini.

TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) dalam pekerjaan lelang barang/jasa biasanya sering dijadikan sebagai syarat kualifikasi untuk jenis pengadaan seperti penyelenggaran festival, pengadaan konsumsi, pelaksanaan sosialisasi, dan pekerjaan lainnya, yang terkait dengan kualifikasi dalam usaha pariwisata.

Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sendiri adalah bukti tanda daftar yang wajib dimiliki oleh berbagai jenis usaha yang berkaitan dengan sektor Pariwisata, seperti :

  • Usaha Jasa Perjalanan Wisata.
  • Penyediaan Akomodasi.
  • Jasa Penyediaan Makanan dan Minuman.
  • Jasa Pramuwisata, Penyelenggaraan Pertemuan.
  • Dan beberapa jenis usaha lainnya.

Dokumen ini merupakan bukti resmi bahwa suatu usaha sudah terdaftar dalam Daftar Usaha Pariwisata dan dapat menyelenggarakan usaha pariwisata.

TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) ini sangatlah penting bagi pengusaha yang bergerak di bidang Pariwisata. Hal ini dikarenakan salah satu jenis Izin Usaha tersebut merupakan persyaratan dasar dalam pelaksanaan sertifikasi sebuah usaha Pariwisata.

Nah. untuk memperoleh izin TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) ini, maka pihak pemohon harus melakukan pendaftaran usaha Pariwisata yang dimilikinya yang ditujukan kepada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten/ Kota dimana lokasi usaha Pariwisata tersebut berada.

Meski demikian, apabila usaha pariwisata tersebut memiliki lokasi lebih dari 1 Kabupaten/ Kota, maka pendaftaran usaha Pariwisata ini ditujukan kepada PTSP Provinsi sebagai bukti tanda daftar TDUP melekat pada lokasi usaha Pariwisata tersebut berada.

Dasar Hukum dan Klasifikasi Usaha Pariwisata

Kewajiban pengusaha Pariwisata untuk mendaftarkan usahanya ini telah diatur pada Pasal 15 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Selain itu, juga pada Pasal 4 Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 18 Tahun 2016.

Dalam Undang-Undang tersebut juga dijelaskan mengenai klasifikasi Usaha Pariwisata, yakni terdiri dari :

1. Daya tarik wisata.

2. Kawasan pariwisata.

3. Jasa transportasi.

4. Jasa perjalanan wisata.

5. Jasa makanan dan minuman.

6. Penyediaan akomodasi.

7. Penyelenggaran kegiatan hiburan dan rekreasi.

8. Penyelenggaran pertemuan, Perjalanan Insentif, koneferensi, dan Pameran.

9. Jasa informasi pariwisata.

10. Jasa konsultan pariwisata.

11. Jasa pramuwisata.

12. Wisata tirta.

13. Spa.

Penerbitan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata)

Jika permohonan pendaftaran usaha Pariwisata Anda telah dinyatakan lengkap, maka PTSP akan segera menerbitkan TDUP untuk pengusaha pariwisata yang telah melakukan pendaftaran.

Setelah mendapatkan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), jika dalam usaha Pariwisatanya terdapat perubahan, maka pengusaha Pariwisata yang bersangkutan wajib mengajukan permohonan pemutakhiran TDUP kepada PTSP secara tertulis.

TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) yang telah diterbitkan untuk suatu usaha Pariwisata dapat dicabut jika pengusaha pariwisata terkena sanksi pembatasan kegiatan usaha atau penghentian tetap kegiatan usaha. Atau pengusaha pariwisata tidak menyelenggarakan kegiatan usaha secara terus menerus selama 6 bulan. Atau pengusaha pariwisata menyampaikan dokumen yang dipalsukan pada saat proses pendaftaran usaha pariwisata atau pemutakhiran TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata).

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana ingin membuat Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) dan Anda membutuhkan bantuan untuk legalitasnya, serahkan saja kepada Gapura Office atau Virtual Officeku.

Gapura Office adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas yang terpercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda membuatkan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP). Semua pelayanan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam satu paket Biaya Jasa Pengurusan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) murah.

Keunggulan dari layanan Gapura Office adalah, peizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, serta kosultasi hukum pada orang yang ahli.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera legalitaskan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan bisnis usaha Anda dengan cepat dan profesional.

Anda juga dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha perdagangan Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat