Blog Post

GAPURA, Jasa Mendirikan PT Jakarta

Memiliki NIB Mendirikan PT

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Bagi seorang pelaku usaha, salah satu langkah awal yang penting untuk segera dilakukan dan dipertimbangkan adalah membuat suatu perusahaan atau badan usaha untuk usahanya tersebut. Dengan demikian, usaha yang dilakukannya itu dapat dikatakan telah memperoleh izin yang jelas, sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adanya bentuk perusahaan atau badan usaha yang jelas nantinya dapat memberikan nilai tambah dan daya tarik tersendiri terhadap usaha yang tengah dijalankan oleh seorang pelaku usaha.

Akan tetapi, dalam memilih bentuk perusahaan atau badan usaha, harus disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha.

Syarat-Syarat Mendirikan PT

Adapun langkah-langkah dalam mendirikan PT adalah sebagai berikut.

1. Mempersiapkan Data Pendiri PT

Pada tahapan ini ada lima hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu pemilihan nama PT, tempat dan kedudukan PT, maksud dan tujuan PT, struktur permodalan PT, dan pengurus PT.

Untuk pemilihan nama PT, sebaiknya Anda mengikuti pengaturan lengkap yang sudah ditetapkan dalam PP 43/2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas. Setidaknya, nama PT Anda terdiri dari tiga kata dan tidak boleh menggunakan serapan asing serta tidak boleh memakai nama PT yang sudah ada.

2. Membuat Akta Pendirian di Notaris

Tidak harus bertempat kedudukan sama dengan PT, Anda bebas menggunakan Notaris mana saja untuk membuat Akta Pendirian PT, asalkan Notaris yang Anda pilih telah mengantongi SK pengangkatan, disumpah, dan terdaftar dalam Kemenkumham.

Semua pendiri PT wajib melakukan penandatanganan Akta Pendirian di hadapan Notaris. Meski demikian, pendiri yang berhalangan hadir dapat memberikan kuasanya.

3. Pengesahan SK Menteri Pendirian PT

Setelah Akta Pendirian PT dibuat, maka pihak Notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum PT kepada Menteri Hukum dan HAM. Bila Surat Keputusan dari menteri telah keluar, maka PT Anda telah resmi diakui oleh negara sebagai badan hukum baru dan berhak untuk melakukan kontrak dengan pihak ketiga.

4. Mengurus Domisili Kelurahan

Tempat atau dimana alamat PT Anda diterangkan dengan surat Domisili Kelurahan. Pengurusan izin domisili mungkin berbeda tergantung pemerintah daerah masing-masing. Selain menerangkan domisili perusahaan, surat ini juga mencantumkan jenis usaha dan jumlah tenaga kerja. Izin domisili berlaku hanya satu tahun dan bisa diperpanjang kembali.

Nah, untuk bisnis yang baru dirintis, Anda juga bisa menggunakan layanan Virtual Office untuk memenuhi syarat ini. Dengan berlangganan paket Virtual Office, maka Anda bisa mendapatkan layanan-layanan yang akan sangat mendrongkak bisnis Anda.

Contohnya, alamat bisnis yang bergengsi, nomor telepon, layanan call transfer, mail handling, domisili gedung, dan bahkan bisa dibantu untuk pengurusan domisili ke Kelurahan.

5. Mengurus NPWP di Kantor Pajak

Dalam pembuatan PT, Anda akan memperoleh dua dokumen terkait dengan kewajiban perpajakan, yaitu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKT Pajak).

6. Mengurus Izin Usaha

Untuk dapat menjalankan usaha, perusahaan wajib memiliki surat izin. Dengan SIUP, PT dapat melaksanakan usaha perdagangan dan jasa dengan ketentuan pilihan usaha perdagangan dan jasa yang dipilih berdasar pada aturan daerah masing-masing.

7. Mengurus TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

Proses ini wajib dilakukan baik oleh Kantor Pusat maupun Kantor Cabang. Sebagai persyaratan khusus untuk pendirian PT Cabang adalah memiliki Akta Cabang, yang mencantumkan pemimpin cabang, beserta pemberian kuasa dari Direksi.

Untuk pengurusan SIUP dan TDP, di beberapa daerah biasanya diminta untuk melampirkan sertifikat BPJS Ketenagakerjaan.

Nah, jika Anda tidak ingin ribet melakukan langkah-langkah di atas, serahkan pada kami Gapura Office atau Virtual Officeku di Jakarta dan sekitarnya. Kami sudah terbukti memberikan layanan terpercaya dan berkualitas.

DiĀ Gapura Office, Anda bisa mendirikan PT dengan mudah, cepat, transparan, dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Karena kami didukung dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional, kami siap membantu Anda untuk mendirikan PT dengan mudah.

Jadi, tunggu apa lagi? Legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan serta pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional.

Untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda, silahkan Hubungi Kami.