Blog Post

GAPURA OFFICE, Jasa Pengurusan Izin Usaha

Surat Izin Usaha Industri Izin Usaha Bisnis Kontruksi Kecelakaan Kerja

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Memiliki usaha memang bukan hanya soal modal atau apa yang hendak dipasarkan. Lebih dari itu, Anda juga harus memikirkan cara bagaimana mengelolanya, termasuk mengurus izin yang disebut dengan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Memang tidak semua orang berkeinginan untuk segera mengurus izin saat membuka usahanya. Hal ini bisa dikarenakan beberapa alasan, seperti usaha dirasa belum cukup besar atau takut ditagih pihak pajak. Padahal, memiliki izin usaha memberikan lebih banyak manfaat. Mulai manfaat dari segi hukum hingga manfaat pengembangan usaha.

Untuk lebih mempermudah pemahaman mengenai manfaat izin usaha, terutama bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), kami akan menjelaskan mulai dari definisi mengenai usaha seperti apa yang masuk dalam kategori UKM atau lebih tepatnya UMKMK (Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi).

Pentingnya Izin Usaha Bagi Pelaku UMKM

1. Mendapatkan Jaminan Perlindungan Hukum

Dengan memiliki izin usaha, Anda dapat menjalankan operasional bisnis Anda secara aman dan nyaman. Tidak perlu khawatir terhadap ancaman-ancaman lain yang kerap menimpa usaha yang tidak memiliki perizinan, seperti penertiban maupun pembongkaran.

2. Memudahkan Dalam Mengembangkan Usaha

Memiliki izin usaha juga akan memudahkan Anda dalam mengembangkan usaha Anda saat ini. Misalnya, ketika Anda ingin bekerja sama dengan pengusaha yang lain.

3. Membantu Memudahkan Pemasaran Usaha

Baik dalam lingkup nasional maupun internasional atau juga memudahkan dalam melakukan ekspor dan impor produk, jika usaha yang dijalankan berupa barang.

4. Akses Pembiayaan Yang Lebih Mudah

Jika sudah memiliki surat izin usaha, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan peminjaman dana pada pihak bank.

5. Memperoleh Pendampingan Usaha Dari Pemerintah

Seringkali pemerintah mengadakan beberapa program pendampingan bagi para pelaku usaha kecil untuk mengajak mereka mengembangkan inovasi produk serta usahanya. Pendampingan ini bisa berupa workshop, seminar maupun penyuluhan langsung ke lokasi usaha.

Semenjak diberlakukannya peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2018 mengenai Online Single Submission (OSS) yang mengatur mengenai segala perizinan usaha mulai dari NIB, SIUP dan perizinan operasional lainnya. Hal ini juga memberikan angin segar kepada para pengusaha yang akan mendirikan perusahaan CV, PT maupun perseorangan.

Dari sisi pemerintah, dengan adanya sistem OSS juga akan meningkatkan pendapatan negara secara signifikan. CNN Indonesia mencatatat jumlah pengguna sistem perizinan (Online Single Submission atau OSS mencapai 106.156 pelaku usaha per 19 Oktober 2018. Angka ini bertambah 247,99 persen dibanding awal Agustus kemarin yang mencapai 30.505 pelaku usaha.

Selain itu, jasa penyedia layanan legalitas online juga marak bermunculan. Permintaan jasa penyedia layanan legalitas online pun mengalami peningkatan karena banyaknya pengusaha yang menggunakan jasa mereka.

Biasanya, mereka memasang harga yang terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 5 – 15 Juta dalam pengurusan badan usaha PT dan CV.

Dengan adanya layanan OSS, maka anggapan mengenai sulitnya mengurus izin usaha tidak lagi menjadi keluhan. Tak hanya itu saja, tentu akan memberikan dampak ekonomi yang sehat bagi negara serta pengusaha pun terhindari dari sulitnya birokrasi yang harus dijalankan serta pungutan liar oleh oknum “nakal” di pemerintahan.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan jasa untuk mengurus Izin Usaha di daerah Jakarta dan sekitarnya, dan Anda membutuhkan bantuan untuk legalitasnya, kami Gapura Office atau Virtual Officeku siap membantu Anda.

Gapura Office adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas yang terpercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda membuatkan SIUP.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Hubungi Kami. Dan Anda bisa konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha perdagangan Anda.