Blog Post

GAPURA OFFICE, Jasa Pengurusan NIB

Pengurusan NIB Nomor Induk Berusaha (NIB)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Nomor Induk Berusaha, atau yang disingkat NIB, adalah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga Online Single Submission (OSS) setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran.

Selain sebagai identitas pelaku usaha, NIB juga sekaligus berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API) jika pelaku usaha melakukan kegiatan ekspor, dan Akses Kepabeanan jika pelaku usaha akan melakukan kegiatan ekspor dan/atau impor.

Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Manfaat Penting Nomor Induk Berusaha (NIB)

1. Pengembangan Usaha Lebih Cepat dan Bebas Gangguan

Dengan memiliki Nomor Induk Berusaha, pengembangan usaha akan lebih cepat dilakukan tanpa adanya gangguan atau rasa kekhawatiran karena belum adanya legalitas perusahaan.

Usaha yang legal dan resmi tentu adalah jaminan di mata semua orang, sehingga apabila sebaliknya (ilegal), akan berdampak pada kepercayaan konsumen atau investor yang rendah juga aktivitas usaha menjadi terganggu.

2. Memudahkan Pinjaman untuk Pembiayaan Perusahaan

Saat Anda ingin mengajukan pinjaman atau mencari investor untuk pembiayaan perusahaan, NIB adalah tanda yang mempengaruhi apakah seorang investor bersedia memberikan suntikan dana atau tidak.

Di mata investor, mereka butuh diyakinkan bukan hanya dengan visi-misi perusahaan tersebut, tetapi juga dari izin resmi yang dimiliki. Investor tentu tidak menginginkan suatu Badan yang bahkan izin resminya saja belum ada.

Bagaimana Perusahaan Bisa Memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB)?

Melalui sistem OSS, Pelaku Usaha dapat memperoleh NIB, yang tidak lain merupakan nomor identitas bagi perusahaan Anda yang berlaku secara nasional.

Berikut ini langkah-langkah untuk memperoleh NIB secara lengkap.

1. Untuk mendapatkan NIB, yang pertama harus dilakukan oleh Pelaku Usaha adalah registrasi pada sistem OSS di https://oss.go.id.

2. Setelah masuk ke halaman akun yang telah dibuat, pemohon melengkapi data perusahaan, pemegang saham, kepemilikan modal, nilai investasi, dan rencana penggunaan tenaga kerja. Termasuk tenaga kerja asing jika diperlukan.

3. Langkah selanjutnya, pemohon mengisi informasi bidang usaha yang sesuai dengan 5 digit Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

4. Yang terakhir, pemohon memberikan tanda checklist (agreement) sebagai bukti persetujuan pernyataan mengenai kebenaran dan keabsahan data dan dokumen yang dimasukkan.

Jika persyaratan sudah lengkap dan proses pendaftaran sudah selesai, maka permohonan NIB dan izin usaha pada umumnya akan disetujui dan diterbitkan oleh OSS.

Pemilik usaha harus mampu memenuhi komitmen terlebih dulu untuk mendapatkan izin operasional dan komersial yang berguna dalam menjalankan usaha. Jika tidak mampu memenuhi komitmen, Lembaga OSS bisa langsung mencabut izin usaha.

Nah, jka Anda tidak punya waktu untuk mengurus NIB? Anda dapat mempercayakannya pada kami Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami bertempat di Jakarta, dan sudah terbukti kualitas jasa layanan kami. Untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda, silahkan silahkan Hubungi Kami.