Blog Post

Tips Kesehatan: 5 Gerakan Yoga di Kantor

Gerakan Yoga

GAPURA – Hai sobat Gapura! Umumnya, pekerja kantoran itu hampir 8 – 10 jam tiap harinya dihabiskan untuk duduk di depan komputer. Ditambah lagi dengan perjalanan kerja ke kantor dan bersantai di rumah menonton televisi. Tak hanya mengakibatkan bosan dan penat, kebanyakan duduk di depan komputer juga nyatanya juga berpotensi mengganggu kesehatan. Apalagi kalau tidak diimbangi dengan olahraga.

Padahal untuk berolahraga bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 menit saja. Bahkan, ada gerakan sederhana yang bisa dilakukan pekerja kantoran di tengah-tengah waktu kerja.

Deera Dewi, guru yoga, mengatakan, “lima menit sudah cukup”. Untuk melakukan gerakan yoga sederhana, Anda tidak perlu menyiapkan tempat khusus dan waktu khusus. Cukup melakukannya dari area bekerja.

Bagi Deera, yoga juga bisa dilakukan di area meja kerja. Gerakan yoga yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Chest Opener

Ilustrasi

Umumnya, pekerja kantoran menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer dengan bagian punggung seringkali membungkuk. Kebiasaan ini bisa memicu timbulnya sakit punggung.

Nah, Anda bisa melakukan gerakan Chest Opener, yaitu kebalikan dari membungkuk. Maksudnya, menekuk tubuh ke depan. Kalau tubuh terasa kaku, cukup menekuknya sedikit saja.

“Bagian depan dulu direnggangkan. Ini kebalikan dari saat membungkuk, di mana bagian belakang yang direnggangkan. Jadi ini kebalikanya.”, kata Deera.

2. Twisting

Ilustrasi

Berikutnya Twisting, yaitu gerakan memutar bagian atas tubuh ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Gerakan ini cukup ampuh mengatasi masalah pegal-pegal di bagian pinggang dan punggung.

Caranya, mulailah dengan menegakkan punggung, lalu bersadar ke depan setelah itu tegak ke posisi semula. Baru putar bagian atas tubuh ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Tingkat putarannya cukup sebisanya saja. Jika Anda merasa kesulitan, bisa dibantu dengan berpegangan dengan leher kursi.

3. Angkat Satu Kaki

Ilustrasi

Gerakan satu ini dapat Anda lakukan sejenak di lantai kantor. Anda bisa angkat satu kaki, dan satu kaki lainnya menopang kaki tersebut. Cara ini bisa mengatasi masalah otot kaki yang kerap terasa pegal karena terlalu banyak duduk.

Selain itu, menurut Deera juga bermanfaat untuk mengatasi masalah otot bagian bawah pinggang agar kembali nyaman dan juga melancarkan aliran oksigen bagian bawah tubuh.

4. Tubuh Menekuk Sambil Duduk

Ilustrasi

Dengan posisi duduk, cobalah untuk menekukkan bagian atas tubuh ke bawah. Kalau Anda mampu, cobalah tekuk tubuh sampai tangan Anda menyentuh lantai. Namun jika terasa sakit dan kaku, cukup menekuk tubuh semampu Anda saja.

Tapi ingat, jangan terlalu dipaksakan. Jangan sampai Anda justru merasa sakit dan tidak dapat bekerja secara optimal.

5. Forward Bend

Ilustrasi

Gerakan yoga selanjutnya Anda bisa mencoba berdiri, lalu tekuk badan dengan posisi lengan lurus sambil berpegangan pada kursi.

Ingat, kaki dan punggung harus lurus dan meregang. Cara ini bermanfaat untuk meregangkan otot harmstring hingga punggung.

Bagaimana, mudah kan berolahraga? Bahkan Anda bisa melakukan yoga di meja kerja sekalipun. Berolahragalah beberapa menit setiap harinya di kantor, guna meningkatkan stamina Anda melakukan rutinitas kantor.

Nah, jika saat ini Anda sedang mencari Virtual Office yang memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta dan Tangerang, Gapura Office merupakan tempat yang cocok dan tepat untuk perusahaan startup. Pasalnya, kehadiran Gapura Office sudah sesuai dengan karakteristik pekerja muda millenial, yang sebagian besar memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang.

Fasilitas yang ditawarkan Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office.

Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office Anda sekarang juga hanya di Gapura Office. Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa untuk kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!