Blog Post

Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Mendapatkan Izin Tanda Daftar Gudang

Tanda Daftar Gudang

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Memiliki sebuah bangunan yang akan digunakan untuk usaha tentu saja sangat menguntungkan. Sebab, dengan memiliki sebuah gedung untuk memulai usaha tersebut, tentu saja akan sangat membantu para pemilik barang mendapatkan ruang penyimpanan yang layak untuk barang dagangannya.

Memang, saat ini kebutuhan akan ruang penyimpanan yang besar tentunya akan memberikan pengaruh yang cukup besar pula bagi para pengusaha. Dengan adanya gudang penyimpanan, maka barang-barang dagangan akan lebih terawat hingga nantinya sampai ke tangan konsumen.

Namun, sebuah gedung yang diperuntukkan sebagai ruangan penyimpanan tertentu, maka wajib memiliki Izin atau Tanda Daftar Gudang.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik gudang ketika ingin memperoleh Tanda Daftar Gudang yang akan diperuntukkan untuk kegiatan usaha perdagangan.

1. Pemilik Gudang Harus Melakukan Pendaftaran ke Dinas Perdagangan Untuk Memperoleh Izin Kepemilikan Gudang

Dinas terkait akan memberikan izin ketika pemilik gudang dapat mengajukan beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh pemilik gudang ketika akan membuat sebuah gudang penyimpanan barang.

Selain itu, pemilik gudang juga wajib memilih sebuah lokasi yang benar-benar aman untuk kegiatan gudang, baik ketika barang datang maupun barang keluar.

Faktor lingkungan sekitar gudang pun setidaknya wajib diperhatikan, apakah kegiatan gudang ini nantinya akan mengganggu kepentingan warga yang bermukim di sekitar gudang tersebut atau tidak.

2. Pemilik Gudang Harus Melengkapi Persyaratan Administrasi Berupa Surat Permohonan Yang Ditandatangani Di Atas Materai

Surat permohonan ini dimaksudkan agar dinas terkait benar-benar meyakini bahwa pemohon secara resmi dan legal sudah mengajukan permohonan untuk penggunaan gudang sebagai lokasi usaha.

Selain surat permohonan, pemohon juga wajib menyertakan identitas usaha, baik itu SIUP maupun identitas pemilik gudang. Hal ini untuk memastikan bahwa nantinya gudang akan digunakan untuk menyimpan barang perdagangan tertentu dan barang-barang yang secara sah di mata hukum dapat diperdagangkan.

3. IMB, Peta Lokasi, dan Surat Keterangan Yang Menjelaskan Jenis Barang Yang Disimpan Di Gudang

IMB ini memastikan bahwa bangunan yang akan digunakan sebagai gudang ini merupakan bangunan yang didirikan secara legal dan sudah mendapatkan izin dari Dinas terkait untuk mendirikan sebuah gudang.

Sementara peta lokasi dari gudang berguna untuk memudahkan Dinas terkait jika suatu saat akan melakukan pemantauan dan juga pengawasan terhadap aktivitas perdagangan di dalam gudang, apakah sesuai dengan surat izin yang dikeluarkan atau tidak.

Surat pernyataan jenis barang yang akan disimpan di dalam gudang ini untuk memastikan bahwa yang disimpan dan diperdagangkan di dalam gudang tersebut merupakan jenis barang yang benar-benar legal dan sah secara hukum untuk diperdagangkan secara bebas.

Penggunaan sebuah bangunan untuk menjadi sebuah gudang untuk usaha tentunya wajib dilakukan pengawasan. Pengawasan ini nantinya akan dilakukan oleh Dinas terkait, yang dimaksudkan agar perusahaan yang melakukan proses perdagangan di dalam gudang ini sudah melakukan tugasnya dengan baik.

Barang-barang yang disimpan di dalam gudang pun merupakan jenis barang-barang yang tidak melanggar hukum dan ketetapan hukum yang berlaku di Indonesia. Tentu saja dengan mengurus izin ini diharapkan perusahaan dapat menjalankan aktivitas bisnisnya secara bebas dan dapat menghadilkan keuntungan yang cukup banyak melalui kegiatan usaha perdagangan yang dilakukan di dalam gudang tersebut.

Nah, untuk mengurus Izin atau Tanda Daftar Gudang ini bisa melalui Biro Jasa Perizinan, dan tentu saja Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke Dinas terkait untuk melakukan pengurusan izin ini. Selain itu, Biro Jasa Perizinan juga akan memberikan jasa penjemputan dokumen bagi Anda yang sibuk dengan usaha yang sedang Anda jalankan.

Biro Jasa Gapura Office atau Virtual Officeku misalnya, akan membuat Anda bisa memperoleh sebuah Izin atau Tanda Daftar Gudang untuk menjalankan usaha Anda, tanpa perlu Anda merasa repot dengan semua proses yang harus Anda jalani.

Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha Anda. Kami juga salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Dengan memilih Biro Jasa kami, Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan saja untuk membuat Izin atau Tanda Daftar Gudang milik Anda. Biro Jasa kami hanya membutuhkan dokumen-dokumen penting untuk memperoleh Izin atau Tanda Daftar Gudang saja, tanpa perlu Anda merasa repot ke sana kemari untuk mengurus usaha Anda.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.