Blog Post

Hemat Menggunakan Gaji Untuk Siapkan Dana Darurat

Siapkan Dana Darurat Produk Reksa Dana

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Siapa sih yang tidak senang mendapatkan gaji di setiap bulan? Meski begitu, tidak sedikit pula ada yang merasakan senang hanya dalam sekejap saja. Apakah Anda jadi salah satu orang yang merasa gajinya hanya ‘numpang lewat’ saja?

Nah, daripada uang Anda habis untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik Anda mengalokasikan sebagian gaji menjadi dana darurat. Karena beberapa individu cenderung lebih boros ketika memiliki banyak uang.

Untuk itu, cobalah untuk lebih berhemat gaji, dan mulailah untuk menyiapkan dana darurat.

Sebagai awal, mari ketahui mengenai apa itu dana darurat.

Apa Itu Dana Darurat?

Sesuai dengan namanya, dana darurat diperuntukan sebagai emergency fund. Dana ini dipersiapkan untuk keperluan-keperluan tertentu yang sifatnya sangat mendesak.

Ada baiknya setiap individu memiliki dana darurat ini. Karena Anda tidak bisa memprediksi masa depan yang tak terduga, dan bisa kapan saja membutuhkan sejumlah dana. Misalnya, tiba-tiba mobil Anda mogok, dan Anda bisa menggunakan dana darurat untuk membayar kerusakannya.

Jadi, dana darurat itu memiliki fungsi sebagai dana utama yang biasanya harus membayar di awal. Hal ini tentunya berbeda dengan tabungan, yang memang ditujukan untuk membeli sesuatu atau berinvestasi. Adapun dana darurat menjadi ‘tabungan’ yang hanya bisa digunakan jika ada keperluan mendesak.

Nah, di bawah ini ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan dana darurat. Berikut langkah yang bisa Anda ikuti :

1. Buat Laporan Keuangan Tiap Bulan 

Ini langkah pertama yang harus Anda lakukan. Karena mencatat semua pemasukan dan pengeluaran di setiap bulan adalah cara untuk mengetahui jumlah dana yang bisa dialokasikan untuk dana darurat setiap bulannya.

Ketika mendapatkan gaji setiap bulannya, Anda harus memisahkan pengeluaran-pengeluaran rutin yang harus dibayar terlebih dulu. Misalnya, bayar kostan, bayar cicilan, hingga bayar kartu kredit. Lalu pisahkan sebagian untuk beli pulsa atau bensin bagi yang membawa kendaraan.

Sebagai awal, Anda dapat menggunakan sisa uang setelah pembayaran untuk kehidupan sehari-hari. Tapi ingat, menabung untuk dana darurat jangan sampai membuat Anda menyiksa diri setiap bulannya.

2. Mulai Siapkan Dana Darurat 

Dana darurat tidak melulu harus berbentuk uang. Meski memang menyimpan dana darurat dalam tabungan (di luar tabungan gaji) atau berbentuk deposito akan jauh lebih mudah untuk dijangkau dan tidak ada resiko apapun.

Namun, jika ingin mempersiapkan dana darurat dalam bentuk lain, Anda bisa mencoba dengan investasi emas. Investasi ini sangat minim resiko, karena bisa dipastikan nilai harga emas akan terus meningkat di setiap tahunnya.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba peruntungan pada investasi Reksa Dana. Investasi yang satu ini memang sedang menjadi tren di kalangan millenial. Selain memang bisa ditemukan pada berbagai platform e-commerce, modal yang Anda butuhkan pun tidak terlalu banyak. Namun, ada baiknya untuk memiliki dana darurat berbentuk uang sebagai modal awal.

3. Kaji Ulang Perhitungan Secara Berkala

Sudah menentukan jumlah dana darurat bukan berarti tugas Anda selesai. Anda juga harus mengkaji ulang perhitungan tersebut secara berkala. Mengapa? Karena Anda harus memperhatikan tingkat inflasi.

Terjadinya inflasi terkadang membuat jumlah pengeluaran bulanan menjadi meningkat. Selain itu, dibutuhkan pula konsistensi dalam mempersiapkan dana darurat. Jangan tergerak mengambil atau menggunakannya untuk keperluan yang tidak mendesak.

Bagaimana, apakah Anda berminat untuk mulai siapkan dana darurat setelah gajian bulan ini?

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang membangun usaha bisnis dan tengah mencari kantor sewaan dengan lingkungan kondusif, sehingga dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ditambah lagi, fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga! Dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.