Blog Post

Tips Hemat Bagi Karyawan Muda Millenial

Mengelola Keuangan Karyawan Muda

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Apakah Anda baru saja memulai mencari nafkah sendiri? Transisi dari sekolah/kuliah dan menjadi karyawan suatu perusahaan memang tidak mudah. Dulu kebutuhan keuangan dari orang tua, kini kita sendiri yang atur. Aturannya sederhana, jika Anda pandai mengatur keuangan, pasti Anda bisa hidup di kota besar seperti Jakarta.

Nah, berikut ini adalah cara yang bisa Anda praktikkan untuk tetap hidup hemat sebagai karyawan muda.

1. Tentukan Biaya Hidup Selama per Bulan

Anda pasti bangga ketika berhasil mendapatkan pekerjaan. Tapi ingat, jangan hamburkan gaji Anda yang pertama itu. Buatlah perencanaan, berapa persen yang dapat Anda tabung, berapa persen untuk kebutuhan pangan sehari-hari, transportasi, hiburan, dan bayar tagihan.

Berdasarkan cara perencanaan finansial yang baik, pembagian mana pos tabungan, konsumsi, transportasi dan investasi harus ditentukan di awal atau di saat Anda memperoleh gaji. Jangan sampai di saat Anda memperoleh gaji langsung dibelanjakan.

2. Bawa Bekal Makanan Dari Rumah

Cobalah Anda siapkan bekal makan siang dari rumah. Selain sesuai dengan selera, Anda pasti terkejut berapa besar biaya yang dapat dihemat.

3. Gunakan Transportasi Publik/Umum

Sebagai karyawan muda, Anda pasti berpikir akan lebih hemat bila naik motor. Sebenarnya pemikiran itu tidak sepenuhnya benar. Yang pasti, kondisi macet di Jakarta akan terus mengerus isi kantong Anda, yaitu uang bensin. Belum lagi gaji Anda teralokasikan untuk biaya servis rutin.

Gunakanlah transportasi publik, misalnya saja Transjakarta atau kereta. Moda transportasi ini cukup baik kok!

4. Ikut (Nebeng) Mobil/Motor Teman

Untuk Anda yang tinggal di daerah yang tidak terlalu ramai kendaraan umum, ada baiknya Anda dan teman-teman sekantor janjian untuk pergi/pulang bersama. Tentunya tanya terlebih dulu, teman mana yang searah dengan Anda.

Dengan begitu, Anda bisa berbagi biaya bensin dan biaya tol. Atau, Anda juga bisa ikut nebeng dengan satu komunitas.

5. Gunakan Kartu Kredit dan Manfaatkan Promo

Jika digunakan dengan baik dan benar, akan sangat besar manfaatnya. Untuk promo makan malam dan hiburan, Anda sebenarnya bisa berhemat dengan kartu kredit dibanding membayar tunai.

Kelebihan lainnya juga ada pada diskon belanja. Namun, jangan sampai kebablasan dalam bertransaksi. Dan jika Anda memiliki hutang kartu kredit, harus segera dilunaskan.

Ingat, penggunaan kartu kredit harus sesuai kebutuhan. Jangan sampai hutang kartu kredit menjadi membengkak sehingga membebani keuangan Anda.

6. Manfaatkan Wi-Fi Gratis

Sebagai karyawan muda, Anda tentu ingin memberikan performa terbaik dalam pekerjaan. Lembur kadang harus dilakukan. Pulang ke rumah pun sekedar melepas lelah.

Lalu, bagaimana jika ingin cek pekerjaan kantor melalui internet? Coba manfaatkan fasilitas internet yang ada di kafe, mal, atau gedung perkantoran. Coba Anda cek ke Indonesia WiFi, dimana titik internet gratis tersebut.

7. Cari Pekerjaan Yang Memiliki Paket Tunjangan

Ada perusahaan yang memberikan fasilitas tunjangan, misalnya asuransi kesehatan atau tunjangan makanan pokok kepada karyawannya. Coba cari tahu ke bagian SDM tentang itu. Tidak ada salahnya, kan?

Perusahaan yang memberikan paket tunjangan bahan pokok tentunya bisa menghemat beberapa rupiah pengeluaran Anda selama sebulan.

Di masa mendatang, lingkungan pekerjaan pasti akan berubah. Tidak ada lagi jalanan yang macet di pagi dan sore hari, dan tidak ada lagi orang-orang yang berdesakan di sebuah transportasi umum pada jam-jam sibuk. Sebuah konsep kerja yang dapat menjadi solusi permasalahan lain di kota-kota besar seperti Jakarta.

Nah, bila saat ini Anda sedang mencari lingkungan bekerja yang kondusif, sehingga dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor virtual impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.