Blog Post

Ingin Mendirikan PT Sendiri, Bisa?

PT Sendiri

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Banyak pengusaha yang berada dalam kelas menengah berpikir bagaimana cara membuat PT atau CV sendiri dengan modal yang terbatas. Pertanyaan tersebut ada, tentunya berdasarkan fakta di lapangan.

Sebenarnya, saat ini ada opsi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Opsinya adalah dengan mendirikan PT Perseorangan atau mendirikan PT atau CV dengan melakukan pengajuan pemberkasan sendiri. Karena keduanya merupakan opsi yang paling bisa diterima dengan kondisi.

Contohnya, seperti perusahaan PT Perorangan. Opsi ini masuknya ke tata aturan perundang-undangan baru yang mulai berlaku saat ini.

Dasar Hukum

Opsi dari undang-undang baru yang menjadi landasan dan rujukan bagi cara membuat PT sendiri adalah UU Cipta Kerja. UU ini mengatur tentang perizinan dan kegiatan usaha, terutama bagi usaha yang berada dalam klasifikasi UMKM.

Dalam UU Cipta Kerja, pemerintah memberikan Izin bagi para pelaku usaha Kecil dan Mikro untuk bisa mendirikan usaha dengan mudah. Unit usaha tersebut bisa dalam bentuk PT Perseorangan.

PT Perorangan inilah yang kemudian menjadi solusi bagi para pengusaha yang mencari bentuk legalitas usaha dengan permodalan yang terbatas.

Selain itu, proses membuat PT secara mandiri dengan bentukan ini terbilang sangat mudah. Pasalnya, sang pemilik usaha tidak perlu mengurusnya sampai menggunakan jasa pihak ketiga, yakni jasa sang notaris. Karena mendirikan PT Perseorangan ini tidak memerlukan Akta Pendirian Usaha.

Syarat Membuat PT Secara Mandiri

Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap mengenai syarat dan tutorial cara membuat PT sendiri dalam bentuk PT Perseorangan. Perhatikan dengan seksama, dan ikuti secara runut untuk menghindari prosesnya yang lama.

Untuk bisa mendirikan PT Perseorangan yang berlandaskan pada UU Cipta Kerja. Anda sebagai pemilik usaha harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah tergaris. Berikut persyaratan tersebut :

  • Pemilik usaha sebagai pemohon harus berusia sekurang-kurangnya 17 tahun, dan telah cakap hukum.
  • Pemilik usaha sebagai pemohon harus telah memiliki NPWP. Untuk itu, pemohon wajib mendaftarkan diri ke KPP area terdekat dari domisili.
  • Melakukan pengajuan pemberkasan NIB melalui jalur online, yakni dengan menggunakan website OSS di sini.
  • Pemohon wajib telah mengantongi nama perusahaan dan alamat domisili kantor usaha. Tentunya dengan melampirkan surat perizinan hak guna usaha yang sesuai dengan zonasi tata ruang kota.
  • Pemohon, yang mana sebagai pemilik usaha, juga harus melampirkan data laporan keuangan awal pendirian usaha
  • Pemilik juga harus membuat surat pernyataan pendirian perusahaan PT Perorangan dan melampirkannya. Surat ini harus sesuai dengan format lampiran yang ada pada UU Nomor 8 Tahun 2020.

Demikianlah beberapa persyaratan dari cara membuat PT Perorangan secara mandiri. Pasalnya, mendirikan PT Perorangan bisa diusahakan tanpa campur tangan dari pihak notaris. Hal ini sesuai dengan apa yang tertera dalam UU Cipta Kerja yang sah berlaku sejak bulan November tahun 2020 lalu.

Cara Membuat PT Sendiri

Nah, setelah mengetahui persyaratan dari membuat PT Perseorangan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui tata caranya. Berikut uraiannya :

  • Pemohon yang merupakan sekaligus sebagai pendiri dan pemilik wajib memiliki usaha yang berjalan sesuai dan memenuhi syarat sebagai usaha UMK.
  • Pemohon, sekaligus pendiri dan pemilik, posisinya dalam perusahaan PT Perorangan ini nantinya sudah pasti menjadi pemegang saham dan direktur. Sehingga wajib membuat dan menandatangani surat pendirian perusahaan.
  • Setelah selesai membuat surat sebagaimana format surat yang terlampir dalam UU Nomor 8 Tahun 2020. Orang yang bersangkutan mengirimkannya melalui email ke instansi terkait, yakni Kemenkumham.
  • Selanjutnya, pemilik sekaligus direktur dan pemegang saham maka wajib mengurus pendaftaran NPWP ke KPP terdekat area domisili. Selain itu, wajib mengurus proses pemberkasan NIB melalui website OSS.
  • Setelah selesai semuanya. Maka yang bersangkutan hanya perlu menunggu surat balasan saja dari pihak instansi terkait. Umumnya email balasan tersebut, berisi tentang surat pengukuhan pendirian PT Perseorangan dan berbagai lampirannya. Seperti bukti penerimaan neraca dan laporan keuangan pendirian perusahaan.

Demikianlah langkah-langkah dalam membuat PT Perseorangan. Sebuah bentuk usaha yang prosesnya secara keseluruhan bisa di-handle sendiri. Karena pendirian usaha ini memang tidak memerlukan peran pihak notaris.

Namun, ada beberapa hal penting yang mendasar, yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melegalkan usaha dengan bentuk PT Perseorangan. Hal-hal penting tersebut adalah :

1. PT Perorangan memang memiliki proses pendirian dan persyaratan yang sangat mudah dan simpel. Namun demikian, seorang pemilik usaha yang merangkap sebagai pemegang saham juga direktur harus bisa mengelola perusahaan secara cakap dan profesional.

Sebab, maju mundurnya perusahaan Anda sepenuhnya berada pada pundak Anda. Jadi, pastikan bahwa segala keputusan dan kebijakan yang akan diberlakukan benar telah melalui proses pertimbangan yang masak.

2. Saat memutuskan untuk memilih bentuk legalitas usaha dalam bentuk PT, maka itu artinya Anda sudah harus siap untuk terbuka mengenai seluruh keuangan perusahaan tiap periodenya.

Sebab, perusahaan berbentuk PT, walaupun berjenis perorangan, namun tetap terikat dengan kode etik perseroan mengenai keterbukaan laporan keuangan. Sehingga bila Anda sampai terlewat tidak mengirimkan laporan keuangan perusahaan. Ada resiko yang harus Anda tanggung sebagai konsekuensinya.

3. Sebagai mana namanya, PT Perorangan hanya membolehkan ada satu kekuasaan tertinggi. Sehingga apabila kemudian hari sang pemilik sekaligus pendiri dan direktur perusahaan membutuhkan bantuan.

Artinya, pemilik harus mengatur pemberkasan perubahan status perusahaan, yakni dengan membuat surat pernyataan perubahan status. Kemudian mengirimkannya melalui email ke pihak instansi terkait, yakni kemenkumham.

Demikianlah tiga hal yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangan sebelum benar-benar memutuskan untuk mendirikan perusahaan dengan bentuk PT Perorangan. Meskipun cara membuat PT Perorangan dalam bentuk ini sangat mudah dan ringan, namun Anda sebagai seorang owner tetap harus teliti dan jeli mempertimbangkannya.

Ingin mendirikan PT Perseorangan tanpa ribet? Atau ingin mendirikan PT biasa untuk bisnis jangka panjang? Serahkan saja kepada kami! Anda bisa menggunakan Biro Jasa kami, Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami adalah salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan Anda terkait pembentukan badan usaha di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Kami menyediakan layanan jasa pendirian PT Perseorangan atau PT biasa untuk bisnis jangka panjang. Semuanya sudah meliputi Akta Perseroan, SK KEMENKUMHAM, NPWP, SKDU, SIUP, dan TDP.

Tersedianya paket di atas untuk menjawab kebutuhan pengusaha atau pebisnis untuk dapat memiliki bentuk badan usaha yang sesuai dan juga mudah.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami sudah mengantongi Izin resmi dari pemerintah Indonesia dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat maupun mengurus perizinan usaha.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Segera legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office. Dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Izin Usaha untuk Pendirian PT Perseorangan tanpa ataupun PT biasa.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>