Blog Post

Jasa Pengurusan Izin Mendirikan Restoran di Jakarta dan Tangerang

Mendirikan Restoran

GAPURA – Hai sobat Gapura! Mendirikan restoran dan menjadikannya bisnis yang sukses membutuhkan lebih dari sekedar kerja keras dan dedikasi.

Serupa dengan bisnis-bisnis lainnya, Anda pun membutuhkan persiapan dokumen jika ingin memiliki restoran. Apabila gagal dalam memperoleh izin dan lisensi yang tepat, maka akan berdampak pada ditutupnya usaha restoran Anda oleh Pemerintah lokal.

Karena bisnis kuliner ini dimasukkan sebagai bisnis pariwisata, maka pemilik bisnis sebaiknya memahami tentang Peraturan Kementerian Pariwisata dan Budaya No. PM. 87 /HK.501/MKP/2010.

Berdasarkan regulasi ini, bisnis pariwisata adalah bisnis yang menyediakan makanan dan minuman termasuk restoran, warung, bar, kafe, layanan katering, tempat makan bebas serta bisnis layanan makanan dan minuman lainnya.

Bagaimana Cara Memperoleh Izin Mendirikan Restoran?

Untuk memperoleh izin mendirikan restoran, aplikasi untuk registrasi harus dialamatkan ke Agensi Pariwisata dan Budaya di pemerintahan lokal, di mana bisnis pariwisata berlokasi. Tempat ini bisa jadi Kantor Walikota atau Kelurahan, kecuali untuk DKI Jakarta di Kantor Gubernur.

Proses registrasi bisnis pariwisata mencakup :

1. Aplikasi untuk registrasi bisnis pariwisata.

2. Verifikasi aplikasi.

3. Inklusi di daftar bisnis pariwisata.

4. Penerbitan sertifikat registrasi bisnis pariwisata.

5. Pembaruan daftar bisnis pariwisata, jika terdapat perubahan dalam dokumen pendukung.

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan

Adapun dokumen wajib untuk memperoleh izin adalah :

1. Form aplikasi yang telah diisi.

2. Fotokopi Anggaran Dasar perusahaan.

3. Fotokopi ID/ Paspor.

4. Fotokopi NPWP perusahaan.

5. Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan/IMB.

6. Fotokopi Undang-Undang Gangguan.

7. Fotokopi Analisis Dampak Lingkungan/AMDAL.

8. Foto warna untuk lokasi bisnis berukuran 4R menunjukkan bagian depan, kanan dan kiri, termasuk setiap ruangan di dalam gedung.

Selain dokumen wajib di atas, restoran juga mewajibkan izin tambahan sehubungan dengan layanan yang Anda tawarkan. Jika restoran menyajikan minuman beralkohol, maka Anda harus memperoleh izin SIUP-MB.

Selain itu, restoran yang menawarkan musik live atau yang telah direkam terlebih dahulu, maka harus memperoleh izin hak cipta atau izin dari lembaga yang memfasilitas penggunaan materi musik seperti itu. Jika gagal melakukannya, maka penaltinya besar.

Nah, jika Anda ingin memulai usaha bisnis restoran, pastinya Anda membutuhkan informasi lebih lanjut untuk memperoleh izin. Untuk itu, jangan sungkan untuk Hubungi Kami, dan kami akan dengan senang hati membantu Anda memperoleh izin mendirikan restoran di Indonesia.

Gapura Office

Jadi, tunggu apa lagi? Wujudkan mimpi Anda memiliki usaha bisnis restoran sekarang juga di Gapura Office.

Gapura Office memberikan pilihan harga pengurusan izin TDUP (Tanda Daftar Usaha Parawisata) murah, mulai dengan harga Rp 6 jutaan. Sangat terjangkau, bukan?

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa, kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!