Blog Post

Jelang Ramadhan, Ini 7 Ide Bisnis Selama Pandemi

Virtual Office Ide Bisnis

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Tak terasa bulan Ramadhan sudah akan kembali datang. Suasana Ramadhan yang memiliki ciri khas-nya tersendiri pun sudah begitu terbayang dalam benak hampir setiap umat Islam di Indonesia.

Namun, Ramadhan kali ini tentunya terdapat banyak hal yang berbeda dibanding Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya, mengingat saat ini dunia masih menghadapi pandemi virus Corona atau COVID-19.

Perbedaan yang paling terasa tentunya pada pembatasan aktivitas yang mungkin diterapkan juga untuk berbagai aktivitas selama bulan Ramadhan, seperti acara ngabuburit, sahur keliling, buka puasa bersama, hingga pembatasan kegiatan peribadatan di masjid atau majelis keagamaan lainnya.

Meski pembatasan-pembatasan aktivitas akibat pandemi ini berdampak pada berkurangnya pendapatan masyarakat, namun Anda tidak perlu terburu-buru mengurangi anggaran belanja selama Ramadhan. Anda tetap bisa menyajikan menu favorit keluarga dengan mencari ide bisnis di bulan Ramadhan untuk menambah jumlah pendapatan bulanan Anda.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis di bulan Ramadhan yang bisa Anda coba, di antaranya adalah :

1. Berjualan Minuman Sehat dan Segar Untuk Berbuka Puasa

Menu yang seringkali menjadi incaran untuk membatalkan puasa setelah air mineral adalah minuman segar dan sehat. Sebuat saja seperti es campur, es teler, es sup buah, es degan atau es kelapa muda, es kopyor, es oyen, jus buah, dan berbagai minuman segar lainnya.

Jika di daerah Anda berjualan adalah kota yang terkenal panas, bisnis minuman halal yang menyegarkan ini tentunya akan mampu mendatangkan banyak pembeli di saat bulan Ramadhan tiba. Anda dapat mencoba meracik-racik sendiri pilihan minuman yang akan Anda jual sebelum benar-benar memulai berjualan. Nah, agar lebih mudah, Anda bisa mencari referensi di internet mengenai bahan-bahan yang tepat untuk dicampurkan.

Jika Anda berhasil menyajikan minuman yang cocok dengan lidah kebanyakan orang, jangan kaget jika Anda akan kebanjiran pembeli dan meraup begitu banyak keuntungan.

2. Berjualan Parsel dan Aneka Kue Kering Untuk Lebaran

Menjalani bisnis makanan kering tidak harus memiliki keahlian khusus dalam membuat makanan kering sendiri. Anda bisa mencoba menjual kembali kue kering milik saudara, atau teman, atau supplier kue kering dan mengambil keuntungan dari menjual produk mereka.

Oleh karena berjualan makanan kering adalah bisnis sampingan, maka tidak ada salahnya dengan menambah peluang bisnis lain untuk melipatgandakan keuntungan Anda, yaitu dengan menjual berbagai produk makanan dan minuman yang disusun dalam bentuk parsel.

Selagi Ramadhan, jangan sampai Anda melewatkan peluang keuntungan bisnis ini. Karena tradisi mengirim parsel ke teman dan saudara mengalami peningkatan setiap tahunnya.

3. Menjual Berbagai Pilihan Takjil

Bisnis kuliner yang satu ini memang tidak pernah ada matinya, terlebih saat Ramadhan tiba. Menjelang berbuka puasa, Anda pasti akan dengan mudah menemukan pilihan menu takjil yang dijual di hampir sepanjang jalan yang Anda lalui.

Meski terdapat banyak penjual takjil, hampir tidak ada lapak yang sepi pembeli. Banyak orang yang telah mengerti bahwa perut yang telah dibiarkan kosong karena berpuasa memang tidak seharusnya langsung diisi dengan menu yang berat seperti nasi. Hal inilah yang menjadikan takjil sebagai pilihan menu Andalan untuk berbuka puasa.

Jadi, bagi Anda yang bingung mencari sumber tambahan pendapatan, tidak ada salahnya untuk berjualan takjil selama bulan Ramadhan.

4. Berjualan Menu Masakan Untuk Sahur dan Berbuka

Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Maka tak heran, bila banyak dari mereka yang disibukkan dengan kegiatan beribadah, sehingga tidak sempat memasak sendiri di rumah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang lihai dalam memasak, Anda tidak perlu berpikir panjang untuk membuka usaha katering. Terlebih lagi jika rumah Anda berada dalam lingkungan kos-kosan atau dekat dengan area perkantoran.

Cukup jaga rasa masakan dan kebersihan lapak, maka dijamin akan ada banyak pembeli yang datang untuk mencari menu sahur dan berbuka puasa di tempat Anda.

5. Berjualan Aneka Buah-buahan

Selama Ramadhan, tidak sedikit orang yang menambahkan makanan sehat dalam menu sahur dan berbuka. Salah satunya dengan menghadirkan pilihan buah-buahan.

Beberapa pilihan buah yang begitu digemari saat memasuki bulan Ramadhan, di antaranya adalah buah kurma, melon, blewah, semangka, jeruk, pepaya dan pisang. Buah-buahan tersebut banyak dipilih selama bulan Ramadhan karena beberapa alasan.

Jadi, Anda tak perlu ragu untuk membuka berjualan buah-buahan selama bulan Ramadhan. Pemilihan jenis buah yang tepat dan pemberian harga yang bersaing, akan membuat dagangan Anda laris manis dan mendatangkan banyak keuntungan.

6. Menjual Perlengkapan Ibadah

Meningkatnya aktivitas ibadah di bulan Ramadhan seringkali ada banyak umat muslim yang berniat membeli perlengkapan ibadah baru. Apalagi seringkali perlengkapan ibadah lama telah rusak di beberapa bagiannya, mengingat aktivitas ibadah umat muslim adalah sebanyak 5 kali dalam sehari.

Maka sangat wajar jika setiap satu tahun sekali, khususnya saat memasuki bulan Ramadhan, mereka memilih untuk membeli perlengkapan ibadah yang baru.

7. Berjualan Baju Gamis dan Busana Muslim

Berjualan baju gamis dan busana muslim juga dapat dipastikan akan mendatangkan keuntungan berlipat bagi Anda. Bisanya memasuki bulan Ramadhan, banyak umat muslim, terutama dari kalangan wanita, yang berburu baju gamis atau busana muslim.

Pakaian khas umat muslim tidak hanya dikenakan saat menjalankan ibadah di luar rumah selama bulan Ramadhan saja, akan tetapi juga sebagai persiapan menjelang lebaran, yaitu saat menjalankan sholat Ied, atau untuk dikenakan saat bersilaturahmi ke rumah kerabat dan sanak saudara.

Gapura Office atau Virtual Officeku hadir sebagai salah satu Biro Jasa dalam kepengurusan berbagai dokumen perizinan, legalitas perusahaan, dan jasa pembuatan PT maupun CV. Sudah sejak lama kami dipercaya banyak klien untuk membantu berjalannya setiap proses bisnis. Sehingga, hingga saat ini kami telah menjadi Biro Jasa hukum dan legal yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah membutuhkan Biro Jasa Pembuatan Perizinan PT, CV, atau jenis perizinan usaha lainnya, jangan ragu untuk langsung Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Dan dapatkan pula layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional bersama kami.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat