Blog Post

Jenis-Jenis Izin Usaha

Izin Usaha Surat Izin Gangguan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Ada banyak jenis perizinan usaha yang ada di Indonesia. Mulai dari Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Usaha Industri (SIUI), dan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Tiap izin usaha tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, dan beberapa di antaranya diperuntukkan untuk perusahaan dengan bidang usaha tertentu sesuai dengan ketentuannya. Berikut penjelasannya :

A. Perizinan Dasar Umum

Fungsi NIB ini mirip seperti nomor KTP bagi penduduk Indonesia. Yang menjadi perbedaannya adalah, NIB adalah nomor identitas bagi sebuah perusahaan.

Selain itu, NIB juga sekaligus merangkap sebagai TDP (Tanda Daftar Perusahaan), API (Angka Pengenal Impor), dan akses kepabeanan sebagai eksportir dan importir.

1. Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

Seperti namanya, surat ini menerangkan domisili suat perusahaan. SKDP diterbitkan oleh Kelurahan tempat domisili dari suatu perusahaan. Pada tahun 2019, SKDP di DKI Jakarta sudah dihilangkan dan digantikan oleh NIB. Meski demikian, hal ini belum berlaku untuk daerah di luar DKI Jakarta.

2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Nomor Pokok Wajib Pajak biasa disingkat dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sendiri diberikan kepada pengusaha oleh pemerintah untuk dapat melakukan perdagangan. Baik perdagangan barang maupun jasa.

Selain itu, pengusaha yang sudah memiliki SIUP juga dapat mengikuti berbagai tender ataupun lelang yang diselenggarakan perusahaan lain dan juga pemerintah.

B. Contoh Perizinan Khusus Sesuai Dengan Bidang Usaha Perusahaan

1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Semua orang yang akan mendirikan bangunan tentu membutuhkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Tak terkecuali para pengusaha, IMB adalah surat izin pertama yang dibutuhkan untuk mendirikan bangunan untuk keperluan perusahaan. Tanpa izin ini, baik luar tanah dan bangunan yang digunakan untuk usaha perusahaan, adalah ilegal.

C. Surat Izin

1. Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK)

SIUJK diterbitkan untuk kepentingan perusahaan konstruksi agar dapat menjalankan usaha konstruksinya. Biasanya, hal ini merupakan syarat wajib bagi perusahaan konstruksi untuk mengikuti tender pemerintah.

Surat Izin Usaha Industri diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 41/M-IND/PER/6/2008 Mengenai Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Usaha Industri.

SIUI sendiri diterbitkan untuk kepentingan perusahaan industri tertentu. Biasanya perusahaan yang mengolah bahan mentah, setengah jadi hingga bahan jadi.

Demikian ulasan tentang jenis-jenis Izin Usaha dan segala hal lain yang perlu Anda ketahui. Nah, apabila Anda membutuhkan jasa untuk pembuatan SIUP, mendirikan PT atau CV yang kredibel dan tepercaya, percayakan dan hubungi segera Gapura Office atau Virtual Officeku.

Serahkan kepada Gapura Office, karena kami adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas yang terpercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda membuatkan perizinan usaha.

Keunggulan dari layanan kami adalah, peizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan kosultasi hukum pada orang yang ahli.

Semua pelayanan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam satu paket biaya saja, dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Jadi, tunggu apa lagi? Legalitaskan bisnis usaha Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan bisnis usaha Anda dengan cepat dan profesional.

Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha perdagangan Anda dengan kunjungi website official kami hanya di virtualofficeku.co.id.