Blog Post

Benarkah Karyawan Yang Suka Merokok Sering Bolos ke Kantor?

Karyawan

GAPURA – Hai sobat Gapura! Baru-baru ini sebuah penelitian di Inggris telah mengungkap fakta bahwa perokok lebih sering bolos ke kantor hingga dua atau tiga hari lebih banyak dalam satu tahun dibanding dengan rekan kerjanya yang tidak merokok.

Dikutip dari Reuters, Rabu (24/6/2020), Douglas Levy, peneliti dari Harvard Medical School mengatakan, “Sangat jelas bahwa pesan yang disampaikan penelitian ini adalah berhenti merokok. Namun inti penelitian ini adalah, merokok tak hanya mempengaruhi kesehatan individu, tetapi juga ekonomi dan perusahaan.”

Dari data yang ditemukan juga diketahui bahwa absensi para pekerja yang merokok telah merugikan perusahaan di Inggris sebanyak 1,4 miliar poundsterling atau sekitar Rp 20 Triliun, di akhir tahun lalu.

Analisis ini dilakukan antara tahun 1960 sampai 2011 di Eropa, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Jepang, dengan melibatkan lebih dari 71.000 pekerja di sektor publik dan swasta.

Para peneliti meminta para pekerja yang juga mantan perokok tersebut untuk menjelaskan bagaimana gaya hidup dan kebiasaan mereka merokok. Peneliti juga mengamatinya dengan menggunakan catatan pekerjaan mereka untuk mengetahui seberapa sering mereka tidak hadir selama kurang lebih dua tahun bekerja.

Jo Leonardi-Bee, dari University of Nottingham, Inggris, menemukan hasil bahwa 33 persen karyawan perokok berisiko lebih besar kehilangan pekerjaannya dibandingkan dengan karyawan yang tidak merokok. Hal ini disebabkan banyak karyawan yang menghabiskan waktu untuk izin merokok, sehingga produktivitas bekerja menurun dan banyak biaya yang dikeluarkan untuk kerusakan akibat kebakaran.

Hasil studi tersebut juga menunjukkan bahwa berhenti merokok di tempat kerja, sesungguhnya dapat berpotensi menghemat biaya pribadi dan perusahaan. Selain itu, juga dapat memilimalisir ketidakhadiran saat bekerja.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau startup, dan tengah mencari Virtual Office atau Coworking Space, bisa langsung mengunjungi website kami di virtualofficeku.co.id.

Selain itu, Anda juga dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan info lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Perlu Anda ketahui, fasilitas yang ditawarkan GAPURA sangatlah beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya high speed internet, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, GAPURA juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Gapura Office

GAPURA memberikan pilihan harga sewa Virtual Office murah, hanya dengan harga Rp 2 Jutaan per tahun. Sangat terjangkau, bukan?

So, tingkatkan terus kinerja dan tunjukan performa yang baik dan buktikan kemampuan Anda di kantor. Selamat bekerja!