Blog Post

Kenali Fungsi Dari Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Surat Keterangan Domisili Perusahaan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Domisili adalah salah satu elemen wajib yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Karena domisili inilah yang akan menjadi identitas dari sebuah perusahaan pada saat beroperasi.

Nah, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa fakta penting yang harus Anda ketahui mengenai Surat Keterangan Domisili Perusahaan.

  • Sebagai Alamat Domisili Resmi

Seperti namanya, Surat Keterangan Domisili Perusahaan berfungsi untuk menerangkan kedudukan resmi sebuah perusahaan yang berkedudukan di alamat tersebut. Jadi, bagi perusahaan yang telah memiliki Surat Keterangan Domisili Perusahaan ini, maka itu artinya perusahaan Anda telah resmi diakui berkedudukan di lokasi yang tercantum dalam dokumen tersebut.

Selain itu, Surat Keterangan Domisili Perusahaan juga merupakan digunakan sebagai salah satu persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan dokumen lain untuk legalitas perusahaan.

  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan Hanya Dikeluarkan Jika Kedudukan PT Ada di Dalam Zonasi Perusahaan

Untuk di daerah DKI Jakarta sendiri, berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2014, bahwa Surat Keterangan Domisili Perusahaan tidak dapat dikeluarkan untuk PT yang menggunakan alamat domisili rumah atau yang tidak berada dalam zonasi perkantoran.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2018 tentang Usaha Mikro dan Kecil hanya memperbolehkan domisili rumah bagi perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang yang dimiliki usaha menengah besar.

Oleh sebab itu, diperlukan alamat domisili yang berada dalam zonasi perusahaan untuk mendapatkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan untuk perusahaan Anda.

  • Masa Berlaku Surat Keterangan Domisili Perusahaan Dibedakan Berdasarkan Status Kantor Yang Digunakan

Surat Keterangan Domisili Perusahaan memiliki masa berlaku. Dan setelah masa berlaku habis, maka Surat Keterangan Domisili Perusahaan ini harus diperpanjang.

Yang terpenting untuk diketahui adalah bahwa masa berlaku Surat Keterangan Domisili Perusahaan dibedakan berdasarkan jenis domisili yang digunakan.

Untuk domisili kantor bersama atau kantor tetap, maka berlaku untuk 5 tahun. Sementara untuk domisili perusahaan yang menggunakan Virtual Office, maka berlaku hingga 1 tahun.

  • Baru Dapat Didaftarkan Setelah Akta Perusahaan Selesai

Pada saat pendaftaran Surat Keterangan Domisili Perusahaan, maka salah satu persyaratan yang wajib adalah Akta dari perusahaan tersebut. Hal ini dikarenakan SKDP membutuhkan Akta dan pengesahannya sebagai salah satu persyaratan yang dipersiapkan untuk pengurusan dokumennya.

Adapun persyaratan untuk mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan adalah sebagai berikut :

  • Akta Pendirian Perusahaan dan Perubahan (jika ada) dan Pengesahannya.
  • KTP Direktur/Direktur Utama Perusahaan.
  • Perjanjian Sewa Gedung.
  • Surat Keterangan Domisili Gedung.
  • Foto Tampak Luar dan Tampak Dalam Gedung.
  • PBB dan Bukti Bayar tahun terakhir.

Ketika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, maka hendaknya Anda memiliki dasar pengetahuan tentang apa saja hal-hal yang diperlukan dalam usaha yang sedang Anda bangun nantinya. Salah satunya adalah mengetahui tentang pentingnya membuat Akta Pendirian Perusahaan. Dengan adanya Akta Pendirian Perusahaan ini, maka perusahaan Anda akan menjadi lebih profesional.

Lantas, informasi penting apa saja yang harus Anda ketahui tentang cara pembuatan Akta Perusahaan?

Akta, tidak hanya untuk perusahaan agar menyandang status profesional saja. Tetapi dengan adanya Akta, maka perusahaan yang Anda miliki juga akan menjadi lebih besar. Dan dengan adanya Akta pula, maka perusahaan Anda juga akan mudah mendapatkan hubungan kerjasama dan bantuan dari instansi pemerintah jika suatu saat nanti diperlukan.

Gapura Office atau Virtual Officeku dapat membantu Anda untuk mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan dan juga perizinan lengkap lainnya. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan.

Untuk menggunakan jasa kami, silahkan menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat