Blog Post

Kenali Jenis-Jenis Lisensi Paten di Indonesia

Lisensi Paten

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Kehadiran Paten merupakan bentuk dari perlindungan yang diberikan terhadap penemuan baru yang kehadirannya merupakan solusi atas permasalahan yang sebelumnya tidak diketahui. Paten sendiri merupakan salah satu hak kekayaan intelektual yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.

Sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten (UU Paten), bahwa Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat kita pahami bahwa seorang inventor memiliki hak untuk memperoleh manfaat dari hasil temuannya tersebut, dan melarang orang lain untuk membuat, melisensikan, atau mengimpor paten, kecuali atas persetujuannya.

Maka, seorang inventor sebagai pemegang paten dalam mendayagunakan Paten miliknya memiliki berbagai opsi, yang salah satunya adalah melalui lisensi. Lisensi sendiri adalah Izin berupa perjanjian tertulis yang diberikan oleh pemegang paten kepada penerima lisensi guna menggunakan paten tersebut dalam jangka waktu dan syarat tertentu.

Berdasarkan Pasal 76 ayat (1) UU Paten, pemegang Paten berhak memberikan lisensi kepada pihak lain berdasarkan perjanjian lisensi, baik eksklusif maupun non-eksklusif. Lisensi Eksklusif Perjanjian yang berisikan Izin kepada satu penerima lisensi dan/atau dalam wilayah tertentu.

Lisensi Non-Eksklusif Perjanjian yang berisikan Izin kepada beberapa penerima lisensi dan/atau dalam beberapa wilayah. Berbeda dengan jenis hak kekayaan intelektual lainnya, pada Paten terdapat lisensi yang bersifat opsional dan wajib. Hal ini disebabkan oleh urgensi dan manfaat yang diberikan atas Paten tersebut guna menunjang kehidupan dan/atau kepentingan umum.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut berbagai jenis lisensi pada Paten.

Lisensi Biasa

Lisensi biasa atau lisensi sukarela adalah pemberian lisensi berdasarkan keinginan pemegang Paten yang dilakukan melalui perjanjian dan berlaku sama seperti pemberian lisensi pada jenis hak kekayaan intelektual lainnya.

Lisensi Pemerintah

Lisensi pemerintah adalah pemberian lisensi agar Paten tersebut dilaksanakan oleh pemerintah. Tentunya tidak semua Paten dapat dimonopoli oleh pemerintah dengan dalih “lisensi pemerintah”.

Paten yang dilaksanakan pemerintah dilakukan secara terbatas semata-mata untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan bersifat Non-Komersial. Hal ini telah diatur lebih lanjut dalam Peraturan Presiden Nomor 77 Tahun 2020, tentang Tata Cara Pelaksanaan Paten oleh Pemerintah.

Pemerintah dapat melaksanakan sendiri paten di Indonesia apabila :

  • Berkaitan dengan pertahanan dan keamanan negara. Contohnya, senjata api, amunisi amunisi, dan bahan peledak militer.
  • Kebutuhan sangat mendesak untuk kepentingan masyarakat. Contohnya, produk farmasi dan/atau bioteknologi yang harganya mahal atau dibutuhkan untuk kebutuhan pangan.
  • Paten yang mengganggu atau bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan negara. Contohnya, senjata elektromagnetik dan bahan peledak.

Apabila paten berkaitan dengan pertahanan dan keamanan negara sudah dilaksanakan oleh pemerintah, maka inventor tidak lagi memiliki hak eksklusif. Hal ini menandakan pendayagunaan paten menjadi sepenuhnya milik pemerintah.

Lisensi Wajib

Lisensi wajib adalah lisensi untuk melaksanakan paten yang dilaksanakan atas dasar Keputusan Menteri. Lebih lanjut, permohonan dan pemberian lisensi wajib diatur pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 30 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemberian Lisensi Wajib Paten, dan perubahannya pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 14 Tahun 2021.

Lisensi wajib ini dapat diberikan dengan alasan :

  • Pemegang Paten tidak melaksanakan paten produk, paten proses, dan paten metode yang ada di Indonesia dalam jangka waktu 36 bulan setelah diberikan Paten.
  • Paten telah dilaksanakan dengan cara merugikan kepentingan masyarakat.
  • Paten hasil pengembangan dari Paten yang telah diberikan sebelumnya tidak bisa dilaksanakan tanpa menggunakan Paten pihak lain yang masih dalam perlindungan.

Sedangkan Perlindungan Lisensi wajib berakhir saat :

  • Berakhirnya jangka waktu lisensi.
  • Putusan Pengadilan Niaga.
  • Pembatalan berdasarkan keputusan Menteri atas permohonan pemegang paten.

Cross Licensing

Cross Licensing adalah lisensi silang yang dilakukan apabila sebuah paten merupakan hasil turunan/pengembangan dari paten sebelumnya. Jadi, kedua pemilik paten bisa memberikan lisensi satu dan yang lain.

Sebenarnya, Cross Licensing ini merupakan bagian dari lisensi wajib, yang berarti sifatnya wajib untuk diberikan untuk pelaksanaan paten kedua dengan ketentuan :

  • Invensi yang diklaim dalam paten kedua harus memiliki penyempurnaan teknis yang penting dengan signifikansi ekonomi yang bermakna, dalam kaitannya dengan invensi yang diklaim dalam paten pertama.
  • Pemegang Paten berhak saling memberikan lisensi untuk menggunakan Paten pihak lainnya berdasarkan persyaratan yang wajar.
  • Lisensi wajib paten pertama tidak dapat dialihkan kecuali bersama-sama dengan paten kedua.
  • Pemohon atau Kuasanya telah berusaha mengambil langkah-langkah dalam jangka waktu paling lama 12 (dua belas) bulan untuk mendapatkan lisensi dari Pemegang Paten atas dasar persyaratan dan kondisi yang wajar tetapi tidak memperoleh hasil.

Meskipun terdapat berbagai macam lisensi, namun ketentuan dasar yang ditetapkan tetaplah sama. Apabila perjanjian lisensi tersebut ingin berlaku secara sah dan memiliki kekuatan hukum, harus terlebih dahulu dicatat dan diumumkan oleh Menteri Hukum dan HAM.

Nah, bila saat ini Anda ingin mendaftarkan Paten atau ingin bertanya terkait Paten, segera konsultasikan kepada kami! Di Gapura Office atau Virtual Officeku, Anda bisa mendaftarkan Paten dengan mudah, cepat, transparan, dan pastinya terjangkau.

Keunggulan dari Gapura Office adalah perizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan konsultasi hukum pada orang yang ahli. Dengan didukung dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional, kami akan membantu Anda untuk mendaftarkan Paten dengan mudah.

Ayo, segera legalitaskan Paten Anda hanya di Gapura Office, dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional. Silahkan menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat