Blog Post

Kenali Jenis-Jenis Modal dan Klasifikasi PT (Perseroan Terbatas)

Biro Jasa Pembuatan PT (Perseroan Terbatas)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Jika Anda telah berpengalaman dalam pembuatan Perseroan Terbatas (PT), maka Anda pasti sudah paham bahwa klasifikasi PT (Perseroan Terbatas) dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan modal setoran awal untuk perusahaan.

Perbedaan klasifikasi ini akan tertera di SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) serta TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan juga bisa menentukan jangkauan akses bisnis Anda.

Nah, bagi Anda yang belum mengerti dan tertarik untuk membuat PT, silahkan simak artikel berikut ini.

Sebelum memahami klasifikasi Perseroan Terbatas (PT), sangat penting bagi Anda untuk memahami bahwa dalam proses pembuatan PT, Anda harus memberikan modal awal yang disebut Modal Setoran untuk disetor ke rekening Bank atas nama perusahaan Anda.

Modal setoran Anda adalah 25 persen dari modal dasar perusahaan, yaitu total jumlah saham yang dapat diterbitkan oleh perusahaan. Modal setoran sendiri adalah salah satu elemen terpenting, karena ini menjadi syarat yang esensial untuk memulai proses pembuatan PT.

Klasifikasi Ukuran Perusahaan

Sementara untuk klasifikasi ukuran perusahaan Anda, nantinya akan disesuaikan dengan besar modal setoran yang diberikan ke Bank. Klasifikasinya adalah sebagai berikut :

1. Kecil : Di atas Rp 50 juta s/d Rp 500 juta.

2. Menengah : Di atas Rp 500 juta s/d Rp 10 miliar.

3. Besar : Di atas Rp 10 miliar.

Perbedaan kelas perusahaan ini nantinya akan tercantum di dalam SIUP dan TDP yang diterbitkan oleh PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Perbedaan kelas ini nantinya akan berhubungan dengan proyek tender.

Beberapa proyek tender dari pihak pemerintah atau swasta terkadang hanya akan menerima tender dari PT dengan SIUP menengah atau besar untuk proyek besar. Namun, tidak sedikit pula proyek tender yang menerima Perseroan Terbatas (PT) dengan SIUP kecil untuk proyek-proyek lainnya.

Untuk menentukan ukuran perusahaan tentunya tidak hanya mempertimbangkan faktor tender saja, tetapi juga faktor modal beserta pertimbangan lainnya. Kebanyakan pengusaha pemula sudah bisa menikmati segala kelebihan Perseroan Terbatas (PT) dengan modal minimal menggunakan PT dengan ukuran perusahaan kecil.

Nah, jika Anda tertarik, kami Gapura Office atau Virtual Officeku siap untuk membantu Anda untuk proses perizinan Perseroan Terbatas (PT) yang sesuai dengan impian dan keinginan Anda.

Untuk harga pembuatan Perseroan Terbatas (PT) sendiri, maka ini disesuaikan dari lokasi Anda berdomisili di wilayah Jakarta maupun sekitarnya. Dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat menjalankan usaha bisnis Anda sesuai dengan kapasitasnya dan lebih efektif serta efisien.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat