Blog Post

3 Konsep Dasar Layanan Sewa Perkantoran

Sewa Perkantoran Memilih Kantor Alamat Kantor

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Di era revolusi industri seperti saat ini, perusahaan startup semakin tumbuh pesat di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2017 tingkat pengusaha di Indonesia naik drastis menjadi 3,1 persen, yang sebelumnya hanya 1,67 persen pada 2014.

Bagi bisnis yang baru berkembang, biaya sewa kantor atau ruang usaha dalam bekerja bisa menjadi komponen biaya terbesar. Padahal, kebanyakan pelaku usaha startup ini berbasis teknologi digital, yang tidak setiap saat memerlukan ruangan kantor secara fisik. Apalagi, modal yang dimiliki perusahaan juga terbatas.

Ini juga yang menjadi salah satu faktor penyebab tumbuh suburnya layanan sewa kantor virtual atau Virtual Office di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, dan lain sebagainya.

Lokasi Usaha Menjadi Poin Penting

Bagi sebuah perusahaan, lokasi menjadi poin penting dalam pengurusan izin dan pengembangan usaha. Seringkali calon lawan transaksi menjadikan lokasi usaha sebagai salah satu pertimbangan untuk mulai bernegosiasi.

3 Konsep Dasar Layanan Sewa Perkantoran

Ada tiga konsep yang bisa menjadi dasar dan alternatif dari layanan sewa Virtual Office, yaitu kantor administrasi virtual, kantor servis, dan kantor bersama.

Ketiganya pun memiliki konsep yang berbeda, yaitu :

1. Virtual Office

Kantor administrasi virtual adalah sebuah layanan perkantoran dalam jaringan yang berfungsi sebagai representasi administratif perusahaan. Di mana satu alamat kantor virtual dapat digunakan oleh beberapa perusahaan sebagai tujuan korespondensi yang resmi.

Biasanya, pengelola kantor virtual ini juga menyediakan fasilitas resepsionis sebagai penerima telepon dan pengurusan surat-menyurat.

Meski demikian, terdapat 4 bidang usaha yang tidak diperbolehkan menggunakan persewaan ruangan dengan layanan Virtual Office, yaitu e-commerce, konstruksi, pariwisata, dan properti.

2. Serviced Office

Kantor servis atau Serviced Office adalah kantor yang menyediakan layanan dengan fasilitas yang lebih lengkap seperti furniture, perlengkapan komputer, resepsionis, internet super cepat, hingga asisten untuk kebutuhan sehari-sehari seperti kebersihan, penerima telepon, dan lainnya.

Kantor servis ini dapat disewa harian, bulanan, bahkan tahunan. Harga yang terjangkau dan tidak semahal biaya sewa kantor konvensional menjadi nilai lebih dari konsep kantor ini.

Kantor servis dapat menjadi solusi bagi pebisnis yang tidak diperbolehkan menggunakan kantor virtual. Dengan konsep ini, pengusaha akan mendapatkan perizinan selama 5 tahun. Tentu akan lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan kantor administrasi virtual yang hanya diberikan izin usaha setahun saja.

3. Coworking Space

Konsep kantor bersama atau Coworking Space. Berbeda dengan konsep kantor virtual dan kantor servis yang ditujukan untuk segmen perusahaan berbentuk badan.

Konsep kantor Coworking Space menyasar pada pekerja lepas (freelancer) dan para pekerja di dunia industri kreatif. Di tempat ini, mereka bisa saling bertemu dan berbagi satu ruangan yang dilengkapi dengan meja kerja, internet, bahkan ruang rapat yang bisa disewa lengkap dengan perangkat multimedia.

Adanya ketiga konsep sewa perkantoran di atas karena kebutuhan penyewa yang berbeda. Jadi, konsep manapun yang Anda ingin gunakan, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

Beberapa penyedia Virtual Office, Coworking Space, dan Service Office seperti Gapura Office juga fokus pada penawaran opsi yang lebih ekonomis dan masuk di budget para startup atau wirausahawan. Tarif harian hingga bulanan pun bisa saja terjadi. Bahkan, jika ingin menyewa secara jangka panjang pun bisa. Jadi, semuanya tergantung pada kondisi keuangan Anda.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau startup, dan sedang mencari ketiga konsep penyewaan kantor di atas, bisa langsung Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.