Blog Post

Manfaat dan Syarat Memiliki Surat Keterangan Domisili Usaha

Surat Keterangan Domisili Usaha Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) merupakan surat yang menyatakan Domisili badan usaha atau seseorang. Dengan adanya SKDU ini, maka akan memudahkan dalam pengurusan SIUP (Surat Izin Usaha Dagang), NPWB, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan lain sebagainya.

Penting untuk diketahui, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) ini sangatlah penting keberadaannya. Apabila tidak ada SKDU, maka segala urusan dengan kantor Kelurahan dan Kecamatan akan terhambat. Apalagi bagi usaha kecil yang memiliki kekayaan Rp 200 juta, yang belum termasuk bangunan dan tanah.

Manfaat Memiliki SKDU

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari adanya SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha), manfaat-manfaat yang Anda dapatkan, antara lain adalah :

  • Dengan adanya SKDU, maka mengurus Surat Izin Dagang akan lebih mudah.
  • Pembuatan NPWP juga akan lebih mudah.
  • Memudahkan dalam mengurus SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.
  • Dengan adanya SKDU juga akan mempermudah dalam mendaftarkan perusahaan atau usaha Anda secara legal.
  • Dengan adanya SKDU, maka mempermudah Anda untuk melakukan pinjaman kredit di Bank, karena Bank akan lebih percaya bahwa Anda memiliki usaha, dengan dibuktikan adanya SKDU tersebut.

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan. Dengan adanya SKDU ini, maka tidak ada kerugian sedikitpun, apalagi proses pembuatannya gratis.

Syarat Membuat SKDU

Namun, perlu diketahui pula bahwa untuk memiliki Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) ini, maka dibutuhkan beberapa persyaratan, di antaranya :

  • Kartu identitas (KTP) asli dan fotocopy pemilik dari usaha tersebut.
  • Kartu Keluarga (KK) dari Pemilik Usaha dalam bentuk asli dan fotocopy.
  • Surat Pengantar dari RT dan RW.
  • Surat pernyataan dari tetangga tentang ketidakberatan adanya usaha tersebut. Minimal 4 orang tetangga, ditambah dengan fotocopy KTP masing-masing tetangga.
  • Akta Pendirian UKM dari Notaris.
  • Surat Kuasa apabila usaha diurus oleh orang lain.
  • Surat Bukti Tanah kepemilikan sendiri jika tempat usaha milik sendiri atau Surat Pernyataan Sewa jika usaha dibangun dari tempat sewa.

Selain syarat-syarat di atas, perlu juga diketahui tata cara atau prosedur dalam proses SKDU ini dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah atau prosedur membuat Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) yang bisa Anda lakukan, yaitu :

1. Surat Pengantar Dari RT/RW.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta Surat Pengantar dari RT/RW setempat. Jangan lupa untuk membawa KTP asli, kemudian meminta persetujuan.

2. Surat Pengantar Dari Kelurahan.

Selanjutnya datang ke kantor Kelurahan dengan membawa Surat Pengantar dari RT/RW tadi, dan jangan lupa pula untuk mempersiapkan dokumen lainnya. Di sini, setiap kota prosesnya berbeda-beda. Ada yang langsung jadi, dan ada pula yang perlu diproses ke Kecamatan.

3. Pengambilan SKDU.

Anda bisa mengambil Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) di Kelurahan atau datang ke Kecamatan. Informasi pengambilan akan Anda dapatkan di Kelurahan dan Kecamatan.

Adapun untuk waktu yang dibutuhkan membuat SKDU, kurang lebih satu minggu. Sedangkan untuk biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan SKDU adalah gratis. Namun terkadang dalam proses mengurus surat apapun itu, Anda akan dikenakan biaya kas, seperti halnya jika Anda datang ke RT/RW dimana biasanya akan dikenakan biaya kas Desa. Dan jumlah dana yang masuk ke dalam kas desa bebas, tidak ada ketentuan jumlah dana yang harus masuk ke dalam kas desa.

Gapura Office, Biro Jasa Pembuatan SKDU

Untuk mengurus SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha), bisa diserahkan ke Biro Jasa Pengurusan SKDU yang sudah banyak dan bisa digunakan jasanya. Untuk itu, agar pengurusan SKDU ini tidak rumit, maka Anda bisa menyerahkan semua prosesnya pada Biro Jasa Pengurusan SKDU, seperti salah satunya adalah Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah ahlinya!

Kami merupakan Biro Jasa Pembuatan PT maupun CV yang sudah berpengalaman sejak lama dalam bidang perizinan usaha di Indonesia, khusunya untuk daerah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha, seperti pengurusan PT dan CV. Kami juga salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan Biro Jasa kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan lagi dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Anda hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha). Selain itu, harga yang kami tawarkan juga cukup beragam.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan juga promo-promo dari kami dan juga untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami juga siap untuk membantu Anda dalam mendapatkan perizinan usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat