Blog Post

Manfaat Influencer Marketing Bagi Usaha Anda

Influencer Marketing

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh di masyarakat. Mereka bisa merupakan selebritis, blogger, youtuber, ataupun seorang publik figur yang dianggap penting di komunitas tertentu.

Umumnya, seorang influencer memiliki ribuan hingga jutaan pengikut (follower) di media sosial, dan mereka punya pengaruh yang cukup besar kepada audience.

Yang dimaksud ‘pengaruh’ di sini adalah kekuatan seorang influencer. Mereka bisa menjadi trend setter baik di skala kecil maupun besar. Tak heran, bila akhirnya banyak pebisnis yang menggandeng influencer untuk mempromosikan produk mereka, berkat pengaruhnya yang luar biasa tersebut. Dan inilah yang kemudian dikenal dengan Influencer Marketing.

Influencer Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dimana perusahaan mengajak seorang influencer bekerja sama untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan sesuai dengan target pasar yang ditentukan.

Manfaat Influencer Marketing Bagi Pebisnis

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat bekerja sama dengan seorang influencer :

1. Membuat Produk Anda Menjadi Pusat Perhatian.

Influencer Marketing bisa membuat produk Anda menjadi pusat perhatian dengan cepat. Contohnya, Anda tentu mengetahui sosok Neti Herawati atau yang dikenal dengan Bude Sumiyati. Berawal dari cuitan lucu di Twitter, lalu berkembang di Instagram, nama Bude Sumiyati kian populer.

Momen ini lalu digunakan oleh Netflix Korea dengan menunjuknya mempromosikan produk. Di akun Twitter Netflix Korea sendiri, video Bude Sumiyati telah ditonton lebih dari 300 ribu orang.

Contoh di atas membuktikan bahwa Anda perlu menggunakan influencer mikro saat promosi produk untuk menggebrak pasar. 

2. Membuat Konsumen Lebih Percaya Produk Anda.

Jika Anda mempromosikan produk secara konvensional, biasanya membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan calon konsumen Anda. Namun, ketika menggunakan publik figure, kepercayaan konsumen pada sebuah produk bisa langsung terbentuk. Mengapa? Karena mereka memiliki pengalaman dan keahlian (expertise) di bidang tertentu.

Jika mereka menggunakan produk Anda, sangat mudah bagi follower-nya untuk lebih percaya kepada produk Anda. Dan faktanya, 53 persen konsumen wanita baru melakukan pembelian produk setelah melihat posting dari influencer-nya. 

3. Mendongkrak Penjualan.

Semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda, maka akan semakin besar kemungkinan penjualan yang bisa dihasilkan.

Contohnya, pengaruh dari seorang Meghan Markle, istri Pangeran Harry. Pada sebuah acara di Buckingham Palace tahun ini, Megan mengenakan gaun brokat emas yang terlihat cantik. Apa yang terjadi selanjutnya? Dalam waktu 24 jam saja, terjadi lonjakan permintaan baju brokat hingga 500 persen!

Hal semacam inilah yang menyebabkan pebisnis seperti Hartiman percaya pada kemampuan seorang influencer.

4. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Beberapa pemilik bisnis cenderung mempromosikan produk lewat iklan, baik di media cetak atau elektronik. Sayangnya, ada sebagian masyarakat yang memilih melewatkan iklan tersebut. Nah, dari sinilah peran influencer untuk mengisi kekosongan. 

Sebagai contoh, brand Paco Rabbane Parfums menggandeng Chez Rust, seorang model pria, mempromosikan produk mereka melalui Instagram. Hasilnya, peningkatan follower Instagram Paco Rabbane Parfums mencapai 42.786 persen!

Dengan menunjuk publik figur yang mampu menyajikan konten secara menarik, maka peluang untuk menjangkau konsumen lebih banyak bisa tercapai dengan mudah. 

5. Membangun Kedekatan Dengan Konsumen.

Menggunakan jasa influencer bisa membangun kedekatan konsumen dengan brand Anda. Namun, Anda harus jeli dalam memilih orang yang cocok untuk target pasar produk Anda.

Salah satu cara membangun kedekatan adalah menggunakan publik figur yang benar-benar menyukai produk Anda.

Bagi follower mereka, hal ini tentu lebih engaging, karena lebih nyata. Dengan kondisi ini, kedekatan konsumen dengan produk tersebut bisa terbangun lebih kuat.

6. Cenderung Mudah Balik Modal.

Menggunakan influencer untuk mempromosikan produk merupakan sebuah investasi bisnis. Untungnya, kemungkinan Anda mendapatkan return of investment (ROI) yang cukup besar. Artinya, lebih mudah balik modal. 

Faktanya, sebuah studi menyebutkan bahwa influencer bisa mencapai ROI 11 kali lebih besar dari iklan banner.

Nah, terlepas dari manfaat seorang Influencer Marketing di atas, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis tetapi tidak memiliki alamat kantor, bisa diatasi dengan menggunakan jasa Virtual Office.

Dengan menggunakan Virtual Office, Anda bisa menggunakan alamat kantor virtual tersebut untuk mengurus perizinan dan juga sebagai alamat kantor Anda. Dengan memiliki alamat kantor di zona perkantoran, maka bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Salah satu Virtual Office dengan harga terjangkau serta dengan lingkungan yang kondusif yang dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.