Blog Post

Mau Mendirikan Bisnis UMKM? Jangan Lupa Siapkan SIUP

Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Sebuah usaha yang baru didirikan tentunya perlu mengantongi sebuah izin. Tak hanya untuk golongan usaha berskala besar saja, namun usaha dengan skala kecil yang ditentukan berdasarkan besarnya modal juga perlu memiliki Surat Izin Usaha.

Nah, bila saat ini Anda berniat ingin terjun ke dunia wirausaha skala mikro, kecil, dan menengah (UMKM/ Usaha Mikro Kecil dan Menengah), maka hal yang harus diperhatikan adalah memiliki jenis izin SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Khusus bagi pengusaha dengan kategori mikro, yakni dengan modal usaha di bawah Rp 50 juta, meski tidak wajib memiliki SIUP, namun surat izin ini akan diperlukan di masa yang akan datang, terutama untuk mengembangkan usaha.

SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) diterbitkan berdasarkan domisili usaha. SIUP sangat penting untuk dimiliki agar pemilik usaha memiliki bukti pengesahan dari pemerintah. Sebab, SIUP juga berperan penting dalam memajukan usaha, terutama saat Anda ingin melakukan pinjaman uang kepada bank.

Jenis-Jenis SIUP Berdasarkan Skala Usaha

Ketentuan perizinan usaha yang perlu dimiliki oleh pengusaha berupa SIUP ini berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 46/2009 tentang Perubahan Atas Permendag Nomor 36/2007 mengenai Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan.

Berikut jenis-jenis SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) berdasarkan skala usaha :

1. SIUP Mikro

Jenis izin usaha ini merupakan surat izin yang diberikan pada pengusaha yang usahanya masuk dalam kategori sangat kecil atau mikro. Jadi, SIUP ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki usaha dengan modal dan kekayaan bersih tidak lebih dari Rp 50 juta, dan tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha.

2. SIUP Kecil

Sesuai dengan namanya, jenis izin usaha ini diberikan kepada pelaku usaha tergolong kecil. Kelompok usaha ini berada di atas pengusaha mikro, karena modal dan kekayaan bersih untuk usaha ini sekitar Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, dan tidak termasuk tanah serta tempat usaha. Surat izin usaha kelompok usaha kecil ini adalah SIUP Kecil.

3. SIUP Menengah

Selanjutnya adalah surat izin untuk kategori usaha menengah, yakni dengan modal dan kekayaan bersih untuk mendirikan usaha ini sekitar Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar, dan tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha. Sehingga jenis usaha ini mengantongi izin SIUP Menengah.

4. SIUP Besar

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat