Blog Post

Mau Mendirikan PT? Pahami Terlebih Dahulu Hal-Hal Dasar Ini

Bidang Usaha Mendirikan PT Surat Izin Usaha

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Perkembangan ekonomi di Indonesia menunjukkan tren yang positif. Tak hanya jumlahnya yang semakin banyak, namun UMKM pun sudah banyak yang telah mengalami perkembangan.

Kondisi ini pula yang memicu semakin banyaknya pelaku bisnis yang ingin membuat PT. Sebab dengan menjadi PT, sebuah usaha memiliki profesionalisme yang lebih terjamin. Bentuknya sebagai badan hukum juga membuatnya mendapat legitimasi dari pemerintah yang lebih kukuh. Lebih jauh lagi, statusnya juga akan sangat berpengaruh terhadap fleksibilitas dalam mengembangkan usaha, termasuk mendapat suntikan dana dari investor.

Bagaimanapun, bila saat ini Anda sedang berencana ingin membuat PT, jangan terburu-buru. Pahami dulu beberapa hal dasar seperti di bawah ini agar lebih mudah dalam mengurus perizinannya.

Jumlah Pendiri

Setidaknya, sebuah PT harus didirikan oleh dua (2) orang, dimana masing-masing meletakkan saham pada perusahaan tersebut.

Pasal 7 ayat (1) :

Perseroan didirikan oleh 2 (dua) orang atau lebih dengan Akta Notaris yang dibuat dalam bahasa Indonesia.

Pasal 7 ayat (2) :

Setiap pendiri Perseroan wajib mengambil bagian saham pada saat Perseroan didirikan.

Struktur Organisasi

Undang-Undang menggunakan istilah Organ Perseroan untuk menyebut tiga komponen utama dalam sebuah Perseroan, yaitu RUPS, Direksi, dan Dewan Komisaris.

RUPS

Pasal 1 ayat (4) :

Rapat Umum Pemegang Saham, yang selanjutnya disebut RUPS, adalah Organ Perseroan yang memiliki wewenang yang tidak diberikan kepada Direksi atau Dewan Komisaris dalam batas yang ditentukan dalam Undang-Undang ini dan/atau anggaran dasar.

Pasal 75

Ayat (1) :

RUPS memiliki wewenang yang tidak diberikan kepada Direksi atau Dewan Komisaris, dalam batas yang ditentukan dalam Undang-Undang ini dan/atau anggaran dasar.

Ayat (3) :

RUPS dalam mata acara lain-lain tidak berhak mengambil keputusan, kecuali semua pemegang saham hadir dan/atau diwakili dalam RUPS dan menyetujui penambahan mata acara rapat.

Ayat (4) :

Keputusan atas mata acara rapat yang ditambahkan harus disetujui dengan suara bulat.

Direksi

Pasal 1 ayat (5) :

Direksi adalah Organ Perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengurusan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan serta mewakili Perseroan, baik di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar.

Pasal 94 ayat (1) :

Anggota Direksi diangkat oleh RUPS.

Dewan Komisaris

Pasal 1 ayat (6) :

Dewan Komisaris adalah Organ Perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada Direksi.

Pasal 111 ayat (1) :

Anggota Dewan Komisaris diangkat oleh RUPS.

Besarnya Modal

Modal dasar merupakan total seluruh modal yang dimiliki. Sementara modal awal merupakan modal awal yang harus disetorkan ke dalam rekening Perseroan dengan besarnya minimal 25 persen dari modal awal.

Klasifikasi PT pun dibedakan menjadi seperti ini :

  • Kecil, bila besarnya modal awal minimal Rp 50 Juta dan kurang dari Rp 500 Juta.
  • Menengah, bila besarnya modal awal lebih dari Rp 500 Juta dan kurang dari Rp 10 Miliyar.
  • Besar, bila besarnya modal awal lebih dari Rp 10 Miliyar.

Akta Pendirian

Nantinya, dokumen ini merupakan dokumen yang dibuat di hadapan Notaris, untuk kemudian nanti dimintakan persetujuan ke Kemenkumham. Adapun isinya memuat Anggaran Dasar dan keterangan lain sebagaimana yang tertuang dalam pasal 8 ayat (2) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 (UUPT).

Akta Pendirian merupakan syarat mutlak yang akan dibutuhkan untuk mengurus berbagai izin PT lainnya. Pembuatan Akta ini juga bisa diwakilkan selama adanya Surat Kuasa penunjukan.

Sebagai perusahaan yang telah berkecimpung sejak lama di bidang jasa perizinan, kami Gapura Office atau Virtual Officeku siap membantu Anda membuat Akta Pendirian maupun proses Pendirian PT secara menyeluruh.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat