Blog Post

Membuat CV Perusahaan Secara Mudah dan Murah

CV Perusahaan Pendirian CV Perizinan Usaha

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Mendirikan sebuah CV tentu saja bukan hal yang mudah. Meski demikian, bagi Anda yang ingin mendirikan CV untuk usaha, maka ada cara membuat CV Perusahaan yang mudah dan juga murah. Meskipun berbiaya murah, namun cara ini tetap bisa membuat perusahaan Anda menjadi legal dan lebih sah di mata hukum.

Tentu saja dengan melegalkan perusahaan Anda, maka Anda akan bisa segera mengoperasikan perusahaan Anda dengan baik. Namun, bagi Anda yang ingin mengoperasikan perusahaan Anda, meskipun ijin usaha CV Anda belum resmi, maka Anda tetap bisa menjalankan operasional perusahaan Anda sembari mencari pengesahan ijin perusahaan Anda.

Cara Membuat CV Perusahaan Secara Mudah dan Murah

Berikut ini cara membuat CV Perusahaan yang bisa Anda lakukan untuk mendirikan perusahaan, di antaranya :

1. Membuat Akta Pendirian Usaha

Akta Pendirian Usaha ini akan menyatakan bahwa pada tanggal tersebut adalah tanggal perusahaan Anda didirikan. Tentu saja dengan menggunakan jasa Notaris, maka pendirian usaha Anda sudah sah di mata hukum.

Selain itu, CV tentu saja didirikan lebih dari satu orang, sehingga harus ada sekutu aktif dan juga sekutu pasif yang akan mengoperasikan perusahaan Anda.

Akta Notaris ini memegang peranan penting sebagai syarat utama untuk meminta surat ijin pendirian usaha. Tentu saja, syarat ini mutlak dan juga wajib untuk dipenuhi untuk membuat perusahaan Anda bisa berdiri.

2. Melakukan Pendaftaran Akta Pendirian Usaha ke Pengadilan Negeri

Tujuan mendaftarkan Akta Pendirian Usaha tersebut adalah untuk memastikan bahwa lembaga usaha Anda sudah resmi dan juga diakui oleh pemerintah sebagai badan usaha yang resmi.

Proses pendaftaran ini sangat mudah, Anda hanya tinggal pergi ke Pengadilan Negeri setempat dan menuju ke lokat Pendaftaran Badan Usaha. Kemudian Anda tinggal tunggu saja SK resmi yang menyatakan bahwa perusahaan Anda sudah resmi dan legal di mata hukum.

Bagi Anda yang sibuk, kini sistem online memungkinkan bagi Anda untuk melakukan pendaftaran badan usaha Anda melalui situs resmi pengadilan negeri atau kementerian hukum dan HAM.

3. Mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Cara membuat CV Perusahaan pada tahap ini adalah untuk memastikan lokasi perusahaan Anda pada lingkungan setempat. Cara mendapatkannya juga mudah, Anda hanya tinggal mendatangi saja RT/ RW setempat untuk membuat Surat Keterangan Domisili untuk perusahaan Anda.

Surat keterangan domisili tersebut bertujuan untuk pendataan pada lingkungan setempat, untuk memastikan keberadaan perusahaan. Selain itu, Surat Keterangan Domisili Perusahaan ini untuk memastikan bahwa usaha Anda memiliki kantor yang resmi dan siap untuk beroperasi. Surat ini jugalah yang menjadi bekal Anda untuk mendapatkan dokumen-dokumen lainnya, seperti NPWP dan Surat Izin Usaha.

Cara membuat CV Perusahaan di atas memang mudah. Anda hanya perlu melengkapi keperluan dokumen yang menjadi persyaratan tersebut untuk kemudian Anda bisa menggunakannya untuk membuat Izin Usaha dan juga membuat NPWP atas nama CV Anda.

Sebab, peraturan pemerintah bahwa setiap CV wajib memiliki NPWP atas nama CV itu sendiri. Kemudian wajib membayar pajak tepat waktu.

Selain itu, biasanya jika perusahaan akan melakukan pengembangan usaha dengan melakukan pinjaman modal, maka Anda wajib juga melampirkan persyaratan dokumen berupa NPWP pada dokumen permohonan Anda. Jadi, NPWP atas nama CV ini memang wajib dimiliki sebagai bukti Anda taat pajak.

Silahkan Hubungi Kami, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya. Kami menyediakan jasa layanan pembuatan dan pengurusan CV dengan terpercaya.

Kami Gapura Office atau Virtual Officeku adalah salah satu perusahaan jasa pembuatan CV terpercaya di Indonesia, yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan PT dan CV murah, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.