Blog Post

Tips Mendirikan Usaha Coworking Space Dengan Budget Terbatas

Mendirikan Usaha Coworking Space

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Permintaan Coworking Space terus meningkat seiring dengan meningkatnya ruang dan usaha yang menggunakan Coworking Space. Tak heran, bila melihat peluang yang ada, tentu siapa saja akan tertarik untuk mendirikan usaha Coworking Space.

Nah, jika Anda tertarik untuk mendirikan usaha Coworking Space, ada sejumlah hal yang patut Anda perhatikan demi suksesnya bisnis Coworking Space yang akan Anda gagas nantinya.

1. Kenali Persaingan

Sebelum mendirikan usaha Coworking Space, cobalah untuk mengenali pesaing Anda terlebih dahulu. Beberapa patokan yang bisa Anda gunakan untuk mengidentifikasi pesaing misalnya profil pesaing. Cobalah kenali profil pesaing Anda. Di luar sana ada banyak founder yang memiliki keahlian lebih, itu yang harus Anda tekankan dalam pikiran. Jika ingin memenangi kompetisi, Anda wajib mengetahui seperti apa lawan Anda terlebih dahulu.

Namun, apabila Anda tidak yakin mampu mengatasi persaingan dalam level besar, maka carilah kesempatan dalam level di bawah. Dan ketika Anda bermain di level bawah, yang pertama kali dilihat adalah harga. Pastikan bahwa Anda memberikan harga yang terjangkau, kualitas baik, juga pelayanan yang memuaskan.

2. Fasilitas Terjamin

Fasilitas yang berkualitas dan sempurna menjadi daya tarik bagi pelanggan. Agar usaha Anda lebih baik dari pesaing, maka perhatikanlah fasilitas yang disediakan. Pastikan apa yang Anda miliki lebih mumpuni dibanding usaha Coworking Space lainnya, sehingga pelanggan puas.

Harga yang berbeda akan mendatangkan konsumen dengan ekspektasi berbeda pula. Berikan kejutan dengan produk terbaik, juga fasilitas yang lebih lengkap. Mencari tahu apa kendala yang kerap dihadapi para pelanggan, lalu berikan solusi atas apa yang mereka inginkan adalah hal terbaik.

3. Biaya Operasional

Kenali beberapa jenis biaya operasional Coworking Space, mulai dari biaya listrik, biaya perawatan, biaya pegawai, dan sebagainya. Dari harga tersebut, bisa Anda perkirakan besarnya biaya operasional pesaing Anda. Karena bisa jadi para pesaing Anda justru memiliki jumlah modal yang lebih besar. Hal ini berdampak kepada apakah Anda yakin dan siap untuk bersaing dengan mereka yang memiliki modal besar.

Oleh karenanya, penting menganalisa sebuah strategi keuangan sebelum Anda memutuskan untuk memulai persaingan.

4. Lokasi

Memilih sebuah lokasi Coworking Space yang strategis menjadi faktor penentu kesuksesan. Anda harus bisa memilah mana yang menjadi lokasi strategi dan mana yang tidak.

Lokasi terbaik adalah lokasi yang dapat dijangkau atau diakses oleh transportasi umum, berada di pusat kota, pusat perekonomian, perkantoran dan sebagainya. Semakin strategis lokasi usaha Anda, maka akan semakin tinggi peluang Coworking Space Anda terisi penuh.

5. Manfaatkan Ruangan

Apabila Anda sudah memiliki lokasi yang strategis, maka langkah berikutnya Anda cukup memoles ruang yang ada. Anda bisa membuat desain atau rancangan sketsa sebaik mungkin. Anda bisa bekerja sama dengan desainer untuk menentukan desain mana yang bisa mewakili luas ruang yang Anda miliki. Hindari membuat sketsa berlebihan. Buatlah yang standar, namun fasilitasnya lengkap.

6. Sediakan Fasilitas Yang Ramah di Kantong

Jika ingin memenuhi fasilitas Coworking Space, berhati-hatilah dalam menganggarkan biaya pembelian perabot seperti meja, kursi, dan sebagainya. Anggarkan dana sesuai keperluan saja, apabila kebutuhan tersebut tidak sangat mendesak, Anda bisa membelinya langsung ke produsen. Hindari membeli peralatan dari toko. Biasanya harganya 40 persen lebih mahal.

7. Sediakan Fasilitas Teknologi

Ketika memutuskan untuk mendirikan usaha Coworking Space, fasilitas teknologi tentu jadi hal utama. Hanya saja, bila Anda memiliki dana terbatas, usahakan untuk hanya memenuhi teknologi dasarnya saja, seperti jaringan WiFi, printer, dan sebagainya. Sisanya bisa Anda sediakan seiring dengan perkembangan usaha Anda.

8. Manfaat Jaringan Enterpreneur

Memiliki kolega atau network cukup luas menjadi salah satu jalan mempromosikan produk. Manfaatkan jaringan grup dari kalangan kolega, orang yang Anda kenal, pebisnis, atau apapun. Melalui kalangan ini, Anda bisa memperkenalkan usaha anda.

Nah, setelah Anda mengetahui tips mendirikan Coworking Space ini, apakah Anda sudah siap berbisnis Coworking Space?

Berbicara soal Coworking Space, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha atau startup dan sedang mencari Coworking Space dengan harga terjangkau serta lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.