Blog Post

Mengenal Nomor Induk Berusaha (NIB)

Nomor Induk Berusaha (NIB)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Sejak berlakunya Online Single Submission (OSS), para pelaku usaha kini semakin sering mendengar istilah NIB alias Nomor Induk Berusaha. Istilah ini menjadi penting bagi pelaku usaha yang baru ingin mendirikan badan usaha maupun bagi badan usaha yang sudah berdiri sebelumnya.

Nomor Induk Berusaha (NIB) sendiri merupakan identitas bagi para pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS, dan tentunya setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran. Selain sebagai identitas pelaku usaha, NIB juga sekaligus berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan Akses Kepabeanan, jika pelaku usaha akan melakukan kegiatan ekspor dan/atau impor.

Nomor Induk Berusaha (NIB) berbentuk atas 13 (tiga belas) digit angka acak yang diberi pengaman dan digunakan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional, termasuk untuk pemenuhan persyaratan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional.

Pelaku usaha yang telah mendapatkan NIB sekaligus terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan. Jika pelaku usaha akan mempekerjakan tenaga kerja asing, maka bagi pelaku usaha harus mengajukan pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).

Nomor Induk Berusaha (NIB) wajib dimiliki pelaku usaha yang ingin mengurus perizinan berusaha melalui OSS, baik usaha baru maupun usaha yang sudah berdiri sebelum operasionalisasi OSS.

Pelaku usaha dapat memperoleh dokumen pendaftaran lainnya saat pendaftaran NIB, yaitu:

  • NPWP Badan atau Perorangan, jika pelaku usaha belum memiliki.
  • Bukti Pendaftaran Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.
  • Izin Usaha, misalnya untuk Izin Usaha di sektor Perdagangan (Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Surat Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).

Lalu berapa lama jangka waktu berlakunya Nomor Induk Berusaha (NIB)?

NIB berlaku selama pelaku usaha menjalankan usaha dan/atau kegiatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. NIB bisa dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi oleh Lembaga OSS dalam hal berikut ini :

  • Pelaku Usaha melakukan usaha dan/atau kegiatan yang tidak sesuai dengan NIB.
  • Dinyatakan batal atau tidak sah berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Manfaat Mendirikan Badan Usaha Yang Legal

1. Memiliki Kemudahan Dalam Berbisnis.

Pada suatu perjalanan bisnis, berkesempatan untuk mendapatkan proyek besar pun akan berdatangan. Memiliki badan usaha yang resmi akan membantu Anda untuk mendapatkan proyek-proyek tersebut.

Mengerjakan proyek lelang dari swasta dan pemerintah bukan hanya akan mendatangkan keuntungan yang besar, namun perusahaan Anda juga akan memiliki rekam bisnis yang baik dan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.

2. Menjadi Perusahaan Dalam Negeri Yang Baik.

Dalam mendirikan badan usaha, Anda akan mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan. Dengan memiliki NPWP, maka perusahaan wajib melapor dan membayar pajak sesuai dengan keuntungan yang didapatkannya dalam setahun.

Hal ini akan akan menjadikan perusahaan yang taat pajak serta turut menyumbang dalam pembangunan negeri.

3. Mendukung Profesionalisme pada Perusahaan.

Tanpa landasan hukum yang jelas, banyak konsumen akan meragukan kualitas dari layanan atau produk yang  ditawarkan. Tentu saja, konsumen akan lebih memilih perusahaan yang profesional, karena sudah terdaftar di Kemenkumham. Ini berarti Anda sudah memenuhi syarat sebagai perusahaan resmi.

Dengan begitu, tingkat kepercayaan konsumen pada perusahaan Anda pun akan bertambah.

Selain itu, sebuah perusahaan wajib memiliki struktur dan organ yang tertata dengan baik. Pemegang saham, dewan direksi, dan dewan komisaris akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemilik Saham (RUPS) untuk menentukan tanggung jawab dan kapasitas masing-masing jabatannya serta melakukan perencanaan bisnis setiap tahunnya.

Dengan begitu, maka kegiatan bisnis akan berjalan lebih efektif, profesional, dan terjamin pertanggungjawabannya.

GAPURA, Biro Jasa Pengurusan NIB Jakarta Tangerang Bekasi

Bagi masyarakat Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang ingin membuat NIB (Nomor Induk Berusaha), SIUP, atau surat izin lainnya, bisa langsung menghubungi Biro Jasa Pengurusan Izin Usaha yang siap mengurus pembuatan Surat Izin Usaha yang Anda butuhkan dengan proses yang mudah dan juga cepat.

Sebagai perusahaan yang telah berpengalaman dalam pengurusan berbagai surat perizinan usaha, kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku sangat memahami bahwa proses yang mudah dan cepat adalah yang sangat diharapkan klien.

Maka dari itu, kami menghadirkan layanan pengurusan Izin Usaha profesional yang siap melakukan pengurusan berbagai Surat Izin dengan cepat dan dengan syarat yang mudah.

Kini, mengurus berbagai Izin Usaha lebih mudah dan praktis dengan hadirnya Biro Jasa Pengurusan Izin Usaha kami. Karena kami hadir dengan layanan kepengurusan yang profesional. Kami siap membantu masyarakat Jakarta, Tangerang, dan juga Bekasi, dalam pengurusan Izin Usaha yang dibutuhkan.

Dengan hadirnya layanan kami ini, diharapkan akan menjadi solusi bagi pelaku usaha yang kesulitan membuat surat Izin Usaha atau tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya sendiri. Karena pada dasarnya, memiliki Izin Usaha seperti SIUP atau NIB atau yang lainnya adalah suatu keharusan bagi para pelaku bisnis.

Jadi, jika Anda ingin membuat Izin Usaha dengan proses mudah dan cepat, langsung saja hubungi tim kami di sini. Diskusikan Izin Usaha apa saja yang ingin Anda buat, dan kami siap untuk mengurus semua kebutuhan Izin Usaha Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami akan sangat senang dapat membantu Anda memiliki Izin Usaha yang dibutuhkan.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat