Blog Post

Mengenal Perusahaan Dagang, Apa Itu?

Perusahaan Dagang

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Perusahaan dagang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan barang, dimana kegiatan utama mereka adalah menjual barang. Selain itu, perusahaan dagang atau Trade Company tidak menjalankan proses produksi. Dalam arti, perusahaan dagang mengolah bahan baku menjadi produk jadi.

Perusahaan dagang terlebih dahulu membeli barang, kemudian memelihara persediaannya, lalu menjual kembali produk tersebut ke konsumen. Oleh karena itu, perusahaan ini hanya membeli barang, kemudian menjualnya kembali barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembelian.

Lalu, dari mana perusahaan dagang mendapatkan keuntungan?

Profit atau keuntungan perusahaan dagang diperoleh dari selisih harga antara harga jual dan harga beli dari produk yang berhasil dijual ke pelanggan atau konsumen.

Ciri-Ciri Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan perusahaan non dagang. Berikut ini ciri-ciri perusahaan dagang, yaitu :

  • Memiliki kegiatan utama. Antara lain yakni membeli, menjual, dan menyimpannya, kemudian menjualnya kembali.
  • Tidak menjalankan proses produksi terhadap barang-barang yang dijualnya.
  • Barang yang dibeli akan langsung dijual kembali tanpa melalui proses pengolahan atau perubahan sedikit pun.
  • Perhitungan keuntungan didapatkan dari total hasil penjualan dikurangi biaya pembelian dan biaya operasional.

Untuk kegiatan akuntansi perusahaan dagang berdasarkan dengan akun persediaan barang, yang antara lain adalah perhitungan harga pokok penjualan dan laporan laba-rugi dengan menggunakan bentuk single step dan multiple step.

Jenis Perusahaan Dagang Berdasarkan Produk

Berdasarkan produk, terdapat dua (2) jenis perusahaan dagang, antara lain :

1. Perusahaan Dagang Barang Produksi atau Mentah.

Perusahaan jenis ini menjual produk berupa barang baku. Kemudian pembeli akan mengolah kembali menjadi produk jadi. Contoh barang yang dijual adalah kayu yang digunakan untuk membuat kertas, kulit sapi untuk dibuat tas atau sepatu, dan lain sebagainya.

2. Perusahaan Dagang Barang Jadi.

Untuk perusahaan jenis ini hanya menjual produk jadi atau siap pakai. Contohnya adalah baju, sepatu, tas, lemari es, dan lain sebagainya. Barang-barang jenis ini dijual oleh perusahaan kepada konsumen yang memerlukan produk tersebut.

Jenis Perusahaan Dagang Berdasarkan Konsumen

Terdapat tiga (3) jenis perusahaan dagang berdasarkan konsumen, yaitu :

1. Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler).

Perusahaan jenis ini membeli produk langsung dari pabrik dalam jumlah atau kuantitas besar dan menjual dalam jumlah besar. Umumnya, perusahaan ini memerlukan modal yang tidak sedikit dan perlu ada manajemen khusus untuk menjalankan segala aktivitasnya.

2. Perusahaan Dagang Perantara (Middleman).

Perusahaan dagang perantara merupakan perusahaan yang membeli produk dengan skala besar, kemudian dijual kembali ke perusahaan jumlah sedang. Untuk modal yang dibutuhkan, tidaklah terlalu besar. Namun tetap konsisten karena penjualnya stabil.

3. Perusahaan Dagang Retail atau Pengecer.

Untuk jenis ini, perusahaan langsung berhubungan dengan konsumen. Artinya, perusahaan retail membeli barang dalam jumlah besar, kemudian menjualnya secara satuan atau eceran. Contohnya, minimarket.

Kegiatan Utama Perusahaan Dagang

Di dalam perusahaan dagang terdapat kegiatan atau aktivitas bisnis yang berbeda dengan perusahaan non dagang. Berikut ini kegiatan utama dari perusahaan dagang, yaitu :

  • Pembelian, yakni kegiatan perusahan yang termasuk pembelian peralatan serta perlengkapan perusahaan, pembelian barang dagang, dan pembelian barang lainnya, yang menunjang aktivitas bisnis.
  • Pengeluaran biaya, yakni aktivitas perusahaan dalam mengeluarkan biaya untuk membeli barang, membayar pajak, dan penunjang operasional perusahaan.
  • Penjualan, merupakan kegiatan perusahaan menjual barang untuk mendapatkan profit.
  • Penerimaan profit, merupakan penerimaan keuntungan dari hasil penjualan barang. Umumnya, penerimaan keuntungan dari penjualan barang akan diiringi dengan penerimaan yang didapat dari pelunasan pihak lain.

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Akuntansi perusahaan dagang adalah proses pencatatan maupun prosedur akuntansi perusahaan dagang. Proses ini digunakan untuk mengetahui laporan keuangan seperti laba, rugi, arus kas, maupun jenis laporan lain dalam suatu perusahaan pada periode tertentu.

Untuk mengetahui perkembangan penjualan, maka perusahaan dagang menjalankan aktivitas akuntansi dalam laporan keuangan perusahaan. Terdapat beberapa akun dalam laporan tersebut, antara lain :

1. Akun Persediaan Barang Dagang.

Akun persediaan barang dagang adalah bagian dari harta lancar perusahaan. Perusahaan dagang adalah menjual barang, sehingga memerlukan akun persediaan barang dagang.

2. Akun Pembelian.

Akun pembelian berguna untuk mencatat transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Transaksi pembelian ini bisa secara kredit maupun tunai (cash).

3. Akun Potongan Pembelian.

Akun potongan pembelian bermanfaat untuk mencatat potongan pada saat awal transaksi oleh penjual barang dagangan. Besaran potongan pembelian dan persyaratannya ditentukan oleh penjual.

4. Akun Retur Pembelian.

Retur pembelian merupakan pencatatan pengembalian barang dagang yang sudah dibeli perusahaan. Selanjutnya dikembalikan lagi ke penjual.

5. Akun Beban Angkut Pembelian.

Retur pembelian ini merupakan pencatatan transaksi pembayaran beban angkut yang ditanggung oleh pembeli.

6. Akun Penjualan.

Selanjutnya adalah akun penjualan, yaitu pencatatan transaksi penjualan barang dagang secara tunai maupun kredit.

7. Akun Potongan Penjualan.

Akun potongan penjualan berfungsi untuk mencatat potongan yang akan diberikan kepada pembeli.

8. Akun Retur Penjualan.

Akun ini merupakan pencatatan transaksi pengembalian barang dari pelanggan ke perusahaan.

9. Akun Beban Angkut Penjualan.

Akun beban angkut penjualan merupakan pencatatan transaksi pembayaran beban angkut yang dibebankan dari perusahaan sebagai penjual.

10. Harga Pokok Penjualan (HPP).

Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan total biaya langsung yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh barang yang akan dijual. HPP diperoleh dari persediaan barang dagang, pembelian, retur pembelian, potongan pembelian, dan beban angkut pembelian.

Itulah ulasan lengkap tentang perusahaan dagang. Nah, apabila Anda membutuhkan Jasa Pendirian Perusahaan dan perizinan usaha lainnya, kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku bersama tim profesional siap membantu Anda. Pengurusan yang kami jalankan sudah sesuai dengan hukum dan aspek legalitas.

Selain itu, kami juga menyediakan Pendirian PT dan Virtual Office yang dapat menghemat biaya operasional perusahaan Anda. Dengan mengurus perizinan usaha di Gapura Office, maka kredibilitas usaha Anda pun akan semakin membaik dan dipercaya. Sebab, usaha Anda telah miliki Izin Usaha yang legal di pemerintahan.

Jadi, segera urus Izin Usaha milik Anda bersama Gapura Office. Kami akan memprosesnya yang cepat dan mudah, sehingga tidak menggangu jalannya bisnis Anda.

Dengan mengurus perizinan usaha, maka kredibilitas usaha Anda pun akan semakin membaik dan dipercaya. Sebab, usaha Anda telah miliki Izin Usaha yang legal di pemerintahan.

Kami akan dengan senang hati membantu seluruh format Izin Usaha, dokumen perizinan, dan originalitas perusahaan Anda. Kami menyediakan jasa pembuatan PT maupun CV secara mudah, mempercepat pelaksanaan, dan menolong perusahaan Anda.

Perusahaan kami sudah mengantongi Izin Resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya. Karena kami terbukti memiliki sederet tim ahli yang profesional, dan siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat.

Sekarang apa yang Anda butuhkan? Pendirian perusahaan, PT, CV, atau jenis Izin Usaha lainnya? Kami hadir untuk Anda, dan kami siap memberikan pelayanan terbaik kami. Diskusikan pada kami terkait badan usaha yang ingin Anda dirikan. Kami siap menjadi partner Anda dalam mendirikan badan usaha yang Anda inginkan.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Segera hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar biaya dan layanan pembuatan badan usaha serta perizinannya. Kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena perusahaan kami adalah Biro Jasa Perizinan Usaha yang terpercaya dan profesional.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>