Blog Post

Mengenal Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Banyak ragam dan jenis dari Izin Usaha yang ada di Indonesia. Namun, banyak pula dari pelaku usaha yang merasa kesulitan atau tidak cukup waktu untuk mengurus Izin Usaha yang mereka maksud. Oleh sebab itu, kami Gapura Office atau Virtual Officeku hadir untuk Anda.

Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang jenis Surat Izin Tempat Usaha (SITU), pengertian, dan yang lainnya. Berikut penjelasannya.

Pengertian Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Setiap perusahaan, perlu dan harus mengurus Surat Izin Tempat Usaha (SITU) demi keamanam dan kelancaran usahamya. SITU dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten atau Kotamadya sepanjang ketentuan Undang-Undang Gangguan atau Hider Ordonnatie (HO) mewajibkannya.

Adapun untuk prosedur pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) adalah sebagai berikut :

1. Pengusaha atau pemohon mengisi formulir permohonan SITU dengan dilampiri izin tertulis pada tetangga kiri, kanan, depan, dan belakang, dalam bentuk tanda tangan persetujuan dan bahwa mereka tidak keberatan dengan keberadaan dan kegiatan usaha tersebut.

2. Formulir permohonam SITU dimintakan pengesahan atau diketahui pejabat kelurahan dan kecamatan untuk memperkuat izin tempat usaha.

3. Setelah diketahui oleh Lurah dan Camat, maka formulir permohonan izin tersebut diurus ke Kabupaten/ Kotamadya untuk memperoleh SITU. Setiap setahun sekali, SITU perlu dilakukan heregistrasi atau daftar ulang.

4. Membayar biaya izin dan legalitas berdasarkan Perda Nomor 17/PD/1976, no 35/PD/1977, sesuai dengan Perda Nomor 15 Tahun 2001.

Sementara itu, persyaratan permohonan adalah sebagai berikut :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy Bukti Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Pas Foto Warna ukuran 3×4 cm sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Akta Pendirian Usaha bagi Koperasi, CV, dan lain-lain yang memerlukan.
  • Undang-Undang Gangguan/Hinder Ordonatie (HO) bagi usaha yang memerlukan.
  • Surat Keterangan Usaha dari Lurah atau Desa.
  • Map biasa.

Demikianlah beberapa prosedur pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang harus Anda ketahui. Anda bisa mengurusnya sediri untuk mendapatkan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) di atas.

Memanfaatkan Jasa Izin Usaha

Jika Anda merasa kesulitan, atau tidak cukup waktu untuk pengurusan tersebut, Anda bisa menggunakan pihak Biro Jasa atau jasa Notaris dalam pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) tersebut.

Umumnya, dalam pengurusan pembuatan PT, pihak Biro Jasa atau pihak Notaris sudah menyediakan jasa lengkap. Dimulai dari jasa pengurusan SIUP, SITU, dan yang lainnya.

Jika Anda membutuhkan Biro Jasa tersebut, Anda bisa menggunakan jasa kami Gapura Office atau Virtual Officeku, dan dengan senang hati kami akan melayani semua pengurusan Izin Usaha Anda.

Gapura Office adalah Perusahaan terpercaya dan profesional yang sudah lama melayani pengurusan berbagai perizinan usaha, hingga pendirian perusahaan (PT, CV, maupun PMA). Silahkan Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.

Izin Usaha Itu Sangat Penting

Banyak orang yang merasa keberadaan atas adanya Izin Usaha dan menganggapnya tidak penting. Padahal Izin Usaha itu membawa dampak positif terhadap usaha yang mereka jalani. Dimulai dari kepercayaan terhadap usaha tersebut, hingga kemudahan dalam mengembangkan usaha tersebut.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat