Blog Post

Tips Meningkatkan Kesehatan Karyawan

Bekerja di Coworking Space karyawan

GAPURA – Hai sobat Gapura! Seperti diketahui, karyawan adalah aset berharga perusahaan. Untuk itulah, keselamatan dan kesehatan karyawan perlu dijaga secara maksimal. Agar kinerja perusahaan seperti yang diinginkan bisa tercapai.

Meski demikian, faktanya masih banyak karyawan yang kesehatannya terganggu. Contohnya seperti yang dikeluarkan oleh HSE Report, yang menyebut bahwa sebanyak 7,6 juta hari kerja setiap tahunnya hilang karena masalah nyeri di bagian punggung.

Kondisi nyeri di bagian punggung ini memang menjadi masalah yang banyak dialami oleh para pekerja di seluruh dunia. Termasuk kaitannya dengan masalah ini adalah nyeri pada bagian leher, bahu, nyeri lengan, kelelahan, serta ketegangan pada mata.

Memang, semua masalah tersebut umumnya dialami oleh para karyawan kantoran. Untuk itulah, pada artikel kali ini GAPURA akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan kesehatan bagi Anda yang bekerja di perkantoran, dengan mencegah terjadinya sakit yang disebutkan tadi.

Berikut ini adalah tips & trick yang bisa Anda pergunakan di tempat kerja.

1. Istirahat

Tentunya semua pekerja butuh istirahat. Termasuk juga karyawan di perkantoran yang mungkin lebih banyak menghabiskan waktu bekerja dengan duduk-duduk di depan layar komputer.

Nah, berikut ini adalah panduan mengenai waktu istirahat di tempat kerja.

– Waktu istirahat harus diambil sebelum terjadinya kelelahan. Tujuan dari pemberian waktu istirahat ini agar produktivitas karyawan tidak sampai menurun. Dengan begitu, karyawan tetap bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, jam istirahat itu juga lebih penting daripada panjang (durasi) istirahat. Dengan kata lain, lebih baik sering beristirahat meskipun hanya sebentar, daripada istirahat panjang tetapi sebulan sekali.

– Istirahat harus diperhitungkan dalam waktu kerja. Dengan begitu, waktu istirahat tidak menganggu target produksi yang diinginkan. Artinya, waktu kerja yang disediakan memang mencukupi untuk mencapai target kinerja seperti yang diharapkan.

– Sering-sering istirahat lebih baik. Misalnya, bagi pekerja kantoran, lakukan istirahat selama 5 – 10 menit setiap selesai bekerja selama 50 – 60 menit di depan layar komputer. Waktu istirahat ini tentunya lebih baik daripada Anda istirahat 15 menit setiap dua jam bekerja.

– Jika memungkinkan, ketika istirahat menjauhlah dari layar komputer. Misalnya, karyawan bisa berjalan-jalan sebentar di dalam kantor untuk melepas lelah.

2. Sesuaikan Layar Komputer

Salah satu masalah yang sering dialami karyawan kantor adalah kelelahan dan ketegangan mata. Hal ini muncul ketika seorang karyawan berada di depan komputer dalam waktu yang lama. Untuk itu, agar masalah ini tidak terjadi, berikut langkah yang diambil untuk mencegahnya.

– Tulisan di layar komputer harus diatur dengan baik. Dengan begitu, ukurannya bisa terbaca dengan jelas tanpa harus membuat mata karyawan “bekerja” keras untuk berusaha membacanya.

– Gambar pada layar komputer harus stabil, tidak berkedip-kedip.

– Sesuaikan pula kecerahan layar atau kontras layar. Pilih yang paling nyaman dilihat oleh mata.

– Posisi layar harus sesuai, sehingga karyawan bisa nyaman saat bekerja menggunakan komputer.

– Layar harus bebas dari pancaran reflektif yang bisa membuat mata karyawan menjadi silau saat menggunakannya.

3. Gunakan Kursi Yang Ergonomis

Agar karyawan tidak mudah sakit punggung, perusahaan perlu memfasilitasi dengan memberikan kursi yang ergonomis. Sehingga bagi karyawan yang harus duduk berjam-jam di depan layar monitor tetap dapat bekerja dengan aman.

4. Pengaturan Cahaya di Kantor

Pertimbangan penting lainnya adalah kondisi pencahayaan di tempat kerja. Perlu diatur agar kondisi tempat kerja terang, dan karyawan bisa dengan jelas melihat layar monitor saat bekerja. Yang perlu diperhatikan juga dalam pemasangan lampu di ruangan kantor ini adalah cegah kemungkinan cahaya silau yang bisa mengganggu layar pekerja. Untuk itu, perlu dikoordinasikan pemasangan lampu ini dengan pengaturan (layout) tempat kerja.

5. Lakukan Pemeriksaan Mata

Bila perlu, perusahaan secara rutin memfasilitasi pengetesan mata bagi karyawan yang bekerja di depan monitor dalam durasi waktu yang lama.

Bukan hanya karyawan yang berhak mendapatkan pemeriksaan mata gratis, tetapi perusahaan juga perlu memberikan kacamata untuk bekerja. dimana kacamata tersebut sesuai dengan kebutuhan kerja karyawan.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawannya yang bekerja di kantor. Anda bisa praktekkan tips ini di tempat kerja Anda.

Nah, sobat GAPURA, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis startup dan sedang mencari jasa layanan Virtual Office, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Karena fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang.

Tak hanya internet super cepat saja, namun banyak pula fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA. Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, Gapura Office juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Gapura Office sendiri memberikan pilihan harga sewa murah, mulai dari harga Rp 2 Jutaan per tahun. Sangat terjangkau, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan kantor Virtual Office Anda sekarang juga hanya di Gapura Office. Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa, kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!