Blog Post

Tips Menjadi Atasan Yang Menginspirasi di Kantor

Menjadi Atasan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Semua orang bisa menjadi atasan. Namun, tidak semuanya mampu bertindak dan bekerja sebagai atasan yang baik di kantor. Dalam dunia kerja, atasan merupakan panutan bagi bawahan. Namun tak jarang, atasan juga kerap dipandang sebagai ‘musuh’ karena tugas-tugas yang diberikan.

Inilah yang perlu diluruskan. Jangan sampai sesama relasi kerja menjadi kaku dan tidak harmonis. Dampaknya bisa fatal. Situasi ini bisa membuat perkembangan perusahaan menjadi stagnan, bahkan merosot.

Berikut hal-hal yang patut dilakukan agar bisa menjadi atasan yang baik dan menginspirasi di kantor.

1. Jujur

Sebagai atasan, wajib memberikan contoh perbuatan yang jujur kepada anak buah. Misalnya, ketika salah dalam suatu proyek atau rapat, maka mengakui kesalahan dan meminta maaf pada siapa saja wajib dilakukan.

Jika kesalahan disorongkan ke anak buah saja terus menerus, mereka pasti akan menjauh. Justru jika memungkinkan, pasang badan Anda ketika ada bawahan yang berbuat salah. Asalkan bukan kesalahan fatal. Harapannya, mereka jadi sadar dan segan kepada kita.

Sebaliknya, ketika bawahan melakukan kesalahan, tegur saja langsung. Jangan hanya karena takut konflik, akhirnya kesalahan anak buah dibiarkan terjadi tanpa konsekuensi. Bila seperti ini, nanti mereka tidak akan belajar dari kesalahan, dan akibatnya kesalahan yang sama akan terjadi berulang kali.

2. Tegas

Tegas berbeda dengan keras. Seorang atasan harus tegas, antara lain dalam memberi perintah dan keputusan.

Contohnya, saat anak buah bertanya apakah bisa menunda pekerjaan karena alasan tertentu. Lihat urgensi pekerjaan itu dan alasan yang diberikan. Bila dirasa pekerjaan harus segera selesai dan alasan tidak mendesak, tolak dengan tegas permintaan tersebut.

3. Konsisten

Konsistensi sikap juga diperlukan saat memberikan tugas. Pikirkan dengan baik tugas yang akan diberikan sebelum mendelegasikannya kepada anak buah.

Misalnya, si A diminta mengerjakan bagian tertentu. Jangan tiba-tiba di tengah jalan meralatnya jadi hal lain. Bisa dibayangkan betapa kesalnya si A bila sudah mulai mengerjakan tugas tersebut.

Konsistensi juga bisa ditunjukkan dari seberapa teguh seorang atasan menjalankan program atau kebijakan perusahaan. Jangan mudah berganti haluan, karena bawahan pun bisa bingung dan malah tidak hormat kepada Anda.

4. Komunikatif dan Terbuka

Komunikasi dalam dunia kerja semestinya dilakukan dua arah. Dialog itu membutuhkan keterbukaan, baik dari atasan maupun bawahan.

Dari sisi atasan, sikap komunikatif dan terbuka akan mendekatkan hubungan Anda dengan bawahan. Bisa dimulai dari yang simpel, seperti menyapa saat bertemu di lift, atau ikut makan siang bersama mereka. Sesekali traktir anak buah agar hubungan semakin erat.

5. Jangan Terlalu Dekat Dengan Bawahan

Kedekatan antara bawahan dan atasan harus dibatasi dalam lingkup profesionalitas. Bila sudah masuk ke hal pribadi, misalnya curhat suami suka pulang malam, ini berbahaya. Kemungkinan hubungan bisa jadi lebih dari sekedar bawahan-atasan.

Hindari hubungan ‘pertemanan tapi mesra’. Karena hal ini bisa mempengaruhi performa kerja, terutama bagi atasan saat melakukan penilaian terhadap anak buah.

6. Jangan Otoriter

Sikap sewenang-wenang atasan terhadap bawahan sama sekali tidak direkomendasikan. Bagaimanapun, harus ada kerja sama timbal balik antara atasan dan bawahan. Tak peduli sehebat apa pun kita, input atau pendapat dari bawahan perlu didengar.

Percaya diri boleh saja, tapi tidak ada ruginya mempertimbangkan gagasan orang lain ketika akan membuat keputusan.

7. Bagi Waktu Dengan Baik

Jangan disamakan beban kerja sebagai atasan dengan bawahan. Mungkin Anda sebagai orang yang jabatannya lebih tinggi dituntut juga untuk bekerja di akhir pekan atau dinihari. 

Bila memang mendesak, Anda bisa meminta bantuan anak buah di luar jam kerja. Namun jangan lupa, terangkan betapa pentingnya tugas itu. Dan berikan reward yang pantas agar mereka merasa dihargai.

Nah, bagi Anda yang tertarik ingin menjadi pengusaha dan ingin memiliki perusahaan sendiri, namun merasa repot dan tidak ada waktu untuk mengurusnya, Anda dapat menggunakan jasa pendirian perusahaan di Gapura Office.

Dengan menggunakan jasa kami, Anda tidak perlu repot dan membuang-buang waku Anda, karena kami akan memproses perizinan Anda dengan cepat dan profesional.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera Hubungi Kami untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional. Dapatkan pula berbagai informasi menarik dan juga promo-promo dari kami.