Blog Post

Panduan Dalam Memilih Nama PT (Perseroan Terbatas)

Pembuatan PT (Perseroan Terbatas)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Nama PT adalah persyaratan yang paling awal untuk memulai pendirian sebuah bisnis. Meski hal ini memang terlihat simpel, namun pada praktiknya banyak yang kesulitan untuk memilih nama PT yang tepat untuk perusahaan mereka.

Berbeda dengan CV, dimana tidak ada batasan aturan mengenai nama, maka pada pemberian nama pada sebuah PT ini sebagian kesulitan dalam mencari nama yang sesuai. Pemilihan nama yang tidak tepat bisa menyebabkan masalah bagi kelancaran bisnis perusahaan.

Berikut panduan dalam memilih nama PT untuk menghindari hal-hal tersebut :

1. Nama Perusahaan Tidak Boleh Sama Dengan Nama Perusahaan Lain

Nama PT (Perseroan Terbatas) tidak boleh sama dengan nama perusahaan lain lain yang sudah berdiri, meskipun bidang usaha dan domisili kedua PT tersebut berbeda. Hal itu dilarang peraturan perundang-undangan.

Larangan tersebut telah diatur dalam PP Nomor 43 Tahun 2011, tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian nama Perseroan Terbatas (PT).

Dalam Pasal 5 ayat (1) huruf b PP 43/2011, disebutkan bahwa :

“(1) Nama Perseroan yang diajukan harus memenuhi persyaratan :

“Belum dipakai secara sah oleh Perseroan lain atau tidak sama pada pokoknya dengan Nama Perseroan lain.”

Jadi, apabila ada kesamaan nama antara PT yang didaftarkan dengan PT yang telah terdaftar, maka Kemenkumham akan menolak pendaftaran PT tersebut sesuai ketentuan Pasal 3 ayat (1) PP 43/2011.

2. Nama Perusahaan Harus Terdiri Dari Minimal Tiga (3) Kata Berbahasa Indonesia

Nama perusahaan harus terdiri dari minimal tiga (3) suku kata Berbahasa Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membedakan nama perusahaan lokal dan perusahaan dengan modal asing.

Pasal 11 PP 43/2011menyatakan :

“Perseroan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia wajib memakai Nama Perseroan dalam Bahasa Indonesia.”

Nama juga harus menggunakan huruf latin dan tidak menggunakan angka, huruf, atau gabungan huruf yang membentuk kata.

3. Nama Perusahaan Tidak Bertentangan Dengan Ketertiban Umum atau Kesusilaan

Nama Perusahaan harus mengikuti budaya kesusilaan yang berlaku. Dengan demikian, penggunaan nama yang mengandung isu SARA ataupun kebencian dan tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku tidak diperkenankan sesuai dengan Pasal 16 ayat (1) Undang-Undang Perseroan Terbatas (PT).

4. Nama Perusahaan Harus Sesuai Dengan Tujuan atau Bidang Usaha Perusahaan

Pasal 5 ayat (1) huruf G dan H, PP Nomor 43 Tahun 2011, menyatakan bahwa Nama Perusahaan harus mencerminkan bidang usaha yang diambil. Jika disimpulkan, penggunaan bidang usaha perusahaan tidak boleh bertolak belakang dari nama yang digunakan.

Ada kasus dimana penggunaan nama akan membatasi bidang usaha yang bisa diambill. Sebagai contoh, perusahaan yang menggunakan kata Jasa pada namanya hanya bisa menjalankan usaha di bidang jasa.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan nama yang sesuai dengan bidang usaha yang akan diambil.

Jika semua ketentuan di atas telah dipenuhi, maka nama perusahaan yang Anda ajukan akan diterima dan bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Untuk mendirikan Perusahaan dari pengajuan nama sampai selesai, silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda, dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

GAPURA, Mitra Legalitas Perusahaan Jakarta

Biro Jasa Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan murah memang selalu dicari oleh para pengusaha yang baru akan merintis sebuah bisnis. Jasa Perizinan Akta Pendirian Perusahaan ini menjadi hal yang amat penting, karena nantinya berkaitan erat dengan izin dari perusahaan.

Banyak perusahaan yang menggunakan Biro Jasa Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan murah sebagai cara cepat untuk mendapatkan Izin Usaha. Perusahan yang baru biasanya akan lebih fokus pada usahanya dalam mengembangkan perusahaan tersebut. Terkadang, mereka tidak mau repot mengurus izin, dan langsung mencari Biro Jasa Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan agar lebih cepat dalam mendapatkan Izin Usaha.

Namun, mencari Biro Jasa Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan murah yang seperti ini tetaplah harus waspada, karena sekarang ini banyak yang tidak bisa dipercaya.

Untuk itu, jika saat ini Anda membutuhkan Biro Jasa Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan, Gapura Office atau Virtual Officeku bisa menjadi pilihan. Kami adalah ahlinya.

Kami merupakan perusahaan terpercaya di Jakarta yang sudah lama menyediakan jasa pengurusan perizinan usaha. Dimulai dari pengurusan pendirian perusahaan seperti Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, Nomor Induk Berusaha (NIB), dll.

Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Akta Pendirian Perusahaan. Jadi, biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda, dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat