Blog Post

Pedoman Dalam Mendirikan Usaha Supermarket atau Minimarket

Supermarket atau Minimarket

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang Pangan Olahan, maka wajib memproduksi dan/atau mengedarkan produknya dengan aman dan bermutu. Sebab, sudah menjadi kewajiban dimana setiap pangan olahan yang diproduksi oleh pelaku usaha untuk memenuhi kriteria Pangan Olahan yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi.

Namun, jika bisnis Anda hanya bergerak di bidang peredaran Pangan Olahan berbentuk Supermarket atau Minimarket, maka Anda wajib memenuhi pedoman Sistem Jaminan Keamanan dan Mutu Pangan Olahan di Sarana Peredaran (SMKPO).

Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam Pasal 2 Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penerapan Sistem Jaminan Keamanan dan Mutu Pangan Olahan di Sarana Peredaran.

Sistem Jaminan Keamanan dan Mutu Pangan Olahan di Sarana Peredaran (SMKPO) sendiri merupakan suatu sistem yang dikembangkan untuk menjamin keamanan dan mutu pangan olahan dengan pengawasan berbasis risiko dan dilakukan secara mandiri mulai dari tahapan penerimaan, penyimpanan, pemajangan, distribusi, pengangkutan, dan/atau penyaluran pangan olahan.

Berdasarkan Pasal 3 Ayat (1) dan (3) Permenperin 75/2010, menjelaskan bahwa Sertifikasi SMKPO diwajibkan bagi pelaku usaha Impor yang baru pertama kali mendaftarkan Izin Edar di BPOM dan juga para pelaku usaha yang telah menjalankan SMKPO juga dapat mengajukan permohonan kepada kepada kepala BPOM untuk memperoleh Sertifikat SMKPO.

Sertifikat Pemenuhan Komitmen SMKPO

Nah, bagi Anda para pelaku usaha di sarana ritel pangan tradisional ataupun ritel pangan modern yang berupa Minimarket dan/atau pengelola pasar, maka dapat mengajukan permohonan Sertifikat pemenuhan komitmen jika telah menjalankan SMKPO.

Prosedur Sertifikasi Pemenuhan Komitmen SMKPO :

  • Wajib memiliki NIB yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  • Melakukan pendaftaran akun dengan mengisi data profil perusahaan melalui https://e-sertifikasi.pom.go.id/.
  • Inspektur SMKPO akan melakukan verifikasi terhadap data profil perusahaan paling lama satu (1) hari setelah data tersebut diinput.
  • Setelah data profil perusahaan dianggap lengkap dan benar, maka Anda akan diberikan nama pengguna dan kata sandi.
  • Nama pengguna dan password itu digunakan untuk login ke laman berikut https://e-sertifikasi.pom.go.id/.
  • Setelah login selanjutnya Anda bisa memulai untuk pengajuan penerbitan sertifikat pemenuhan komitmen SMKPO dengan mengunggah dokumen surat pernyataan pemenuhan komitmen SMKPO.
  • Jika dokumen Anda benar dan lengkap, BPOM akan menerbitkan surat perintah bayar. Anda bisa melakukan pembayaran sesuai nominal pada surat perintah paling lama tujuh (7) hari setelah surat perintah bayar diterbitkan.
  • Jika dokumen Anda dinyatakan oleh inspektur SMKPO benar dan lengkap, paling lama satu (1) hari setelah diterimanya bukti pembayaran surat perintah bayar. Kepala BPOM akan menerbitkan sertifikat pemenuhan SMKPO.

Namun, jika Anda masih bingung dengan prosedur tersebut, Anda bisa konsultasi langsung dengan tim Marketing kami DI SINI. Kami siap membantu Anda!

Sertifikat Pemenuhan Standar SMKPO

Apabila Anda pelaku usaha di sarana ritel pangan modern selain Minimarket, distributor, dan/atau importir, maka dapat mengajukan permohonan Sertifikat Pemenuhan Standar jika telah menjalankan SMKPO.

Prosedur Sertifikasi Pemenuhan Standar SMKPO :

1. Wajib memiliki NIB yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

2. Melakukan pendaftaran akun dengan mengisi data profil perusahaan melalui  https://e-sertifikasi.pom.go.id/.

3. Inspektur SMKPO akan melakukan verifikasi terhadap data profil perusahaan paling lama satu (1) hari setelah data tersebut diinput.

4. Setelah data profil perusahaan dianggap lengkap dan benar, Anda akan diberikan nama pengguna dan kata sandi.

5. Nama pengguna dan password itu digunakan untuk login ke laman berikut https://e-sertifikasi.pom.go.id/.

6. Setelah login, maka langkah selanjutnya adalah Anda bisa memulai untuk pengajuan penerbitan Sertifikat Pemenuhan Standar SMKPO dengan mengunggah dokumen sebagai berikut :

  • Surat Pernyataan Pemenuhan Standar SMKPO.
  • Sistem Audit Internal Terkait Penerapan SMKPO.
  • Layout Sarana.
  • Dokumen Keamanan Pangan dan Mutu Pangan sesuai Pedoman CPerPOB.

7. Jika dokumen Anda benar dan lengkap, maka BPOM akan menerbitkan Surat Perintah Bayar.

8. Anda bisa melakukan pembayaran sesuai nominal pada surat perintah paling lama tujuh (7) hari setelah surat perintah bayar diterbitkan.

9. Jika dokumen Anda dinyatakan oleh inspektur SMKPO benar dan lengkap, paling lama dua puluh (20) hari setelah diterimanya bukti pembayaran surat perintah bayar. Kepala BPOM akan menerbitkan sertifikat standar SMPO.

Sanksi Jika Tidak Memenuhi Pedoman SMKPO

Nah, bagi pelaku usaha yang tidak memenuhi Pedoman SMKPO ini, maka dapat dikenai sanksi administrasi sebagai berikut :

  • Peringatan.
  • Penghentian sementara dari kegiatan.
  • engenaan denda administratif.
  • Penarikan Pangan Olahan dari peredaran.
  • Pemusnahan.
  • Pembekuan Sertifikat SMKPO, jika sudah memiliki.
  • Pencabutan Sertifikat SMKPO, jika sudah memiliki.
  • Dan/atau pencabutan Izin.

Nah, jika saat ini Anda memiliki usaha atau bisnis di bidang peredaran Pangan Olahan berupa Supermarket atau Minimarket, maka segera penuhi pedoman SMKPO ini atau ajukan Sertifikasi SMKPO sekarang juga sebelum terkena sanksinya.

Masih bingung bagaimana cara mengurus Izin Edar BPOM? Atau Anda punya pertanyaan lain seputar legalitas bisnis Anda? Kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku siap membantu Anda!

Soal kualitas dan kredibilitas, jangan pernah ragu untuk melegalkan perusahaan Anda di Gapura Office. Karena Anda akan mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan dan terjamin kualitasnya.

Selain itu, kami juga sudah mengantongi Izin Resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Jadi, Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Edar BPOM atau legalitas bisnis lainnya.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Silahkan gunakan Biro Jasa kami. Anda dapat menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Izin Edar BPOM.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>