Blog Post

Pengertian SITU (Surat Izin Tempat Usaha) dan Cara Mendapatkannya

SITU (Surat Izin Tempat Usaha)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Setiap orang yang ingin mendirikan perusahaan, pasti akan membutuhkan tempat usaha atau kantor operasionalnya. Nah, untuk membangun sebuah usaha, tidak bisa sembarangan mendirikan begitu saja.

Meskipun setiap orang bisa mendirikan usaha, namun untuk bangunan tempat usaha harus memiliki legalitasnya. Untuk itu, perlu adanya sebuah Surat Izin Tempat Usaha (SITU).

Apa Itu SITU (Surat Izin Tempat Usaha)?

Surat Izin Tempat Usaha (SITU) adalah surat legalitas yang dikeluarkan oleh badan hukum setempat kepada perusahaan/ badan usaha/ perorangan yang menyatakan bahwa tempat untuk memulai usaha yang digunakan telah sesuai dengan tata ruang wilayah setempat, dan dapat digunakan untuk kegiatan usaha/ produksi/ penanaman modal.

Dengan memiliki SITU, maka perusahaan tidak akan mendapatkan masalah dari pihak eksternal jika ada yang merasa terganggu oleh kehadiran usaha Anda di tempat tersebut.

Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU) segera. Diurus sejak awal ketika Anda hendak mendirikan perusahaan, selain juga harus mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) adalah suatu kewajiban, karena surat izin ini memang sudah ada aturannya dari Pemerintah melalui Pemda (Peraturan Daerah).

Jadi, jika Anda tidak memiliki SITU, maka dapat dipastikan perusahaan Anda akan mendapatkan sanksi. Apalagi jika skala perusahaan Anda terbilang cukup besar.

Cara Mendapatkan Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Tentu yang banyak dipertanyakan oleh pengusaha yang masih awam mengenai perizinan adalah bagaimana cara mendapatkan Surat Izin Tempat Usaha (SITU). Mudah saja, Anda cukup datang ke Dinas Penanaman Modal dan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) tingkat Kabupaten/ Kota. Di sanalah Anda bisa mengajukan pembuatan Surat Izin Tempat Usaha (SITU).

Untuk persyaratannya, silakan tanyakan kepada pihak dinas terkait di daerah Anda untuk lebih jelasnya. Namun, umumnya untuk membuat SITU ini Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, fotocopy IMB, fotocopy STTS PBB dan SPPT tahun terkahir, fotocopy Akta Pendirian Perusahaan, dan lain sebagainya.

Jika syarat sudah dilengkapi semua, maka tinggal mengisi formulir permohonan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang didapatkan di Dinas Penanaman Modal.

Formulir tersebut nantinya harus mendapatkan pengesahan dari pihak Kelurahan dan Kecamatan. Setelah mendapatkan pengesahan dari pihak Kelurahan dan Kecamatan, maka tinggal diserahkan ke Dinas Penanaman Modal di Kabupaten/Kotamadya untuk proses selanjutnya.

Surat Izin Tempat Usaha (SITU) memiliki masa berlaku 3 tahun dan bisa diperpanjang, tetapi harus di-review kembali. Saat Anda sudah memiliki usaha, langkah selanjutnya adalah membuat rancangan usaha.

Dalam membangun sebuah usaha, pembukuan adalah suatu hal yang harus Anda pikirkan sejak awal. Dengan pembukuan yang baik pengembangan usaha akan lebih terencana dengan baik.

Nah, jika Anda sudah mengetahui tentang Surat Izin Tempat Usaha (SITU), dokumen yang diperlukan untuk SITU dan jumlah biaya yang diperlukan, namun Anda masih menemui kendala. Maka Anda bisa mengkonsultasikannya kepada kami Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah ahlinya.

Banyak keuntungan yang didapatkan perusahaan ketika menggunakan Biro Jasa kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan lagi dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Anda hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus Surat Izin Tempat Usaha (SITU) tersebut.

Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha di Jakarta dan sekitarnya. Kami juga salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Tentunya dengan menggunakan Biro Jasa kami, akan membantu Anda untuk mendapatkan legalitas perizinan usaha yang Anda perlukan. Selain itu, Biro Jasa kami juga merupakan Biro Jasa yang akan membuat Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan saat Anda ingin mengurus perizinan.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Silahkan Hubungi Kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Kami akan membantu Anda untuk mengurus berbagai keperluan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dengan cepat dan mudah.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat